A

Agar Makin Awet, Ini 7 Tips Mudah Merawat Furnitur Kayu di Iklim Tropis

merawat furnitur kayu

Merawat furnitur kayu ternyata gampang banget!

Furnitur dari kayu menjadi salah satu perabot favorit dalam desain rumah modern. Saat ini banyak meja, kursi, lemari, hingga pajangan dinding terbuat dari kayu dengan desain menarik.

Hadir dalam warna dan tekstur natural membuat furnitur kayu cocok diaplikasikan dalam berbagai desain rumah. Mulai dari desain rumah klasik, minimalis, shabby chic, hingga kontemporer.

Selain memberikan kesan alami, nih, perabotan kayu juga menciptakan kesan hangat, bersahabat, dan tentunya estetik bagi desain rumah.

tips merawat furnitur kayu
Source: Kitchen Magic

Cara Merawat Furnitur Kayu agar Lebih Awet di Tempat Beriklim Tropis

Tidak seperti furnitur keramik atau kaca, furnitur kayu membutuhkan perawatan khusus. Apalagi di iklim tropis seperti Indonesia di mana musim penghujan dan kemarau bisa berlangsung sangat lama.

Nah, supaya perabotan kayu tahan lama dan terlihat cantik, yuk, simak 7 tips merawat furnitur kayu berikut!

1. Bersihkan dari kotoran

bersihkan dari kotoran
Source: Rooang.com

Salah satu cara mudah merawat furnitur kayu di iklim tropis adalah rajin membersihkan permukaannya dari kotoran dan debu yang menempel. Apalagi saat musim hujan, duh, pasti furnitur kayu akan lembap dan ditumbuhi jamur.

Kalau debu yang menumpuk nggak segera dibersihkan, tuh, biasanya furnitur kayu gampang lapuk dan rusak. Oleh karean itu, selalu bersihkan perabot dari debu, kotoran, dan jamur.

tips merawat furnitur kayu agar tidak berjamur
Source: Rumah Lia

Kamu bisa menggunakan lap kering dari bahan yang lembut agar permukaan furnitur tidak tergores. Kemoceng berbulu halus juga bisa untuk dipilih untuk membersihkan furnitur kayu.

Hindari menggunakan bahan-bahan keras dan kasar seperti lap berbulu serat atau berbahan silikon. Alasannya: dapat merusak permukaan kayu pada perabotan!

2. Jaga kelembapan udara

tips merawat furnitur kayu agar tidak lembap
Source: ud.CMTO

Salah satu tantangan bagi kamu pengoleksi furnitur kayu adalah sering bergantinya musim di Indonesia. Mulai dari musim kemarau yang supe panas hingga musim penghujanan yang sangat basah.

Saat musim hujan, nih, pastikan kelembapan udara dalam ruang berkisar 40-45 persen saja. Jika kelembapan udara kurang dari 40 persen maka bisa menimbulkan keretakan pada furnitur kayu.  Sebaliknya kalau kelembapan terlalu tinggi bisa membuat furnitur ‘membengkak’.

3. Letakan di tempat yang tepat

Source: laceainarie.com

Selain memastikan kelembapan udara, tuh, kamu juga harus meletakkan perabotan kayu di tempat yang tepat. Hindari menyimpan furnitur kayu di tempat yang mudah terkena air atau berudara lembap seperti di teras rumah. Hal ini bisa menurunkan kualitas funitur kayu, lho.

Nggak mau, kan, meja kayu kesayanganmu jadi cepat berjamur dan rusak hanya karena salah meletakkan perabot?

BACA JUGA: 6 Cara Mudah Mengecat Sendiri Pintu dan Kusen Jendela Kayu untuk Pemula

4. Jauhkan furnitur kayu dari matahari langsung

tips merawat furnitur kayu - hindari matahari langsung
Source: yourhomeic.com

Selain menghindari tempat yang mudah terkena air, furnitur kayu juga harus dijauhkan dari tempat terlalu panas, misalnya di dekat jendela. Sinar matahari dapat merusak perabotan kayu, tuh.

Sinar panas dari matahari membuat furnitur kayu mengering, menyusut, dan meninggalkan retakan. Oleh karena itu, jauhkan perabotan kayu dari jendela, kompor, dan sumber panas lainnya.

5. Gunakan pembersih kayu

 menggunakan pembersih khusus
Source: MyCoffeepot.Org

Perabotan kamu sudah telanjur terkena noda? Nggak usah khawatir! Noda pada perabotan kayu bisa hilang jika dibersihkan menggunakan pembersih khusus kayu.

Kalau nggak punya pembersih khusus kayu, bagaimana Kak?

Untuk mengganti pembersih khusus kayu, nih, kamu bisa menggunakan campuran air dan sabun pencuci piring. Gunakan spons dengan sisi yang lembut untuk mengelap seluruh permukaan furnitur.

menggunakan pembersih khusus kayu
Source: m-visible.com

Bersihkan seluruh permukaan perabotan kayu dan jangan biarkan terlalu lama basah.  Setelah itu lap sisa-sisa cairan hingga kering sempurna.

Agar maksimal, nih, kamu bisa membersihan furnitur kayu secara teratur setiap satu kali seminggu. Nggak harus menunggu sampai kotor untuk membersihkan furnitur kayu, kan?

6. Lapisi dengan pelindung

lapisi dengan vernis
Source: wikiHow

Selain membersihkannya secara teratur, jangan lupa untuk memberikan lapisan pelindung pada perabot kayu. Kamu bisa menggunakan pasta lilin atau vernis untuk melapisi permukaan furnitur kayu agar lebih tahan terhadap perubahan cuaca maupun jamur.

Cara melapisi furnitur kayu juga nggak sulit, kok. Hanya butuh pasta lilin atau vernis yang dioles tipis-tipis. Jika menggunakan vernis, maka tunggu hingga kering dan bersihkan menggunakan kain kering.

Kalau kamu memilih menggunakan pasta lilin, maka oleskan lapisan pasta lilin secara tipis pada perabot kayu. Tunggu hingga 5 menit kemudian sikat lembut. Diamkan selama 30-60 menit, llalu sikat ulang secara lembut. Voila! Furnitur kayu kamu akan kinclong dan tahan lama, deh.

7. Kenali jenis kayu

pahami jenis-jenis kayu
Source: Dekoruma

Setiap jenis kayu memiliki perawatan berbeda-beda. Pelajari jenis kayu dan cara merawatnya, dong, agar perabotmu awet. Kamu bisa mencarinya di internet atau bertanya kepada ahlinya.

Selain itu nggak semua jenis kayu mudah dirawat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Jadi pilihlah jenis kayu yang awet dan mudah perawatannya sebagai furnitur andalanmu, mulai dari jenis kayu oak, ulin, jati, merbau, atau damar laut.


Itulah beberapa cara merawat furnitur kayu di tempat beriklim tropis. Memiliki furnitur dari kayu memang membutuhkan kesabaran dalam merawatnya.

Kamu nggak bisa, tuh, asal membersihkan. Kalau salah membersihkan bisa-bisa furnitur kayu cepat rusak.

Jangan lupa di-share, ya, untuk teman-temanmu yang punya koleksi furnitur kayu juga. Nah, tips mana yang menjadi favoritmu?

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tak Cepat Rusak dan Lapuk

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply