I

Ini Dia 12 Penyebab Lidah Pahit | Ada Cara Mudah Sembuhkan Indra Pengecapmu!

Penyebab lidah pahit itu apa saja, sih? Bisa disembuhkan nggak, ya?

Memang nggak enak kalau lidah terasa pahit. Mau makan apa pun lidah rasanya nggak mau bersahabat dengan rasa makanan yang di hari lain bikin kamu ngiler berat. Bikin malas buat makan, deh. 

Lidah yang terasa pahit sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun, kalau hal ini terjadi berhari-hari, kamu patut mewaspadainya. Nggak enak juga, kan, kalau nafsu makan kamu menurun hanya karena hal ini?

So, ketahui apa penyebab lidah pahit, cari tahu juga apa saja yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan si indra pengecap ini. Simak caranya di bawah ini, yuk!

12 Penyebab Lidah Pahit

Source: Pexels.com

Selera makan tentu saja menurun ketika lidah terasa pahit. Biar nggak terjadi terus-terusan, kamu perlu mencari tahu cara penyembuhannya. 

Sebelumnya, nih, ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab lidah pahit supaya kamu bisa mencegah dan mengambil tindakan terbaik. 

Ini dia, nih, dua belas penyebab lidah pahit yang wajib banget kamu ketahui. 

1. Kehamilan

Source: Pexels.com

Saat ibu hamil memasuki trimester pertama, lidah sering kali terasa pahit. Hal ini terjadi karena perubahan hormon estrogen selama masa kehamilan. 

Akibatnya, lidah ibu hamil menjadi sensitif terhadap makanan, sementara penciuman pun terasa lebih tajam. 

Ibu hamil juga lebih jarang bergerak sehingga sering lupa menjaga kebersihan badan dan gigi mereka yang mungkin menjadi penyebab lidah mendadak terasa pahit.

2. Menopause

Source: Pexels.com

Seiring berjalannya waktu, menopause membuat mulut terasa begitu pahit. Hormon estrogen dalam tubuh pun menurun seiring berjalannya usia. Inilah yang kemudian mulut jadi kering dan tidak enak rasanya. 

Wanita yang mengalami menopause sebaiknya memperbanyak minum air putih guna menetralkan rasa kering pada mulut, ya.

3. Asam lambung

Source: Pexels.com

Penderita asam lambung sangat sering mengalami kondisi lidah pahit. Jumlah asam yang ada di dalam lambung terasa hingga atas ke bagian tenggorokan. 

Ketika hal ini terjadi dalam waktu lama, asam lambung bisa bikin lidah jadi semakin pahit, tuh. 

Salah satu cara yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, pedas dan asam.

Oh ya, menghindari stres juga penting dilakukan untuk mencegah asam lambung naik

BACA JUGA: Apa Perbedaan Maag dan GERD? Ketahui Beda Penyebab dan Gejalanya di Sini!

4. Mulut kering

Source: Pexels.com

Berkurangnya produksi air liur menyebabkan lidah terasa pahit. Ini adalah kondisi yang dinamakan dengan mulut kering atau xerostomia. 

Mereka yang mengalami kondisi mulut kering biasanya adalah orang tua atau lansia. Semakin bertambahnya umur, produksi air liur memang berkurang drastis, membuat mulut dan lidah sering pahit. 

5. Gigi kuning

Source: Pexels.com

Siapa sangka, ya, gigi yang berwarna kuning karena jarang dibersihkan bisa menumpuk bakteri dan bikin lidah terasa pahit?

Ketika gigi kuning dibiarkan, lambat laun akan tercipta lubang, membuat bau mulut pun semakin meningkat. 

Selalu gosok gigi sesaat sebelum tidur dan setelah makan agar gigi semakin bersih, lidah dan mulut pun terasa segar. 

6. Infeksi jamur

berkumur cara atasi lidah pahit
Source: Gaya Temmpo.co

Penyebab lidah pahit salah satunya adalah infeksi jamur. Lidah pahit yang sudah terkena jamur sering kali berwarna putih. 

Infeksi jamur juga bisa terjadi karena kurangnya usaha untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Pastikan setelah gosok gigi, kamu membersihkan area mulut dengan cara berkumur. 

Bisa juga gunakan antiseptik untuk membersihkan lidah supaya lebih bersih, ya. Akan tetapi, penggunaan air putih saja sebenarnya sudah sangat cukup untuk membuat lidah bebas dari kuman.  

7. Rongga mulut terbakar

penyebab lidah terasa pahit - Burning Mouth Syndrome
Source: Pexels.com

Kejadian rongga mulut terbakar atau Burning Mouth Syndrome (BMS) adalah gejala ketika mulut mengalami sensasi terbakar di bagian ujung lidah hingga langit-langit mulut. 

Penyebabnya adalah konsumsi makanan yang terlalu pedas dan membuat tubuh seolah terbakar. Rasa nyeri terbakar ini juga diiringi oleh sensasi mulut yang terasa sangat pahit. 

Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan meminum air hangat untuk mengurangi sensasi rongga mulut yang terbakar. 

8. Penyebab lidah pahit karena penggunaan obat-obatan

obat penyebab lidah pahit
Source: Pexels.com

Beberapa jenis obat bisa bikin lidah terasa pahit. Ini adalah efek samping yang wajar dan nggak seharusnya dikhawatirkan, kok. 

Tunggu saja beberapa hari dan coba bantu dengan konsumsi madu untuk mengembalikan kondisi mulut biar nggak pahit lagi. 

Nah, contoh obat yang bikin lidah pahit, diantaranya adalah antibiotik, anti jamur, kortikosteroid dan obat pengontrol tekanan darah. 

9. Kerusakan saraf

penyebab lidah pahit - kerusakan saraf
Source: Hello Sehat

Kerusakan saraf punya pengaruh yang sangat besar bagi kondisi lidah. Ketika lidah terasa pahit, bisa jadi ada bagian saraf yang rusak. 

Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis terbaik dan paling tepat terkait kerusakan saraf yang dialami. 

Penyebab kerusakan saraf sendiri bermacam-macam, mulai dari epilepsi, tumor otak, demensia dan kecelakaan. Penting untuk mengetahui penyebabnya agar perawatan tepat bisa segera dilakukan. 

10. Kanker lidah

Source: Veecteezy

Kanker lidah biasanya ditandai oleh sariawan yang tidak kunjung sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. 

Bercak merah terang pun juga akan muncul di bagian lidah sebagai pertanda munculnya sel-sel tidak normal yang berubah menjadi sel kanker. 

Nggak cuma lidah yang terasa pahit, ya, kanker lidah juga menimbulkan benjolan di bagian belakang lidah. 

11. Penyebab lidah pahit: sariawan

Source: Qoala

Sariawan ternyata bikin lidah pahit, nih. Hal ini terjadi karena adanya iritasi rongga mulut yang menyebabkan lidah terasa memerah dan pahit. 

Segera atasi sariawan dengan mengonsumsi banyak air putih dan minum obat sariawan. Kurangi beraktivitas berat agar imun tubuh kembali meningkat. 

12. Stres

stres - penyebab lidah pahit
Source: QuBisa

Saat kamu mengalami stres, tuhu, mulut akan berubah menjadi kering atau xerostomia. Jumlah air liur pun semakin berkurang, membuat lidah semakin pahit. 

Segera kurangi rasa stres dengan bermeditasi dan menenangkan diri dari masalah yang ada. 

Jauhkan diri dari media sosial untuk sementara agar kamu lebih tenang menjalani hari. Semangat!

BACA JUGA: 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Dilihat dari Kondisi Lidah

Tips Mengatasi Lidah Terasa Pahit

cara mengatasi penyebab lidah pahit
Source: Pexels.com

Jangan biarkan lidah kamu pahit berhari-hari, deh. Kalau malas makan karena lidah terasa kurang bersahabat, metabolisme tubuh kamu pun jadi terganggu karena kurangnya nutrisi yang masuk. 

Begini cara mudah untuk mengatasi lidah pahit:

  • Perbanyak konsumsi air putih. Mulut yang kekurangan produksi air liur bisa menyebabkan mulut kering dan terasa pahit. 
  • Perhatikan juga kondisi kebersihan mulut dan gigi. TRajinlah menggosok gigi dan berkumur setelah makan dan sebelum tidur, ya. 
  • Jangan lupa berkumur juga dengan larutan soda kue, lemon, atau permen karet untuk membasmi rasa pahit. Rasa asam dari lemon, soda, maupun permen karet mampu membuat rasa lidah kembali ke kondisi semula. 

Selain itu kamu pun harus hindari mengonsumsi makanan asam, kafein, serta minuman beralkohol. Kurangi pula kebiasaan merokok untuk mengembalikan kondisi lidah seperti semula. 

Selamat mencoba!


See? Ada banyak penyebab lidah pahit yang bikin kamu nggak selera makan. Ketahui alasannya biar kamu bisa mengambil tindakan yang tepat. Segera atasi lidah pahit kamu dengan berbagai macam cara di atas, semoga segera sembuh, ya!

Punya pengalaman soal lidah pahit? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, yuk!

Kalau kamu sedang pusing cari hunian nyaman antiribet dengan fasilitas lengkap, coba ngekost di Rukita saja! Lokasi unit coliving Rukita sangat strategis di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Malang.

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477, atau kunjungi www.Rukita.co.

Follow juga akun Instagram Rukita di @Rukita_Indo dan Twitter di @Rukita_Id untuk berbagai info terkini serta promo menarik

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply