6

6 Cara Membuat Diri Merasa Berharga | Love Yourself First!

Ketika membicarakan self-love, banyak banget yang merasa minder, nggak pede terhadap kekurangan diri, atau bahkan membandingkan diri sendiri dari orang lain. Wah, kebiasaan-kebiasaan ini sama sekali nggak membantu kita mencintai diri sendiri!

Nah, syarat mencintai diri sendiri, kita perlu mengenali cara membuat diri merasa berharga agar nggak terus-menerus merasa insecure. Rugi banget, lho, kalau sampai nggak bisa melihat dirimu sangat berharga!

6 Cara Membuat Diri Merasa Berharga

Nggak mau merasa insecure terus, kan? Yuk, perlakukan diri kamu dengan baik menggunakan beberapa cara membuat diri merasa berharga berikut ini. Simpel banget, kok!

1. Perhatikan bagaimana cara kamu memandang dirimu sendiri

cara membuat diri merasa berharga 1
Source: Self

Tahu nggak, sih, kalau hal-hal yang kamu pikirkan tentang dirimu itu secara tidak sadar membentuk pribadimu? Perhatikan sendiri, deh. Selama ini bagaimanakah kamu memandang dirimu? Apakah penuh dengan kalimat negatif dan judgmental, seperti menganggap dirimu tidak cantik atau nggak berguna?

Yuk, kurang pikiran negatif seperti itu! Ubahlah pola pikir kamu menjadi lebih positif. Mulailah dari memandang diri kamu dengan persepsi yang lebih baik, semangati dirimu, dan jangan memusuhi diri sendiri.

2. Jangan terlalu memikirkan omongan orang lain

cara membuat diri merasa berharga 2
Source: drchloe.com

Kita tidak bisa menuntut semua orang untuk menyukai kita,ya. Apa pun yang kita lakukan pasti akan memunculkan pendapat yang berbeda-beda dari setiap orang, kan, jadi ngapain ribet mikirin omongan mereka?

Kalau terus memikirkan perkataan mereka, tuh, kamu nggak akan bisa berkembang karena terpengaruh omongan orang. Ambillah kritik yang sekiranya dapat membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, dan sisanya kamu biarkan saja!

3. Berdamai dengan masa lalu

cara membuat diri merasa berharga 3
Source: Freepik

Ini adalah salah satu hal yang sulit untuk dilakukan, tapi percayalah kamu nggak bisa hidup terus-terusan dihantui masa lalu. Dengan memaafkan masa lalu dan menjadikannya sebagai pelajaran hidup, maka kamu akan menjadi lebih bijak dan tenang dalam menjalani hidup.

Awalnya, tuh, memang berat. Percayalah dengan usaha dan waktu maka lukamu akan sembuh dengan sendirinya, kok.

4. Terima segala kekurangan dan kelebihan kamu

cara membuat diri merasa berharga 4
Source: Freepik

Sadarilah bahwa semua orang, termasuk dirimu juga memiliki sisi negatif dan positif. Jadi, jangan merasa down kalau kamu melihat kekurangan yang ada pada diri kamu sekarang.

Jangan menjadikannya alasan untuk minder, tapi anggaplah hal tersebut sebagai penyemangat agar kamu dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Ingat, ya, setiap orang memiliki standar sendiri. Termasuk kamu!

5. Lakukan hal yang membuat kamu bahagia

See the source image
Source: emerging-europe.com

Jangan ragu untuk membuat diri kamu bahagia dengan melakukan hal-hal yang disukai. Semudah menonton konser, traveling, atau jajan makanan favorit, kok. Lakukan selagi kamu punya waktu dan bisa, ya.

Bukan cuma badan yang harus sehat, tapi pikiran dan mental kamu juga harus ikutan bahagia.

6. Berikan afirmasi positif setiap hari

See the source image
Source: Adweek

Terakhir, nih, jangan lupa untuk menyemangati diri kamu dengan kata-kata positif. Semudah mengatakan “Semangat! Hari ini akan lebih baik!” atau “Aku berharga dan sama seperti yang lain”.

Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti itu, kamu akan membuat pribadimu menjadi sosok yang lebih positif.


Jadi, nggak ada lagi alasan bagi kamu untuk tidak menerapkan cara membuat diri merasa berharga, kan? Yuk, mulai sekarang, cintai dirimu sendiri dengan perlakukan diri kamu lebih baik lagi.

Kalau nggak mencintai diri kamu sendiri, bagaimana kamu akan mencintai orang lain?

Nah, salah satu langkah utama untuk mencintai diri sendiri adalah dengan memiliki tempat beristirahat yang nyaman agar kamu bisa menikmati me-time. Hal ini penting, lho, demi mengenal dirimu lebih baik lagi. Kamu bisa melakukan itu bersama Rukita yang menyediakan kost eksklusif dengan fasilitas komplet.

Kalau kamu ingin tahu lokasi Rukita di mana, langsung cek saja di bawah ini, ya!

Bagaimana cara kamu memanjakan dirimu? Ayo, bagikan ceritamu di kolom komentar!

CategoriesTak Berkategori
Larasati Ayeshaputri

A South Jakarta native with a twist of loving k-pop. Your guide to Jakarta's best hangout spots, fashion, and beauty tips. Also knowledgeable in quirky tips, and a poet in @baharipatah.

Tinggalkan Balasan