W

Wajib Coba! 10 Jajanan Kaki Lima di Jakarta yang Legendaris dan Enak Banget

makanan legendaris jakarta

Rasanya yang enak bikin jajanan kaki lima ini legendaris!

Saat ini pedagang kaki lima di Jakarta sudah tidak terhitung jumlah dan jenisnya. Sayangnya, makanan yang dijual tidak begitu variatif, mulai dari nasi goreng, satai, bubur, atau mi ayam.

Namun, kalau ada jajanan kaki lima dengan menu ‘itu-itu saja’ yang dapat bertahan hingga puluhan tahun, dijamin makanan yang disajikan pastinya nggak biasa!

Jajanan Kaki Lima di Jakarta yang Legendaris!

Penasaran nggak, sih, kira-kira apa saja jajanan kaki lima di Jakarta yang bisa bertahan sampai sekarang bahkan sampai melegenda?

Yuk, simak 10 jajanan kaki lima di jakarta yang legendaris dan wajib coba ini!

1. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon Kaki Lima di Jakarta
Source: tribunnews

Buat kamu yang tinggal di Jakarta mungkin langsung menyebut Ajo Ramon sebagai tempat satai padang paling enak.

Inilah salah satu jajanan kaki lima legendaris yang sudah ada sejak tahun 80-an. Berlokasi di daerah Senopati, Ajo Ramon memang terkenal banget akan kuah superkental untuk satainya.

Sate padang ajo ramon kuah kental
Source: Tripadvisor

Belum lagi potongan daging dan lidah sapinya yang gede-gede banget. Bikin selalu kangen untuk balik lagi ke sana, deh.

Jangan lupa minta tambahan kuah yang bisa dimakan bareng kripik pedas balado. Keripik ini tersedia secara terpisah buat kenikmatan maksimal kamu!

Harga: Rp30.000 – Rp50.000 per orang

Alamat: Jln. Cikajang No.72, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 16.00 – 24.00

2. Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Barito kaki lima jakarta
Source: TerasJakarta.id

Bergeser sedikit ke daerah Barito, tepatnya di depan Taman Ayodya yang sebelumnya merupakan bagian dari pasar hewan Barito, ada Bubur Barito yang terkenal banget.

Bubur ayam yang sudah ada sejak tahun 1992 ini dikenal gara-gara buburnya dilengkapi tambahan kuning telur yang bikin rasanya semakin gurih. Rasanya selalu konsisten dari tahun ke tahun, nih.

Bubur ayam barito loksem kaki lima
Source: Pergikuliner.id

Lokasinya dipindahkan ke loksem (lokasi sementara) sejak tahun 2017 lalu yang bikin pengunjung lebih nyaman untuk menikmati bubur langsung di tempat. Soalnya lebih rapi dan bersih, sih.

Harga: Rp30.000 – Rp50.000 per orang

Alamat: Jln. Gandaria Tengah III No.3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 16.30 – 23.30

3. Gultik (Gulai Tikungan) Bulungan

Gultik Bulungan kaki lima
Source: Yuniara Nukti

Kalau ke daerah Blok M Plaza, terutama dekat GOR Bulungan, untuk mencari kuliner di malam hari, biasanya pilihan jatuh ke Gultik alias gulai tikungan.

Kamu bisa menemukannya di sepanjang jalan Mahakam karena hampir semua pedagang kaki lima di sana menjual menu yang sama.

seporsi Gultik kaki lima
Source: Yuniari Nukti

Kalau soal rasa hampir sama semua, kok. Pas banget buat kamu yang lapar di malam hari.

Porsinya, sih, tergolong kecil. Mungkin disengaja seperti itu supaya kalau kurang kamu bisa nambah lagi.

Harga: Rp30.000 – Rp50.000 untuk 2 orang

Alamat: Jln. Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 17.00 – 03.00

4. Gule Da’ul

Gulai Daul
Source: Qraved.com

Masih di sekitar daerah Gandaria, jajanan kaki lima ini mulai terkenal saat Camden Bar di sampingnya masih beroperasi. Gulainya jadi salah satu kuliner wajib kamu coba!

Berbeda dari Gultik yang porsinya lebih sedikit dan punya kuah yang kurang strong, Gule Daul memiliki rasa yang kuat dan porsi lebih besar.

Gulai Daul tempat nongkrong
Source: YouTube.com/net.tv

Yang bikin unik adalah tempat jajanan kaki lima ini didekorasi seperti suasana pesta ulang tahun, lengkap dengan balon warna-warni dan segala hiasannya.

Harga: Rp20.000 – Rp40.000 per orang

Alamat: Jln. Gandaria 1 No.336, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 19.00 – 04.00

5. Mie Ayam Jamur Mas No

mie ayam mas no
Spource: picdeer.com

Dari awal tahun 2000-an hingga sekarang sepertinya Mas No, si pedagang mi ayam jamur yang terkenal di daerah Taman Puring masih konsisten dengan gerobaknya.

Tidak kunjung pindah maupun mengubah menu jadi ciri khas jajanan kaki lima yang mangkal di sekitar Pasar Mayestik ini. Mi ayam ini jadi spesial dan beda berkat cacahan jamur dalam campuran ayamnya yang sejak dulu hingga sekarang nggak pernah berubah.

Mie Ayam Mas No kaki lima
Source: Zomato

Soal rasa nggak perlu takut kecewa, deh, karena memang nggak mungkin mi ayam ini bisa jadi legendaris kalau rasanya nggak enak.

Harga: Rp20.000 per orang

Alamat: Jln. Kerinci Raya No. 22, (Belakang SMP 19 dan 11), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 08.00 – 14.00

6. Bakmi Roxy Cikini

Bakmi Roxy Cikini
Source: Jajan Makan Dandan

Jajanan kaki lima yang menyediakan menu mi ayam dan nggak kalah legendaris di Jakarta adalah Bakmi Roxy.

Awalnya cuma ada di daerah Roxy, tapi kini sudah punya beberapa cabang seperti di Cikini dan Radio Dalam.

Bakmi Roxy Cikini enak
Source: My Eat and Travel Story

Salah satu menu yang favorit dari Bakmi Roxy adalah Bakmi Ayam Spesial lengkap dengan pangsit goreng.

Harga: Rp20.000 – Rp35.000 per orang

Alamat: Jln. Cikini Raya No.55, Menteng, Jakarta Pusat

Jam operasional: Pukul 08.00 – 01.00

7. Nasi Goreng Kebuli Apjay

nasi goreng kebuli apjay
Source: myeatandtravelstory

Nah, ini dia salah satu jajanan kaki lima yang menjual nasi goreng legendaris di Jakarta. Meski tempatnya kecil, tapi di sini selalu ramai pengunjung hingga sekarang.

Walaupun ramai banget kamu nggak perlu nunggu lama buat dapetin nasi gorengnya yang dibuat sesuai pesanan.

nasi goreng apjay kaki lima di jakarta
Source: myeatandtravelstory

Nasi goreng kebuli jadi menu spesial di sini, tapi ada juga varian ayam, kok, buat kamu yang tidak suka makan daging kambing.

Soal rasa, juara banget! Rempahnya berasa walaupun nggak terlalu kuat sehingga cocok buat lidah Indonesia.

Harga: Rp35.000 per orang

Alamat:  Jln. Panglima Polim IX No.19,  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 17.00 – 02.00

8. Soto Ayam Ceker Gandaria

Soto Ayam Ceker Gandaria
Source: Qraved

Ingin makan soto ayam atau soto ceker dengan kuah yang segar? Jika jawabannya iya, maka kamu wajib coba Soto Ayam Ceker Gandaria ini.

Soto ayam dan ceker ini semakin istimewa karena sudah ada sejak tahun 1995!

Soto Ayam Ceker kaki lima
Source: My eat and travel story

Memang, sih, di sekitarnya banyak banget yang menjual soto ayam ceker serupa, tapi cuma satu yang memang legendaris, yaitu gerobak Soto Ayam Ceker milik Pak Arif.

Salah satu yang bikin soto ayam ini enak banget adalah kuahnya yang berempah dan tekstur cekernya lembut banget padahal nggak dipresto.

Harga: Rp20.000 – Rp35.000 per orang

Alamat: Jln. Gandaria Tengah I No.13 atau Jln. Kebayoran Baru No.9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam Operasional: Pukul 17.00 – 24.00

9. Nasi Kapau Hj. Zaidar Sabana Asli

nasi kapau zaidar
Source: detik.com

Kawasan Senen, Jakarta Pusat memang sejak dulu terkenal dengan berbagai kaki lima yang menjual Nasi Kapau khas Sumatra Barat.

Namun, cuma ada satu yang paling legendaris yaitu milik Hj. Zaidar yang sudah berjualan di sana sejak tahun 1993.

Nasi Kapau Sabana Asli
Source: my eat and travel story

Kamu bisa menjumpai jejeran baskom berisi gulai tambusu, gulai jeroan, itiak lado muda, ikan bilih goreng, dendeng batokok, rendang, paru goreng, hingga ayam pop.

Pokoknya wajib, sih, mampir ke sini buat menikmati masakan khas Bukit Tinggi ini yang autentik.

Harga: Rp35.000 – Rp50.000 per orang

Alamat: Jln. Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat

Jam operasional: Pukul 12.00 – 02.00

10. Sate Ayam & Kambing RSPP

Sate Ayam RSPP Asli
Source: Openrice

Gerobak satai yang sudah berjualan sejak tahun 1960-an ini lokasinya persis di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Kebayoran Baru. Tidak heran satai ayam dan kambing yang dikelola oleh Haji Romli dan Pak Muri ini jadi lebih dikenal sebagai Sate Ayam RSPP.

Sate Ayam RSPP yang populer
Source: Pergikuliner.com

Rahasia yang bikin satainya enak banget adalah potongan daging yang gede-gede dan dikombinasikan dengan kulit sehingga membuat lemak melumer ke seluruh permukaan Satenya.

Harga: Rp35.000 – Rp50.000 per orang

Alamat: Jln. Kyai Maja No.21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: Pukul 07.00 – 19.00


Itulah daftar kaki lima di Jakarta yang legendaris sejak lama. Setidaknya kamu wajib coba sekali seumur hidup agar tidak menyesal!

Apakah ada di antaranya yang sudah pernah kamu coba?

BACA JUGA: 7 Restoran Bersejarah dan Legendaris di Jakarta | Ada yang Dibangun Lebih dari 100 Tahun!

R

Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Leave a Reply