7

7 Ide Memanfaatkan Pakaian Bekas yang Kreatif dan Tanpa Ribet | Jadi seperti Barang Baru!

pakaian bekas

Saatnya memanfaatkan pakaian bekas jadi lebih berguna!

Coba cek lemari pakaianmu, apakah ada baju yang sudah nggak terpakai? Atau bahkan kamu lupa memilikinya karena sudah tertumpuk baju baru?

Hampir setiap orang pasti memiliki baju yang sudah nggak dipakai. Entah karena sudah nggak muat, ada kerusakan, atau pun ‘terlupakan’.

Source: giphy.com

Jika baju tersebut masih layak pakai, tentu saja kita bisa mendonasikannya bagi orang lain yang membutuhkan. Namun, bagaimana dengan baju yang sudah tak layak? Apakah harus dibuang? Sayang banget!

Daripada dibuang sia-sia atau dibiarkan begitu saja, lebih baik ubahlah pakaian bekasmu menjadi sesuatu yang bermanfaat!

Cara Seru Daur Ulang Pakaian Bekas

Dengan cara sederhana dan sentuhan kreativitas, pakaian bekasmu akan berubah jadi benda yang lebih berguna. Penasaran? Simak saja 7 ide kreatif memanfaatkan pakaian bekas berikut!

1. Tas belanja

ide memanfaatkan baju bekas - tas belanja dari baju bekas
Source: pinterest.com

Ide memanfaatkan pakaian bekas yang pertama adalah mengubahnya menjadi tas belanja. Nggak hanya bermanfaat, tuh, ide ini juga ramah lingkungan karena membantu mengurangi sampah plastik.

Caranya pun mudah, lho! Kamu hanya perlu menggunting-gunting kaos bekas hingga membentuk tas yang unik. Meski nggak dijahit, tas ini tetap kuat menampung belanjaanmu!

2. Pakaian hewan peliharaan

ide memanfaatkan baju bekas - baju hewan dari pakaiaan bekas
Source: amazon.com

Pakaianmu yang kekecilan mungkin sudah nggak muat untukmu, tapi akan tampak lucu dikenakan pada hewan peliharaanmu!

Hanya cukup sedikit jahitan untuk membuat ukurannya lebih mengecil sesuai tubuh anjing atau kucingmu. Dijamin, deh, peliharaan kesayanganmu akan tampak menggemaskan!

BACA JUGA: Yuk, Jadi Pahlawan Lingkungan! 10 Langkah Awal untuk Memulai Hidup yang Ramah Lingkungan

3. Bantal sofa unik

Punya pakaian berbahan lembut, tapi sudah nggak terpakai? Lebih baik manfaatkan saja sebagai sarung bantal sofa! Caranya mudah banget, kok.

Caranya: potonglah bagian lengan pakaian dan isi dalamnya dengan isian bantal yang mudah ditemukan di online shop. Setelah itu tinggal dijahit, deh, bawahnya!

Jika nggak ingin repot mengisinya, kamu bisa cukup memanfaatkannya sebagai sarung bantal seperti gambar di atas. Unik banget, kan?

4. Aksesori hewan peliharaan

ide memanfaatkan baju bekas - baju bekas untuk aksesoris peliharaan
Source: rimma.co

Punya kemeja yang sudah nggak terpakai? Daripada dibuang, mending ubah saja menjadi aksesoris lucu untuk hewan peliharaan.

Caranya, cukup gunting saja bagian kerahnya dan jadikan sebagai kalung peliharaan kesayanganmu. Tampak manis banget, kan?

5. Bandana atau pita rambut

ide memanfaatkan baju bekas - bandana dari baju bekas
Source: pinterest.com

Para perempuan  pasti suka, deh, ide daur ulang pakaian bekas ini! Manfaatkanlah pakaian bekasmu menjadi bandana atau pita rambut yang cantik.

Caranya: guntinglah pakaianmu sehingga jadi potongan panjang. Kamu juga bisa menjahitnya agar lebih rapi serta menambahkan hiasan seperti kancing dan lainnya sesuai kreativitasmu.

6. Daur ulang baju trendi

ide memanfaatkan baju bekas  - mengubah baju lama jadi baru
Source: howdoesshe.com

Akhir-akhir ini, tuh, menyulap pakaian bekas menjadi baju ‘baru’ juga sedang ngetren, lho! Nggak perlu bingung cara membuatnya, dong, karena kini sudah banyak tutorialnya di internet. Salah satunya di bawah ini!

Dengan sedikit usaha, kan, pakaian lamamu akan tampak lebih trendi seperti baru. Mulai dari baju santai hingga modis sekalipun. Menarik banget, bukan?

BACA JUGA: 8 Dekorasi Kamar dari Barang Bekas untuk Kamar Lebih Indah

7. Lap bersih-bersih

lap ide memanfaatkan baju bekas  -  lap dapur dari baju bekas
Source: istockphoto.com

Nah, kalau ide memanfaatkan baju bekas yang satu ini pasti paling banyak dilakukan, nih!

Nggak perlu ribet dan kreatif-kreatif banget, kok. Cukup gunting saja baju bekasmu menjadi lap kecil sehingga lebih mudah digunakan.

Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengganti tisu untuk mengelap sesuatu yang tumpah. Praktis dan hemat, bukan?


Itulah 7 ide kreatif memanfaatkan baju bekas yang bisa kamu ikuti. Siapa sangka, kan, baju lama milikmu ternyata bisa jadi sesuatu yang lebih kece?

Selain bermanfaat, cara memanfaatkan baju bekas ini tentu saja merupakan langkah yang baik daripada membuangnya.

Kamu pernah mendaur ulang baju? Dijadikan apa? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar.

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply