T

Tempe untuk Teriyaki atau Burger? Coba 7 Resep Olahan Tempe yang Tidak Biasa Ini!

Resep olahan tempe yang unik dan tidak biasa burger tempe

Tempe kaya nutrisi dan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Maka dari itu, kita harus lebih banyak menggunakan tempe sebagai bahan makanan utama. Mungkin bosan kalau hanya tahu tempe cuma diolah ‘gitu-gitu aja‘. Saatnya mengeksplorasi resep olahan tempe yang nggak biasa, nggak pakai ribet, dan tetap lezat!

Biasanya kalau masak tempe, tuh, kita hanya mengolahnya dengan cara digoreng, dioseng, dibacem, atau dibuat kering tempe alias tempe orek. Padahal di luar sana, ya, tempe sudah menjadi olahan pengganti daging. Jangan kaget kalau resep-resep olahan tempe ini bisa dibuat seperti resep daging!

Yuk, rasakan kenikmatan tempe ini dengan cara yang baru. Dijamin bikin ketagihan!

Berbagai Resep Olahan Tempe seperti Resep Olahan Daging

Kalori tempe lebih rendah dari daging, namun kandungan proteinnya sangat tinggi dan mengenyangkan. Nggak bikin gendut, deh! Yuk, langsung cek aneka resep olahan tempe di sini.

1. Tempe Teriyaki

Dimodifikasi dari: V Nutritions

Image result for tempeh teriyaki
Source: sarahsdolcevita.com

Biasanya, sih, kita menggunakan ayam atau daging sapi teriyaki untuk dimakan bersama nasi panas. Tempe juga bisa dimasak ala teriyaki dan sama enaknya, kok. Bumbunya bakal meresap banget di dalam! Penasaran? Ayo, buat!

Bahan

  • 250 g tempe
  • 1 sdm minyak goreng

Bahan marinasi

  • 1 sdm kecap asin
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 bawang bombai ukuran sedang
  • 6 sdm saus teriyaki
  • 1 sdt sambal atau saus cabai (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Potong tempe jadi kotak-kotak, lalu kukus selama 10 menit.
  2. Campur semua bahan marinasi dan aduk. Masukkan tempe ke dalam bumbu marinasi, dan marinasi selama 20 menit.
  3. Tuang minyak di wajan, dan tumis tempe selama 3-5 menit sampai agak renyah. Angkat tempe dan tuang saus di dalam mangkuk ke wajan, lalu kembalikan tempe ke wajan. Tumis selama 30 detik per sisi untuk karamelisasi saus di tempe.
  4. Matikan api, tuang saus di atas tempe, diamkan 1 menit sampai saus mengental.
  5. Angkat, sajikan di piring. Tambahkan potongan daun bawang sebagai garnis.

2. Bacon Tempe Smoky

Dimodifikasi dari: From My Bowl

Bacon tempe ini bisa kamu jadikan sebagai lauk tambahan, misalnya dimasukkan jadi isian sandwich atau pendamping nasi goreng. Buat tempe bacon yang nikmat dan campurkan ‘bacon’ ini di mana-mana!

Bahan

  • 1 paket tempe atau 250 g
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt kaldu dimasukkan dalam 1 gelas air hangat
  • 1/2 sdt paprika bubuk
  • 1/2 sdt saus BBQ
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Potong tempe dengan ketebalan 1cm. Kemudian campur semua bahan di dalam mangkuk. Jajarkan tempe di atas wajan dan tuang saus marinasi di atas tempe. Kemudian masak selama 3 menit dan balik tempe agar tidak gosong. Masak sampai saus terlihat agak kental.
  2. Kurangi panas sampai api sedang-kecil. Bolak-balik agar tempe yang dimasak warnanya merata.
  3. Saat saus sudah menyurut, masak tempe sekitar 30-60 detik pada tiap sisinya agar kecokelatan. FYI, kamu bisa pakai bacon tempe ini untuk berbagai makanan, seperti salad maupun sandwich.

3. Sandwich BLT Tempe

Dimodifikasi dari: From My Bowl

Image result for tempeh blt sandwich
Source: epicurious.com

Nah ini adalah contoh bahwa kamu bisa menggunakan bacon tempe sebagai isian menu makanan lain. Bacon tempe di sini dijadikan BLT Sandwich atau sandwich isi ‘Bacon, Lettuce dan Tomato’. Baconnya kita ganti tempe, deh, sama enaknya!

Bahan

  • 2 lembar roti tawar
  • 1/3 bagian dari resep bacon tempe
  • 1/2 tempe yang besar, potong tebal untuk sandwich
  • 2-4 lembar daun selada
  • Mayones dan saus sambal/tomat secukupnya

Cara membuat:

  1. Panggang roti sesuai kebutuhan.
  2. Oleskan mayones dan saus tomat atau sambal pada satu sisi roti.
  3. Susun tempe di atas roti, lalu taruh tomat di atasnya. Letakkan daun selada di atas tomat, dan tutup dengan roti.
  4. Nikmati sandwich tempe ini!

4. Saus Bolognese Tempe

Dimodifikasi dari: Hey Nutrition Lady

Image result for tempeh bolognese

Ingin makan spaghetti, tapi daging sapi mahal? Pakai saja tempe! Kamu bisa bikin tempe jadi saus bolognese enak, lho! Coba saja buat dari resep ini, kamu bakal menyadari tekstur tempe ternyata bisa seperti daging!

Bahan

  • 1 sdm minyak
  • 1 bawang bombai besar, potong dadu
  • 5 siung bawang putih, geprek
  • Tempe 250 g, diremas sampai hancur
  • 1 sdt oregano
  • 1 sdt daun thyme
  • 1/2 sdt bubuk cabai
  • 850 ml saus tomat untuk pasta
  • 60 ml air atau lebih
  • Bubuk kaldu

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang-tinggi. Tambahkan bawang bombai, tumis sampai warnanya mulai kecokelatan dan wangi. Tambahkan bawang putih, masak selama 2-3 menit sampai melunak.
  2. Tambahkan tempe yang sudah diremas-remas, dan tumis bersama bawang bombai dan bawang putih sampai tempe berubah warna kecokelatan. Bubuhkan oregano, thyme, cabai bubuk, dan masak sekitar 1 menit lagi.
  3. Tambah saus tomat untuk pasta bersama air dan bubuk kaldu, lalu aduk sampai rata. Kalau saus terlalu kental, tambahkan air sedikit lagi untuk mengencerkan.
  4. Kecilkan api sampai sedang-rendah, dan diamkan sambil dimasak selama 20 menit. Aduk sewaktu-waktu.
  5. Tuang di atas spaghetti dan taburi keju parut. Sajikan.

5. Taco Tempe

Image result for tempeh taco
Source: heynutritionlady.com

Siapa, nih, yang suka banget makanan Meksiko? Taco adalah salah satu makanan lezat karena bumbunya kaya dengan tekstur beragam karena ada saus dan garnis yang nikmat. Tempe juga bisa dimasak menjadi taco, lho, karena teksturnya padat dan bisa menyerap bumbu dengan baik.

Bahan

  • 250 g tempe, remas-remas sampai hancur
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/2 bawang bombai ukuran bombai
  • 1 bumbu taco siap pakai
  • Tortila

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di wajan, masukkan bombai dan tumis selama 3 menit.
  2. Masukkan tempe yang sudah diremas-remas dan masak selama 4 menit sampai tempe berwarna kuning keemasan.
  3. Tambahkan bumbu taco siap pakai, lalu tumis selama 3-5 menit.
  4. Sajikan taco di atas tortila dengan topping taco sesuai keinginan seperti sour cream, salsa, alpukat, cabai hijau, dan sebagainya. Nikmati!

6. Burger Tempe

Dimodifikasi dari: May I Have That Recipe

Image result for tempeh and black bean burger
Source: myquitekitchen.com

Resep olahan tempe super yang lain adalah burger tempe! Siapa kira bisa bikin patty burger dari bahan yang bukan daging? Tempe juga sama enaknya, lho! Hanya saja lebih baik mengolahnya bersama kacang hitam. Tekstur patty akan padat, crispy di luar namun lembut dan gurih di dalam!

Bahan

  • 1 butir telur untuk perekat
  • 1 bungkus tempe (200-250 g)
  • 1 sdt paprika bubuk
  • 1 sdt bumbu grill, burger, atau bubuk BBQ
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 172 g kacang hitam yang sudah direbus
  • 2 daun bawang iris tipis
  • 50 g keju parut
  • 3 sdt minyak

Cara membuat:

  1. Remas-remas tempe sampai hancur, lalu tambahkan paprika, bumbu hamburger, garam, dan merica, campur sampai rata. Tambah kacang hitam, daun bawang, dan telur. Campur adonan pakai tangan agar saling melekat.
  2. Bagi adonan jadi 4 dan bentuk seperti patty hamburger dengan ketebalan 1cm. Dinginkan patty di kulkas selama satu jam. Sesudahnya keluarkan tunggu sampai sesuai suhu ruangan sebelum digoreng.
  3. Panaskan minyak di wajan ;alu goreng patty selama 5 menit di tiap sisi sampai kecokelatan.
  4. Sajikan bersama bun burger dan isian favoritmu seperti mayones, saus tomat, mustard, tomat, telur mata sapi, dan daun selada.

7. Tempe Bali Protein Bowl

Dimodifikasi dari: Running on Real food

Cooked tempeh bacon, avocado, roasted sweet potato, sauerkraut, kale and mushrooms in a breakfast bowl.

Kalau suka makanan sehat atau sering kuliner di Bali, kamu pasti pernah menemui protein bowl, alias semangkuk makanan sehat kaya protein. Sebenarnya pilihan karbohidrat dan sayur untuk protein bowl bisa disesuaikan dengan selera kamu. Sekarang coba belajar resep ini dulu, yuk!

Bahan

  • Bacon tempe
  • Semangkok jamur
  • 1 batang daun bawang
  • 1/2 sdt minyak
  • 1/2 buah alpukat
  • 1/2 ubi manis ukuran kecil atau sedang yang sudah dikukus dan dipotong-potong
  • Garam dan merica
  • Segenggam besar bayam

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, lalu tuang jamur ke dalam wajan dan masak dengan api sedang-tinggi. Aduk-aduk beberapa kali hingga jamur mulai berwarna kecokelatan.
  2. Tambahkan bawang dan daun bawang. Masak beberapa menit sampai bawang melunak dan daun bawang mulai berwarna cokelat.
  3. Tata jamur, bayam, dan daun bawang di mangkuk. Lalu tambahkan juga separuh buah alpukat, dan potongan ubi manis.
  4. Jangan lupa tata bacon tempe sebanyak yang kamu mau. Kini kamu bisa makan makan siang dengan menu sehat dan mudah.

Banyak juga resep olahan tempe yang unik dan nikmat. Kini waktumu untuk mencoba mengolah tempe dengan cita rasa yang berbeda, namun tetap lezat.

Kamu tahu resep lain olahan tempe? Penasaran resep olahan protein nabati apa lagi yang bisa dibuat dengan cara berbeda? Tinggalkan kesanmu di kolom komentar, dong.

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply