7

7 Resep Mudah untuk Merasa Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi belakangan ini memang menyebabkan banyak orang harus tinggal di rumah dan tidak bisa ke mana-mana. Ada yang bahagia, namun banyak juga merasa keberatan akan hal ini.

Tahukah kamu kalau rasa tidak bahagia yang kamu rasakan dapat memengaruhi kesehatan mental bahkan fisik?

Hal ini bisa jadi berbahaya di masa-masa pandemi seperti sekarang, lho. Pasalnya kesehatan mental dan fisik merupakan faktor utama yang membuat sistem imun seseorang dapat bekerja dengan baik untuk mencegah penularan virus.

7 Cara Mudah agar Bahagia di Tengah Pandemi Corona

Sebenarnya, ya, banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap merasa bahagia di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini. Meski nggak bisa ke mana-mana, alias #dirumahaja banyak hal bisa kamu kerjakan untuk mengisi waktu.

Nah, kalau masih bingung bagaimana caranya, Rukita punya beberapa tips mudah yang bisa kamu coba saat ini juga. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

1. Olahraga dan merawat diri

6 Gerakan Olahraga ala Gym yang Bisa Dilakukan di Rumah
Source: Halodoc

Pastinya kamu percaya, dong, kalau langkah pertama untuk meningkatkan kebahagiaan selama pandemi Covid-19 ini dengan cara menjaga kesehatan tubuh.

Yup, selain untuk menghindari penularan virus Corona, ternyata menjaga kondisi tubuh di saat pandemi dengan melakukan perawatan diri serta berolahraga rutin akan memengaruhi kamu secara emosional, lho. Apalagi sudah banyak penelitian mengenai hal ini, bahkan bisa kamu buktikan sendiri di rumah.

Dengan berolahraga ringan atau melakukan perawatan tubuh di kamar mandi, nih, tanpa kamu sadari membuat suasana hatimu jadi lebih ceria dan bahagia.

2. Meditasi

Usir Stres, Yuk Bikin Area Meditasi di Rumah!
Source: genPi.co

Merasa galau akan berbagai masalah, tapi tidak bisa pergi ke mana-mana untuk meluapkan perasaanmu selama pandemi ini? Meditasi bisa jadi cara yang kamu pilih untuk membuat perasaanmu jauh lebih baik, lho. 

Menurut berbagai penelitian, nih, menenangkan diri melalui meditasi dipercaya dapat menumbuhkan kegembiraan batin, bahkan hanya dalam lima menit saja!

Meditasi juga dipercaya dapat meningkatkan neurokimia perasaan baik karena mengurangi hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, lho.

3. Perbaiki jam tidur

Lakukan 6 Cara Mudah Ini Untuk Perbaiki Jam Tidur
Source; Herworldindonesia

Terlalu lama di rumah saja atau mengkhawatirkan pandemi Covid-19 ternyata bisa membuat sebagian orang jadi sulit tidur, lho. Istilah ‘keren’ sulit tidur di malam hari, tuh, karena memasuki jam overthinking.

Akhirnya banyak orang yang jam tidurnya jadi berantakan. Padahal hal ini ternyata cukup berbahaya di masa pandemi Covid-19 ini, lho. Selain menurunkan kesehatan mental yang membuatmu jadi tidak bahagia, nih, kurang tidur juga bisa menurunkan kesehatan fisik kamu.

Kamu termasuk yang bermasalah dengan jam tidur? Yuk, segera perbaiki dengan cara membuat jadwal istirahat yang teratur atau pasang alarm untuk mengingatkan kamu kapan waktunya tidur.

4. Buat kamar jadi tempat yang nyaman

Source: Rukita Deplu

Selain jam tidur yang berantakan, ya, bisa jadi perasaan kurang nyaman di kamar sendiri jadi alasan kamu sulit tidur termasuk merasa kurang bahagia terjebak di rumah saja selama pandemi.

Kalau kamar yang kurang nyaman jadi alasanmu maka ada baiknya kamu coba merapikannya atau bahkan menata ulang kamar agar membuatnya jadi tempat istirahat yang lebih nyaman.

Kamu bisa menata ulang dengan cara sederhana, mulai dari memindahkan posisi tempat tidur atau mengeluarkan barang-barang yang membuat kamarmu jadi sesak dan tidak nyaman.

Dijamin, deh, setelah ini tidur kamu jadi lebih nyenyak yang pastinya berdampak pada emosi dan perasaan bahagia yang akan kamu rasakan.

5. Terhubung dengan orang lain

Kini kamu bisa video call dengan 6 orang teman di Instagram
Source; Tek.id

Para filsuf kuno dan ilmuwan kontemporer sepakat bahwa komunikasi dan hubungan sosial dengan orang lain benar-benar berperan penting dalam kesehatan mental.

Bahkan ketika harus berdiam di rumah selama masa pandemi seperti sekarang, tuh, beberapa peneliti beranggapan kalau orang-orang tetap wajib melakukan interaksi sosial dengan orang lain.

Terhubung dengan orang lain sendiri dapat menjaga kesehatan mental kamu yang mendorong rasa bahagia dan imun tubuh yang kuat.

Untuk terhubung dengan orang lain di zaman sekarang pun bukan hal yang sulit, kan? Meski nggak bisa bertemu langsung, tetapi saat ini banyak teknologi dan media yang bisa kamu manfaatkan untuk membuatmu tetap terhubung.

BACA JUGA: 8 Film yang Bikin Perasaan Bahagia di Tengah Kekhawatiran Pandemi Corona

6. Melihat foto alam

Alam Melihat Tinggi Sudut - Foto gratis di Pixabay
Source: Pixabay

Mungkin saat ini bepergian atau berwisata ke alam terbuka seperti tempat perkemahan, gunung, dan pantai merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Banyaknya tempat wisata yang ditutup membuat kita semakin sulit untuk sekadar menikmati alam terbuka di taman kota. Padahal berada di suasana alam atau sekadar melihat pemandangan alam dapat menurunkan kadar stres kamu, lho, yang pastinya membuat kamu bahagia.

Kabar baiknya, sih, berdasarkan sebuah penelitian psikologi di Delaware Valley University menunjukkan bahwa melihat foto-foto lingkungan alam dapat memiliki efek menurunkan stres yang sama dengan berada langsung di sana. Jadi tetap bisa menikmati alam di rumah saja, kan?

7. Bersyukur

Sudahkah Kamu Bersyukur Hari Ini? – TopCareerID
Source: TopCareer

Ada, lho, beberapa dari kita yang merasa stres dan tidak bahagia di rumah saja saat pandemi Covid-19 karena beberapa faktor eksternal. Di antaranya ada yang merasa suasana rumah kurang kondusif atau tidak adanya fasilitas untuk menghibur diri di rumah sehingga membuatnya tidak bisa produktif selama di rumah.

Namun, tanpa disadari bukan berbagai hal itu, lho, yang bikin kamu nggak bahagia di rumah saja selama pandemi Covid-19!

Daripada memikirkan apa saja yang belum dimiliki, lebih baik pikirkan berbagai hal yang sudah kamu punya saat ini. Dijamin, deh, dengan begitu hari kamu bakal jadi terasa lebih bahagia.


Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk tetap merasa bahagia di masa pandemi Covid-19 meski nggak bisa pergi ke mana-mana. Semuanya bisa kamu lakukan saat #dirumahaja dan bisa dilakukan kapan saja!

Intinya jangan lupa bahagia! Kebahagiaan bukan hanya membuat suasana hati kamu jadi ringan dan nyaman. Namun, juga dapat membantu agar fisik kamu tetap sehat dan kuat!

Apa yang sudah kamu lakukan agar tetap bahagia? Bagikan dia kolom komentar, yuk!

CategoriesTak Berkategori
Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Tinggalkan Balasan