T

Tetap Eksis, 10 Kuliner Legendaris di Jakarta Selatan Ini Wajib Kamu Coba!

kuliner legendaris jakarta selatan

Siap wisata kuliner di Jakarta Selatan?

Berbicara mengenai makanan di Jakarta tentu nggak akan pernah ada habisnya. Sebagai tempat tujuan urbanisasi, ragam makanan dari penjuru Indonesia bisa kamu temukan di sini. Mulai dari Papeda Papua hingga Mie Goreng Aceh.

Salah satu kawasan yang sering dipilih sebagai destinasi aneka kuliner adalah Jakarta Selatan. Hal ini nggak mengherankan, mengingat banyak pendatang yang memilih Jakarta Selatan dan sekitarnya untuk menetap.

Meski restoran baru terus bermunculan di Jakarta Selatan, ternyata masih banyak penjaja makanan legendaris yang bertahan, lho. Rasanya pun nggak berubah, tetap enak!

makanan legendaris Jakarta Selatan
source: Travelingyuk.com

Makanan Legendaris yang Harus Dicoba di Jakarta Selatan

Untuk kamu yang sedang mencari kuliner legendaris di Jakarta Selatan, 10 warung makan ini harus banget kamu coba. Mulai dari makanan khas Betawi sampai masakan Minang, bisa kamu temukan di daftar ini. Jangan lupa catat!

1. Gulai Tikungan Blok M

makanan legendaris Jakarta Selatan gultik
Source: sukita id

Berbicara makanan legendaris di Jakarta Selatan, tentunya Gulai Tikungan (Gultik) masuk jajaran atas. Nggak lengkap rasanya kalau main ke Jakarta Selatan tanpa mencicipi Gultik.

Tempat makan street food sederhana ini berada di antara Jalan Bulungan dan Mahakam. Makanan yang mulai dijajakan sejak tahun 1983 ini benar-benar membuat banyak orang ketagihan.

makanan legendaris Jakarta Selatan gultik
Source: Good News from Indonesia

Kuah gulai yang pedas dan gurih dengan isian beberapa bagian sapi. Kamu bisa memilih isi daging, tetelan, jeroan, atau campur. Sepiring nasi putih panas rasanya nggak akan cukup! Penasaran, kan, dengan rasanya?

Harga: Rp50.000 untuk 2 orang

Alamat: Gultik Jln. Mahakam No. 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 17.00 – 05.00 WIB

2. Bakso Kumis Blok S

makanan legendaris Jakarta Selatan bakso kumis
Source: Kumparan

Selain nasi goreng, bakso juga menjadi favorit kebanyakan orang di Indonesia. Bahkan, orang asing juga banyak yang suka bakso, lho.

Nah, salah satu bakso legendaris di bilangan Jakarta Selatan adalah Bakso Kumis Blok S. Bakso Kumis sudah berdiri sejak 1970 hingga sekarang. Dan cita rasa yang diberikan juga nggak berubah!

makanan legendaris Jakarta Selatan bakso kumis
Source: Qraved

Yang membuat bakso Pak Kumis berbeda apa, sih? Kuah yang disajikan bakso Pak Kumis ini tergolong bening karena tidak menggunakan rebusan tetelan dan tulang. Selain itu pembeli juga bisa meracik bumbu versinya sendiri, tuh.

Satu porsi bakso Kumis memang hanya berisi 3 butir bakso. Tapi jangan salah, ukurannya bisa buat kamu kenyang sampai keblenger!

Harga: Rp70.000 untuk 2 orang

Alamat : Bakso Pak Kumis Pujasera Blok S, Jln. Birah 7, Senopati, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 09.00 – 24.00 WIB

3. Seafood 68 Santa

makanan legendaris Jakarta Selatan seafood 68 santa
Source: OpenRice Indonesia

Tempat makannya boleh terlihat biasa saja, tapi untuk urusan rasa nggak kalah dengan restoran seafood bintang lima. Seafood 68 Santa jadi hidden gem bagi penggemar makanan laut.

Aneka seafood yang fresh berpadu dengan berbagai macam olahan saus yang bikin ketagihan. Kalau ke sini, jangan lupa untuk pesan Kepiting Telur, ya. Bumbu saus padang meresap sempurna ke dalam daging kepiting tebal dengan telur melimpah. Paling cocok dimakan dengan nasi panas, nih.

Seafood 68 Santa selalu ramai pengunjung. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu ketika berencana makan di sini. Hindari datang saat jam makan malam kalau enggan makan dalam suasana ramai.

Harga: Rp100.000 untuk 2 orang

Alamat : Seafood 68 Santa Petogogan Jln. Wolter Monginsidi No. 58, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 18.00 – 23.00 WIB

4. Roti Bakar Eddy

makanan legendaris Jakarta Selatan roti bakar eddy
Source: Liputan6.com

Sedang nggak ingin makan yang terlalu berat? Coba mampir ke Roti Bakar Eddy di dekat Al-Azhar.

Warung tenda roti bakar ini sudah berdiri sejak 1980an. Saking enak rasanya, nih, Roti Bakar Eddy punya beberapa cabang di Jakarta, lho.

makanan legendaris Jakarta Selatan roti bakar eddy
Source: Roti Bakar Eddy

Rasa yang enak dan autentik membuat pelanggannya terus berdatangan. Roti yang digunakan produksi sendiri, lho, jadi sudah terjamin empuk dan fresh.

Kamu juga bisa memilih beraneka macam topping sesuai selera, tuh. Mulai dari roti bakar manis hingga roti bakar asin.

Roti Bakar Eddy ini sangat cocok dijadikan camilan saat ngobrol bersama teman-teman. Selain roti bakar, kamu juga bisa memesan menu lain seperti pisang bakar, bubur ayam, dan mi instan.

Harga: Rp90.000 untuk 2 orang

Alamat: Roti Bakar Eddy Jln. Raden Patah No.11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 18.00 – 02.30 WIB

5. Bubur Ayam Barito

 bubur ayam bintaro
Source: eanindya.com

Apa menu yang biasa dimakan orang Indonesia untuk sarapan di pagi hari? Yap, pasti ada saja yang menjawab bubur ayam.

Jangan mengaku penggemar bubur ayam kalau belum pernah mencoba bubur ayam legendaris di Jakarta Selatan satu ini. Bubur Ayam Barito menjadi salah satu favorit banyak orang.

Wangi bubur yang semerbak ditambah dengan berbagai aneka topping seperti kacang, daging ayam suwir, cakwe, dan sambal pasti membuat kamu ketagihan. Suka bubur yang creamy? Tambahkan telur ayam mentah di atas Bubur Ayam Barito biar makin nendang!

Harga: Rp60.000 untuk 2 orang

Alamat: Bubur Ayam Barito Jln. Gandaria Tengah III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Rabu – Senin pukul 04.30 – 11.30 WIB, tiap Selasa tutup

6. Nasi Goreng Kebuli Apjay

nasi goreng apjay
Source: Traveloka.com

Nasi goreng yang satu ini berbeda dari nasi goreng biasanya. Pada umumnya, bumbu nasi goreng di Indonesia menggunakan cabai, bawang, dan kecap manis. Nah, Nasi Goreng Kebuli Apjay ini menggunakan bumbu rempah khas makanan Timur Tengah.

Jangan khawatir dengan daging kambing di nasi goreng ini. Daging kambing yang digunakan sangat berkualitas, lho. Dagingnya empuk dan nggak bau membuat makan semakin nikmat.

Kamu akan mendapatkan cita rasa nasi goreng rempah dengan potongan daging kambing yang juicy. Tambahkan acar dan kerupuk biar makin maksimal.

Harga: Rp70.000 untuk 2 orang

Alamat:  Nasi Goreng Kebuli Apjay Jln. Panglima Polim IX No.19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 17.00 – 02.00 WIB

7. Sate Ayam Kambing RSPP

sate ayam kambing rspp
Source: woke.id

Untuk kamu yang suka kulineran, jangan melewatkan daerah Blok M, ya. Kamu akan menemukan banyak makanan kaki lima yang murah tapi superenak. Salah satu kuliner legendaris di Jakarta Selatan adalah Sate Ayam Kambing RSPP.

Berlokasi di depan Rumah Sakit Pusar Pertamina (RSPP), membuat warung sate ini mudah ditemukan. Dengan uang 30-40 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi sate ayam atau kambing. Potongan daging yang besar dan empuk meresap sempurna dengan bumbu kacang supernagih!

Harga: Rp80.000 untuk 2 orang

Alamat: Sate Ayam – Kambing RSPP Jln. Kyai Maja No. 21, Blok M, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 07.00 – 22.00 WIB

8. Sate Padang Ajo Ramon

sate padang ajo ramon
Source: Akurat.co

Buat kamu penggemar sate padang, harus banget mencicipi Sate Padang Ajo Ramon yang legendaris ini. Warung sate padang yang berada di Pasar Santa ini nggak pernah sepi pengunjung, lho. Bahkan, banyak pembeli yang rela antre untuk menikmati sate padang yang enak ini.

Terdapat dua pilihan daging yang bisa kamu pesan, yakni daging atau jeroan. Nggak bisa memutuskan pilih daging yang mana? Pilih saja keduanya!

Daging empuk berpadu dengan saus kental dengan rasa sedikit pedas. Jangan lupa tambahkan keripik singkong biar makin nikmat!

Harga: Rp80.000 untuk 2 orang

Alamat: Sate Padang Ajo Ramon Jln. Cikajang No.72, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 16.00 – 24.00 WIB

9. RM Sepakat

RM sepakat
Source: detik.com

Masih seputar masakan khas Minang, Rumah Makan Sepakat juga termasuk ke dalam daftar kuliner legendaris di Jakarta Selatan yang harus kamu coba.

Menu andalan dari restoran yang telah berdiri sejak 1969 ini adalah Gulai Gajebo,yaitu gulai daging dari bagian punuk sapi. Lemak tebal dan juicy-nya sangat pas dimakan dengan kuah asam padeh tanpa santan. Yakin, deh, kamu akan sulit berhenti jika makan di RM Sepakat.

Cita rasa khas Minang yang gurih, pedas, dan bersantan bisa kamu temukan di sini. Jangan malu untuk tambah nasi, ya, hehehe.

Harga: Rp50.000 untuk 2 orang

Lokasi: RM Sepakat Jln. Melawai 9 No.165, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 10.00 – 15.00 WIB

10. Laksa Betawi Asirot

Laksa Betawi Asirot
Source: Travelingyuk.com

Nah, kalau kamu mau mencicipi makanan khas Betawi, bisa mencoba Laksa Betawi Asirot. Telah berdiri sejak tahun 1978, membuat cita rasa laksa betawi di tempat ini nggak perlu diragukan lagi.

Kuah laksa berempah dengan bumbu khas Indonesia membuat cita rasa yang supernikmat. Nggak ketinggalan isian laksa yang melimpah mulai dari tahu, telur, hingga daging sapi. Disantap dengan nasi panas dan kerupuk jadi keputusan yang paling tepat!

Harga: Rp40.000 untuk 2 orang

Lokasi: Laksa Betawi Asirot Jln. Assirot No.1, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 10.00 – 21.00 WIB


Membahas kuliner legendaris di Jakarta Selatan memang nggak ada habisnya. Mulai dari makanan khas Papua hingga makanan khas Aceh bisa kamu temukan di sini. Semuanya tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing, ya.

Kira-kira kamu mau coba makanan yang mana dulu, nih?

BACA JUGA: Rasanya Nggak Berubah Sejak Dulu, 11 Tempat Makan Legendaris di Bogor Ini Wajib Kamu Coba!

SHARE
Yuliana

A-forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply