6

6 Cara Membersihkan Talang di Rumah untuk Mencegah Kebocoran!

Ini memang sudah bukan musim hujan sehingga membersihkan talang air mungkin terdengar agak aneh. Namun, membersihkan talang rumah sendiri di musim kemarau sangatlah tepat karena talang dalam kondisi kering. Kamu pun nggak perlu repot mengurusi lumpur maupun sampah-sampah basah.

Orang biasanya membersihkan talang rumah kalau sudah bocor atau banjir saja, tuh. Padahal penting banget membersihkan talang secara berkala dan rutin. Kalau nunggu bocor, pecah, atau rusak, sih, kamu harus siap membuang banyak uang!

Kenapa Harus Membersihkan Talang Rumah secara Rutin dan Bagaimana Caranya?

Sebelum membicarakan cara membersihkan talang, nih, kamu harus tahu kenapa hal ini penting dilakukan terlebih dahulu. Nggak tahu alasannya pasti bikin malas membersihkannya!

1. Efek negatif kalau suka membiarkan talang kotor

dirty gutter -
Source: milwaukee-gutter-cleaning.com

Ternyata suka membiarkan talang rumah kotor, tuh, risikonya banyak banget! Kalau nggak dibersihkan pipa talang bisa tersumbat dedaunan, tanah, atau sampah lainnya kemudian menjadi masalah besar. Yap, air dari genteng nggak bisa mengalir dan akhirnya kebocoran pipa maupun genteng berpotensi terjadi.

FYI, dedaunan yang tersumbat di talang bisa membusuk dan bisa bikin rumah bocor, tuh. Pasalnya air yang seharusnya mengalir dari talang ke bawah justru tumpah ke eksterior rumah dan ke fondasi. Kalau terus-menerus dibiarkan pada akhirnya akan merusak dinding dan fondasi rumah.

2. Jangan lupa cek secara rutin

My Gutters Are Leaking From Behind! | Terry's Plumbing
Source: superterry.com

Kita harus membersihkan talang minimal dua kali setahun begitu saran ahli perawatan langit-langit dan genting Zach Shoffner. Selain itu kamu juga harus rajin mengecek talangair di rumah. Usahakan untuk mengecek talang sebulan sekali, baik itu di musim hujan atau kemarau.

Namun, kalau nggak bisa lebih baik membersihkan talang sesudah musim hujan dan saat pertengahan musim kemarau. Di saat inilah daun banyak menumpuk di mana-mana.

3. Pengalaman itu kunci!

How to Start a Gutter Cleaning Business
Source: howtostartllc.com

Kalau kamu nggak nyaman atau belum berpengalaman naik ke atas genteng, nih, sebaiknya panggil tukang yang berpengalaman membersihkan talang.

Biasanya kecelakaan yang terjadi, tuh, akibat orang nggak terbiasa naik tangga atau berdiri di genteng. Badan mereka menjadi kaku dan bingung mau gerak ke mana sehingga tidak bisa menjaga keseimbangan lalu gampang jatuh.

4. Mulai di tengah

How to Clean Gutters - The Home Depot
Source: homedepot.com

Kalau sudah nyaman naik turun tangga dan naik turun genteng, sih, kamu kini bisa mengecek talang di rumah sendiri. Saat naik, tuh, langsung cari bagian tengah talang–jangan di ujung-ujung!

Biasanya, sih, tumpukan sampah ada di tengah-tengah talang. Kalau sudah menemukan di mana sampah tertumpuk langsung bersihkan dengan tangan. Kalau jijik silakan pakai sekop panjang yang biasanya digunakan untuk membersihkan talang, atau pakai sarung tangan plastik juga bisa.

5. Siap-siap ada sumbatan besar

When is the Best Time to Do Gutter Cleaning?
Source: Giphy

Kalau ini pertama kalinya kamu membersihkan talangmu sendiri, siap-siap ada sumbatan besar yang dibebaskan. Nah, yang begini membuat kamu harus benar-benar naik ke atap. Coba pastikan dulu apakah kamu percaya diri dan nyaman, kalau tidak panggil tukang saja.

Kalau talangmu benar-benar penuh akibat tersumbat, nih, sebaiknya naik ke genteng dan berjalan perlahan ke dekat talang untuk mengambil kotoran di situ. FYI, naik genteng cukup berbahaya, lho, jadi coba siapkan alat-alat pelindung untuk digunakan kalau mau naik ke atas.

6. Beli alat pressure washer

Expert Gutter Cleaning in London by Fantastic Gardeners
Source: iFunny

Biasanya, sih, alat pressure washer digunakan untuk mencuci mobil. Alat ini akan memberi tekanan maksimal sehingga air bisa benar-benar membersihkan suatu permukaan. Kalau jijik membersihkan menggunakan tangan atau takut naik ke genteng, nih, kamu bisa pakai pressure washer.

Beli saja pressure washer di marketplace, deh. Alat ini berbentuk seperti pipa panjang dengan ujung yang melengkung. Kamu tinggal berdiri di halaman saja sambil memegang pipanya, lalu arahkan lengkungan pas di atas talang dan semprotkan.

Tekanan ini bisa memecah konsentrasi kotoran sehingga mendorongnya ke luar lewat pipa talang sehingga lebih mudah dibersihkan. Coba saja membeli alat ini kalau kamu masih khawatir naik genteng.


Kini, kamu sudah tahu caranya, kan? Yuk, buru-buru cek talang rumah yang belum pernah kamu bersihkan bertahun-tahun. Siapa tahu sudah ada harta karun di sana karena nggak pernah dibersihkan. 😉

Kapan terakhir kali kamu tahu talang di rumah dibersihkan orang? Ayo, bagikan ceritamu di kolom komentar.

CategoriesTak Berkategori
Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Tinggalkan Balasan