I

Ingin Pakaian Segar dan Wangi Tahan Lama? Coba 7 Laundry Hacks Simpel Ini!

Sebagian besar orang tidak suka melakukan laundry. Apalagi bagi kamu yang selalu sibuk, banyak tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Orang-orang pun nggak suka menunggu waktu laundry. Namun, mereka juga nggak menyukai adanya tumpukan pakaian di sekitarnya. Serbasalah!

Ingin tahu cara mencuci dengan cepat dan hasil maksimal seperti orang yang pro? Pastinya kamu nggak akan salah melakukannya kalau meniru laundry hacks berikut ini. Sayangnya, nggak semua orang tahu cara cara simpel laundry hacks, tuh. Tapi mencuci baju nggak sesulit yang kamu bayangkan, kok.

7 Cara Simpel Laundry Hacks

Agar aktivitas laundry kamu lebih mudah dan cepat dilakukan, nih, ketahui beberapa laundry hacks praktis yang bisa kamu tiru. Intip caranya berikut ini.

1. Membuat pakaian putih lagi menggunakan cuka

Source: Pinterest

Kenapa baju putihmu nggak terlihat putih cemerlang lagi? Mungkin ini terjadi karena kamu menggunakan terlalu sedikit deterjen atau kamu terlalu banyak mencampurnya ke dalam mesin dengan pakaian lain yang sangat kotor. 

Biasanya, sih, mencuci ulang dengan dosis deterjen yang tepat dengan air panas bersuhu aman akan memutihkan pakaian. Coba ulangi selama tiga kali untuk menjaga warnanya tetap putih, tuh.

Kamu merasa cara di atas nggak berhasil? Coba laundry hacks ini: tuangkan setengah cangkir cuka putih sudah disaring ke dalam tempat pakaian kotor yang sudah direndam, dan cuci seperti biasa. Cara ini bagus untuk mencuci dan melembutkan handuk. Nggak perlu lagi mencuci ulang, bau cuka akan menghilang selama pembilasan.

2. Buat handuk lembut kembali

Source: Thespruce

Saat menggunakan handuk terasa nggak nyaman? Biasanya bahan dasar handuk berubah menjadi kasar. Jika kamu tinggal di daerah dengan air mengandung tingkat mineral tinggi, air tersebut dapat membuat handuk kamu terasa keras dan gatal. Jauh dari handuk lembut yang kamu nikmati saat pertama kali membelinya.

Tentu saja kamu bisa mencoba memakai cuka seperti cara sebelumnya, terutama kalau kamu ingin membersihkan handuk berwarna. 

Selain itu, kamu bisa menggunakan secangkir amonia dan menggunakan mesin pengering juga akan mengembalikan kelembutan handuk. Terutama kalau kamu memasukkan lembaran kertas timah yang sudah digulung sebagai penghantar panas.

3. Bersihkan sepatu di mesin cuci

Source: Freepik

Sepatu sesuai fungsinya kerap digunakan untuk melindungi kaki kita ketika berlari, berjalan-jalan, atau melakukan aktivitas lainnya. Sepatu jenis sneakers biasanya lebih kotor dibanding sepatu jenis lainnya karena nyaman dipakai ke mana-mana.

Eits, kamu bisa mengubah sneakers jadi terlihat baru lagi. Pertama, letakkan sneakers di dalam kantong jaring, lalu cuci menggunakan air dingin. Ingat, gunakan deterjen lembut dengan ukuran setengah dari yang kamu gunakan untuk mencuci biasa.

Selanjutnya tinggal gantung hingga kering dengan sendirinya. Coba saja cara ini untuk membuat sneakers kamu jadi tampak baru, ya.

BACA JUGA: 8 Cara Mencuci Baju sesuai Bahan Kainnya

4. Hilangkan bau apek

Source: Pinterest

Kira-kira kenapa, ya, pakaian kamu berbau apek? Lemari kamu mungkin sedikit lembap atau bisa jadi karena kamu mencuci di ruang tanpa udara. Jika tanpa udara, berarti ada pakaian kamu yang nggak mengering dengan benar.

Agar pakaian kamu yang lain nggak berbau apek, buat lubang kecil tapi rapi di pintu lemari yang memungkinkan udara masuk. Selain itu, jelas sekali ketika kamu ingin mengangkat cucian, pastikan semua pakaian sudah benar-benar kering. Namun, meletakkan baking powder terbuka di lemari akan membantu pakaian tetap segar.

Jangan lupa kamu perlu sesekali mengganti baking powder tersebut. Kantong herba kering juga bisa membantu. Jadi, kamu biasa menyegarkan kembali pakaian yang sudah apek dengan cepat.

5. Pakaian membuat gatal

Source: Freepik

Sering merasa gatal sama memakai pakaian tertentu? Mungkin tanpa disadari, kamu terlalu banyak menggunakan deterjen cucian sehingga menyebabkan penumpukan di area tertentu yang nggak dibilas seluruhnya. Hati-hati, kamu juga bisa mengalami reaksi alergi terhadap deterjen, lho!

Sebaiknya, gunakan lebih sedikit deterjen ketika mencuci untuk mengatasinya. Saat membeli deterjen, belilah deterjen yang memiliki gelas pengukur untuk memastikan kamu nggak memasukkan terlalu banyak sabun.

Jika kamu tetap mengalami kemerahan atau gatal, gantilah deterjen cucian dengan deterjen nonbio tanpa pewangi.

6. Buat sweater nggak menyusut

Source: Thespruce

Salah satu trik laundry terbaik lainnya adalah membuat sweater kembali sempurna dengan sampo bayi atau kondisioner rambut. Ragu dengan cara ini? Coba saja ikuti langkah berikut untuk mengembalikan sweater kamu yang telah menyusut.

Isi baskom dengan air hangat dan dua sendok makan sampo bayi atau kondisioner rambut. Kemudian, rendam sweater kamu selama sekitar dua puluh menit. Selanjutnya bilas dan letakkan sweater sekencang mungkin saat dikeringkan agar sweater kembali ke bentuk aslinya. 

7. Laundry nggak tampak bersih

Source: Freepik

Apa kamu sering bertanya, kenapa cucian kamu nggak terlihat bersih? Jika cucian kamu jarang terlihat cerah atau berbau segar, kemungkinan mesin cuci kamu sendiri yang perlu dibersihkan. Coba, deh, lihat kondisi mesin cucimu.

Mesin cuci sering kali menyembunyikan bakteri yang nggak terlihat, jadi membersihkannya akan memastikan cucian kamu bersih maksimal dan mesin cuci kamu bertahan lama. Nggak hanya pakaian kamu yang perlu diperhatikan, mesin cuci juga perlu, lho.


Nah, itulah beberapa laundry hacks yang bakal membuat pakaianmu bersih kembali dengan sempurna.

Coliving dengan fasilitas laundry bikin nggak ribet

Rukita Lendeha Hills Manggarai

Terkadang aktivitas laundry memang membuat orang mager melakukannya. Jika sudah lelah seharian dengan beragam aktivitas sehari-hari, pasti tumpukan pakaian kotor sering kali terlupakan. Apalagi bagi yang tinggal di kost atau coliving, harus mencari dulu tempat laundry yang cocok.

Eits, zaman sekarang masih ribet cari-cari tempat laundry? Nggak perlu lagi! Kalau kamu tinggal di Rukita sebagai pilihan colivingmu. Rukita memberikan fasilitas hunian kost eksklusif superlengkap, hingga fasilitas laundry dan pembersihan kamar, seperti Rukita Lendeha Hills Manggarai.

Rukita Lendeha Hills Manggarai menyuguhkan fasilitas lengkap dengan desain modern. Sangat cocok untuk kamu yang menginginkan hunian nyaman kawasan sekitar Tebet dan Manggarai. Fasilitas seperti kamar fully furnished, WiFi, AC, dapur bersama, laundry, dan fasilitas hunian lainnya.

Cek saja langsung Rukita Lendeha Hills Manggarai dengan klik tombol di bawah atau ketik link ini di browser: bit.ly/rukitaLaundryHacks.

Unit coliving Rukita tersebar di banyak area strategis di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Untuk kamu yang ingin tahu unit Rukita lainnya, bisa mengakses www.rukita.co atau hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477

Jangan lupa juga follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo dan Twitter @Rukita_ID untuk berbagai rekomendasi seru dan info promo menarik lainnya.

Apa kamu punya cara laundry hacks favoritmu? Yuk, share di kolom komentar.

CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan