1

10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung yang Mempercantik Interior Rumahmu

tanaman gantung indoor

Tak ada tempat untuk pot tanaman? Pilih tanaman hias gantung saja!

Salah satu cara membuat rumah atau kamar terlihat lebih asri adalah dengan memelihara tanaman hias.

Tak hanya mempercantik ruangan, keberadaan tanaman di rumah juga menjadikan udara sejuk.

Tak heran, banyak orang yang hobi merawat tanaman, bahkan membuat taman kecil-kecilan di rumah.

Tanaman Hias Gantung, Solusi Kalau Tak Ada Cukup Ruang

Memelihara tanaman hias memang bisa menjadi tantangan karena tak semua orang punya rumah atau kamar dengan area yang cukup luas untuk menyimpan pot tanaman hias.

Nah, untuk kamu pencinta tanaman yang tidak memiliki hunian luas, Rukita punya tips untuk: gimana kalau pakai tanaman hias gantung saja?

10 Jenis Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat dan Menghemat Tempat

1. Tanaman udara (Tillandsia)

Source: Gardeners.com

Tanaman udara, atau tillandsia, adalah salah satu jenis tanaman yang cocok untuk dekorasi rumah karena sifatnya yang tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup.

Kebanyakan orang suka menggantung tanaman ini di terarium kaca yang penuh dengan aksen dan pernak-pernik.

Simpan tanaman ini di tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan banyak terpapar cahaya.

2. Tanaman singonium (Syngonium podophyllum)

Source: Fnp.com

Tanaman singonium adalah tanaman merambat dengan bentuk daun yang menyerupai anak panah.

Jika dibiarkan bertumbuh, tanaman ini akan menjadi tanaman bersulur yang bagus, membuatnya cocok untuk digantung.

Tanaman singonium merupakan tanaman yang tumbuh dengan baik di dalam kondisi lembap, jadi ia cocok untuk diletakkan di kamar mandi atau dapur.

3. Tanaman paku sarang burung (Asplenium nidus)

Source: Silkbydesign.co.za‌‌

Paku sarang burung adalah jenis tanaman epifit, yang berarti tanaman ini dapat menempel pada tanaman lain untuk tumbuh.

Hal unik dari tanaman hias gantung yang satu ini adalah bentuk daun yang bervariasi, bergantung kepada jumlah matahari yang ia dapatkan.

Semakin banyak paparan sinar matahari yang didapat, daun tanaman ini akan terlihat mengerut. Sementara, jika tanaman ini hanya mendapat sedikit sinar matahari, daunnya akan berpermukaan rata.

Tanaman ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari, karena paparan sinar matahari yang berlebihan akan mengubah daunnya menjadi kuning.

Karena habitatnya berasal dari hutan hujan tropis, tanaman paku sarang burung juga suka kelembapan, membuatnya cocok diletakkan di kamar mandi.

BACA JUGA: 20 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tanpa Sinar Matahari

4. Tanaman paku gunung (Nephrolepis exaltata)

Source: Bunnings.com.au‌‌

 

Tanaman paku gunung adalah tanaman hias gantung yang tumbuh dengan baik dalam tingkat kelembaban yang tinggi.

Daun-daunnya yang tampak seperti bulu membuatnya menjadi tanaman yang sempurna untuk mempercantik dekorasi dalam ruangan.

Namun, pastikan untuk menempatkan tanaman ini jauh dari langit-langit ruangan, karena tanaman ini membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk bertumbuh dengan subur.

Selain mempercantik ruangan, tanaman paku gunung juga mampu membersihkan udara dengan efektif dan aman untuk hewan peliharaan, menjadikannya cocok untuk diletakkan di kamar tidur atau ruang tamu.

5. Kaktus anggur (Sedum morganianum)

Source: cactuslimon.net

Tanaman hias gantung yang satu ini termasuk ke dalam jenis sukulen, yang berarti dapat bertahap hidup tanpa disiram air dalam jangka waktu yang lama, dan bertumbuh dengan baik di bawah paparan sinar matahari.

Daunnya yang tebal dan berdaging memungkinkan kaktus anggur untuk menyimpan air untuk jangka waktu lama.

Agar kaktus anggur dapat bertumbuh dengan baik, sebaiknya letakkan tanaman ini di kamar yang lapang dan banyak ruang.

6. Tanaman ekor kucing (Acalypha hispida)

Source: decoarchi.com‌‌

Tanaman hias yang satu ini akan membawa variasi yang menyegarkan di dalam interior rumah kamu dengan warna bunganya yang berbulu merah mencolok.

Ekor kucing bertumbuh dengan sangat cepat. Di habitat aslinya, tanaman ini dapat tumbuh setinggi 4 meter!

Tapi tenang saja, jika dirawat di dalam ruangan, tinggi tanaman ini akan mencapai 1,5 meter maksimal.

Cara merawat tanaman ini adalah dengan memangkasnya dengan rutin agar tetap panjang dan sehat.

7. Tanaman sirih gading (Epipremnum aureum)

Source: Hortology.co.uk

Dengan dedaunan kuning keemasannya, sirih gading akan memberikan sentuhan elegan pada interior hunian kamu.

Letakkan tanaman ini di bawah cahaya secukupnya agar warna daunnya menonjol dengan baik.

Tanaman hias gantung yang satu ini sangat cocok untuk diletakkan di kamar karena kemampuannya membersihkan udara, membuat udara kamar tidurmu senantiasa bersih.

BACA JUGA: Intip 5 Langkah Mudah Menggantung Tanaman Hias di Rumah agar Lebih Awet

8. Daun ivy (Hedera helix)

Source: Amazon.com‌‌

Tanaman daun ivy adalah tanaman hias yang dapat kamu temukan dengan mudah. Biasanya tanaman ini bertumbuh menutupi dinding di taman.

Meski begitu, tanaman ini juga bisa tumbuh di dalam rumah, lho.

Kamu bisa menaruh tanaman ini di keranjang gantung dan membiarkan daunnya menjuntai lepas, memberikan nuansa hijau yang segar untuk interior rumah.

Tempatkan tanaman ini di tempat yang memiliki banyak area kosong karena tanaman ini membutuhkan banyak ruang untuk bertumbuh.

9. Tanaman suplir (Adiantum)

Source: Pinterest

Suplir adalah tanaman hias gantung yang populer karena tampilannya yang halus.

Variasi warna ungu pada dedaunan yang bertumbuh membuatnya semakin menarik bagi para pencinta tanaman.

Karena kesan elegannya ini, suplir cocok untuk ditempatkan di ruang tamu.

Pastikan tanaman ini disimpan di tempat yang lembap dan mendapatkan paparan sinar matahari yang merata di rumah kamu.

10. Tanaman paku tanduk rusa / simbar menjangan (Platycerium)

Source: Pistilsnursery.com

Jika kamu menginginkan tanaman hias yang unik dan mencolok, tanaman paku tanduk rusa adalah pilihan yang tepat.

Daunnya yang menyerupai tanduk rusa membuat tanaman ini menjadi elemen dekorasi yang menonjol.

Karena tanaman ini termasuk ke dalam jenis epifit, seperti tanaman paku gunung, kamu bisa menyimpan tanaman ini secara vertikal di atas kayu.

Biarkan akar paku tanduk rusamu menempel pada kayu, dan gantung kayu tersebut di suatu tempat dengan banyak sinar matahari yang disaring dan sirkulasi udara.


Itulah 10 jenis tanaman hias gantung yang bisa kamu pilih untuk mendekorasi hunianmu. Bentuknya cantik dan perawatannya tidak sulit, kok.

Rukita Cendrawasih JM Bintaro

Kalau malas menghias hunian dengan tanaman, sih, sebaiknya kamu tinggal di Rukita saja. Dengan atau tanpa tanaman, nih, kamarmu sudah terlihat nyaman dan Instagramable. Nggak percaya? Intip saja Rukita Cendrawasih JM Bintaro sebagai contohnya.

Kamarnya sudah fully furnished dan memiliki fasilitas kamar mandi dalam dengan water heater, koneksi WiFi, AC, area komunal, hingga tempat parkir. Harga kamar mulai dari Rp1,5 jutaan (saat promo) per bulan. Terjangkau banget, dong!

Makin penasaran dengan kost ini? Klik tombol di bawah atau ketik URL berikut di browser kamu: bit.ly/rukita-jumangu



Penasaran soal unit coliving Rukita lainnya? Yuk, kunjungi www.Rukita.co, dan jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo serta Twitter di @Rukita_Id.

Kamu juga bisa tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Apakah ada tanaman hias gantung yang menarik minatmu? Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Leave a Reply