M

Maksimalkan Kenyamanan di Rumah dengan 7 Tips Dekorasi Hygge ala Denmark

dekorasi rumah hygge yang nyaman

Kamu mungkin pernah dengar kata hygge akhir-aknir ini? Hygge merupakan konsep atau gaya dekorasi dari Denmark yang agak panjang penjelasannya. Kata yang dilafalkan seperti “hu-ga” ini berarti rasa nyaman yang maksimal sehingga cocok untuk mencoba dekorasi hygge untuk hunianmu.

Coba bayangkan suasana sedang hujan, lalu kamu tiduran di kamar yang rapi dengan bed cover tebal dan selimut berbulu. Di sebelahmu mug berisi teh hangat atau cokelat panas ditemani martabak sambil menonton TV atau membaca buku. Hmmm, nikmat sekali, kan?

Yap, dekorasi hygge akan membuat tempat tinggalmu terasa welcoming, hangat, dan nyaman untuk dijadikan tempat istirahat.

Enaknya lagi bagi anak kost dan penghuni apartemen, nih, dekorasi hygge juga cocok digunakan di ruangan yang tidak terlalu besar dan terbuka agar lebih dapat feel-nya. Ayo, belajar bagaimana caranya membawa dekorasi hygge ke rumahmu!

7 Tips Utama untuk Menciptakan Suasana Hygge di Rumah

Ada beberapa unsur dekorasi hygge tidak bisa diterapkan pada rumah-rumah Indonesia, lho! Contohnya membuat perapian di ruang keluarga atau kamar. Meski begitu masih banyak unsur lain yang sangat memungkinkan untuk kita adopsi, kok.

1. Pencahayaan dengan lilin

Image result for hygge room with candles

Orang Denmark senang banget menghias rumah mereka dengan pencahayaan, terutama lilin. Sinar lilin yang hangat memang selalu dinantikan di negara yang dingin dan pucat ini. Apalagi di musim dingin, durasi siang mereka hanya sedikit sehingga pencahayaan menjadi hal penting pada dekorasi hygge.

Selain itu cahaya lilin maupun cahaya hangat lainnya dapat membuat suasana terlihat mengundang dan lembut. Kamu jadi merasa lebih santai dan ingin bersosialisasi. Namun, pastikan lilin-lilin itu berwarna putih dan tidak beraroma karena orang-orang Denmark suka yang minimalis saja.

Image result for hygge room lighting
Source: ikea.com

Kalau beli lilin terlalu mahal dan ribet, nih, kamu juga bisa pakai lampu tumblr. Pasang lampu tumblr kekuningan pada rak buku, bingkai kasur, atau di langit-langit kamar. Kamu akan merasakan suasana hygge dengan cahaya buatan yang nggak kalah indah.

2. Keep it simple

Orang-orang Denmark nggak suka warna yang terlalu mencolok, tuh. Mereka suka warna yang menciptakan suasana tenang, teduh, dan damai. Mereka juga nggak suka ruangan terlihat ribet atau ramai. Maka dari itu, pilihlah warna monokrom, natural, atau yang netral seperti putih agar ruangan terlihat tenang.

Soal furnitur, ya, kamu nggak usah menaruh terlalu banyak barang. Pilih saja beberapa perabotan yang jadi favoritmu dengan fungsi jelas dan desain yang simpel.

Kalau kamu suka membaca buku, nih, jangan lupa untuk memajang buku favorit. Pasang juga beberapa barang bersejarah warisan yang membuat hatumu merasa senang dan hangat. Dekorasi hygge adalah dekorasi yang membuatmu merasa senang dan hatimu hangat karena kenangan yang muncul di dalamnya.

3. Buat tempat tidur jadi tempat ternyaman

Image result for hygge bedroom
Source: neverwithoutnavy.com

Nggak ada yang lebih nyaman daripada stay di kasur untuk beberapa saat lebih lama di pagi hari dan hygge sangat mendukung hal ini. Hygge sangat dekat dengan kegiatan yang nyaman, menyenangkan, dan tenang seperti baca buku di kasur. Oleh karena itu, kasurmu harus terlihat nyaman banget!

Hygge merupakan salah satu unsur dari desain interior Skandinavia atau Nordik. Nah, salah satu kunci pentingnya adalah gaya minimalis. Untuk kamar, tuh, kamu juga harus tetap mempertahankan gaya minimalis, namun nyaman ini. Fokuslah pada beberapa lapis bedding (bed cover, selimut, dan sebagainya).

Kamar ala hygge nggak boleh berantakan, ya! Jadi bereskan kamarmu, jangan sampai ada tumpukan barang di kamar dan hamparkan beberapa lapis selimut yang bisa kamu lipat kalau nggak mau kepanasan, hehehe.

BACA JUGA: 13 Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman Tanpa Bikin Rumahmu jadi Hutan

4. Tambahkan tanaman indoor

Image result for hygge room with plants
Source: pinterest.com

Denmark memang sebuah negara yang dingin dan konsep hygge juga sering muncul pada musim dingin. Masa di mana orang-orang akan merindukan unsur alam. Kebetulan juga orang Skandinavia sangat suka menjelajah alam sehingga mereka sangat suka membawa unsur alam ke dalam rumah.

Banyak ide-ide dekorasi hygge menggunakan tanaman karena tanaman menimbulkan rasa tenang, sejuk, menjernihkan udara, dan bikin ruangan makin cantik. Kamu pun bisa memakai tanaman-tanaman indoor yang besar serta tanaman yang bisa menjernihkan udara seperti lidah mertua.

Selain tanaman, nih, kamu juga bisa memakai unsur alam lain di ruangan seperti kayu dan batu. Kayu dan batu memiliki warna netral sekaligus memunculkan kesan minimalis yang hangat sehingga cocok dengan konsep hygge.

5. Pakai dekorasi yang empuk dan lembut

Image result for hygge living room
Source: decorilla.com

Karena rumahmu mau dibikin nyaman, maka tak ada salahnya memasang berbagai aksesori dan kerajinan yang menimbulkan suasana nyaman. Contoh dari hal-hal yang sebaiknya kamu pasang adalah selimut rajut yang tebal, selimut bulu, dan bantal-bantal empuk berbulu.

Kamu bisa meletakkan selimut bulu di lengan sofa atau bahkan bangku kayu agar terlihat cantik dan nyaman. Untuk kursi-kursi minimalis, nih, tingga tambahkan bantal dan selimut rajut tipis yang nyaman. Kamu bisa duduk sambil selimutan sambil menyeruput teh hangat di hari yang dingin, deh!

FYI, orang Denmark juga suka memiliki area di pojok ruangan untuk bersantai. Lebih baik lagi kalau pojok santai ini memiliki jendela yang menghadap langsung ke alam. Di titik inilah kamu harus memasang bantal dan selimut di atas kursi, ya.

6. Buat kamar mandi ala spa

Image result for nordic shower room
Source: architecturaldigest.com

Selain kamar tidur, nih, kamar mandi juga bisa menjadi tempat kamu lari dari kepenatan hidup. Kamar mandi adalah tempat kamu bersiap-siap di pagi hari sehingga kamu harus memiliki mood yang baik sesudah berada di sana. Selain itu momen mandi sehabis bekerja seharian seharusnya didukung oleh kamar mandi yang membuat kamu merasa relaks.

Yuk, bikin kamar mandimu terlihat indah walau minimalis! Coba pasang keset berbulu di dalam kamar mandi atau di luar kamar mandi. Pasang juga handuk tebal berwarna putih atau netral yang berbulu lebat dekat dengan pintu maupun shower.

Bawa juga beberapa lilin putih ke dalam kamar mandi serta lighting yang bagus. Pasang juga rak-rak dan lemari minimalis, tapi fungsional. Mandi dalam suasana sendu pasti bikin relaks banget!

7. Declutter!

Image result for hygge dining room
Source: overstock.com

Dekorasi ruangan ala Skandinavia selalu meminimalisasi tumpukan barang. Maka dari itu, jangan isi banyak barang di kamar dan rutin membersihkan tumpukan barang yang tidak perlu. Hanya taruh barang yang paling kamu perlukan saja!

Saatnya kamu berinvestasi kepada tempat penyimpanan multifungsi, deh. Sembunyikan barang-barang yang tidak kamu perlukan ke dalam tempat-tempat penyimpanan ini.

Kalau kamu memiliki rak, yuk, tata rak dengan rapi. Hindari asal menaruh barang saja karena walau suka memasang selimut di sana-sini untuk kesan nyaman, ya. Dekorasi ruangannya pun harus tetap rapi dan mendukung kenyamanan. Jadi, rapikan barangmu dan simpan dengan baik!


Kini kamu bisa membuat rumah maupun kamar kost lebih nyaman dengan konsep hygge. Tak perlu banyak barang, kok, hanya hal-hal berguna yang bikin perasaanmu senang dan tenang untuk membuatmu mendapatkan konsep hygge.

Apakah kamu tertarik mengaplikasikan dekorasi hygge di hunianmu? Ceritakan rencanamu di kolom komentar, ya!

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply