P

Punya Banyak Sampah Plastik? Coba Buat 5 DIY Mudah Berbahan Botol Plastik dan Kantong Plastik Bekas

DIY Botol Plastik

Ketika plastik jadi barang cantik.

Sebagai anak kost ataupun rumahan yang tinggal sendiri, kamu pasti menyimpan banyak sekali sampah botol plastik dan kantong plastik. Biasanya kantong itu hanya disimpan untuk dipakai ulang, kan? Padahal kamu sebenarnya bisa mengubahnya menjadi kerajinan.

Ada banyak kerajinan DIY yang berbahan dasar sampah plastik. Beberapa memang sulit dibuat, sih. Namun seperti biasan Rukita paham kalau kamu sibuk, kan, jadi kami pilihkan yang mudah saja.

Cara Membuat Kerajinan dari Botol Plastik dan Kantong Plastik Bekas yang Cocok Bagi Pemula

Kumpulkan semua kantong plastik bekas dan botol plastik bekasmu. Mari sulap barang-barang ini jadi hal yang berguna!

1. DIY Pom Pom Light

Disadur dari: Matsuka Take Blog

lampu pom pom plasti
Source: matsukatakeblog.blogspot.com

Punya banyak kantong plastik putih dari toserba? Kamu bisa memanfaatkan kantong plastik bekas tersebut untuk menjadi hal yang indah seperti lampu pom-pom dari sampah ini.

Lampu pom-pom sangatlah Instagramable karena penampilannya seperti dekorasi di Pinterest. Padahal cara membuatnya gampang banget, kok, hanya butuh botol plastik dan kantong plastik bekas. Selain itu lampu ini antiair jadi cocok untuk outdoor!

Bahan:

  • 2 tutup dari gelas Starbucks plastik (atau tutup gelas plastik apa saja yang berbentuk kubah)
  • Potongan kantong plastik
  • Double tape

Cara membuat:

  1. Potong salah satu pinggiran dari tutup plastik, lalu satukan kedua tutup plastik itu sampai membentuk bola. Tutupi permukaan kubah dengan double tape.
  2. Potong kantong plastik bekas sebesar 4 x 4cm. Lipat plastik sampai membentuk kuncup, lalu pasang ke permukaan tutup plastik yang sudah ditempeli double tape.
  3. Masukkan lampu LED kuning ke dalam lubang. Nyalakan!

2. DIY Tempat Pensil

Disadur dari: Make It Love It

tempat pensil plastik
Source: Makeit-loveit.com

Beberapa dari kita mungkin kuliah dan sisanya bekerja yang tentunya masih memerlukan banyak peralatan tulis. Apa kamu masih memakai kotak pensil?  Kalau iya, kenapa nggak membuat kotak ATK sendiri dengan panjang yang pas dari botol bekas?

Bahan:

  • 2 botol air ukuran dan merek yang sama
  • 1 resleting (sepanjang lingkaran botol)
  • Lem panas
  • Gunting besar

Cara membuat:

  1. Gunting bagian atas botol pertama, sisakan badan botol sesuai panjang yang kamu inginkan. Pastikan bahwa panjang resleting sesuai dengan lingkaran botol. Potong bagian bawah botol kedua, kira-kira sekitar 3 cm dari bawah botol.
  2. Lem salah satu sisi resleting di bagian dalam botol yang panjang, resleting harus menghadap ke luar. Sisakan jarak 3mm dari botol ke pusat resleting agar berfungsi dengan lancar.
  3. Saat semua bagian botol sudah dikelilingi oleh resleting, pasang sisi resleting satunya dan rekatkan agar tidak bisa copot. Lalu, ambil bagian bawah botol dan lem resleting sisi yang kedua di bagian botol tersebut.

Bingung? Kamu bisa lihat video di bawah sini untuk penjelasan visualnya.

3. DIY Celengan Piggy

Disadur dari: Our Kid Thing

celengan botol plastik
Source: Ourkidsthing.com

Uang receh sering kali tersebar ke mana-mana. Coba kamu tabung saja kemudian ditukarkan ke bank setelah terkumpul lumayan banyak. Malas membeli celengan dan sedih kalau nantinya harus dipecah? Yuk, buat sendiri piggy bank dari plastik bekas.

Kamu betul-betul bisa membuat celengan berbentuk babi pink yang imut sesuai istilah piggy bank. Kalau nggak suka, nih, kamu bisa mengubahnya jadi binatang lain. Yang penting celengan ini terlihat imut dan bikin kamu rajin nabung!

Bahan:

  • 2 botol kosong yang agak pendek
  • 3-4 lembar kertas kado warna pink
  • 4 mata mainan
  • 1 kawat beludru pink
  • 8 manik-manik kayu warna pink

Cara membuat:

  1. Buat lubang sebesar 4 cm x 5mm ( hingga 1 cm) sebagai lubang celengan di satu sisi badan botol.
  2. Potong kertas kado seukuran botol sehingga seluruh permukaannya tertutup. Tempel kertas dan jangan lupa melubanginya sesuai lubang celengan di botol.
  3. Potong 4 kuping babi dari kertas kado, dan potong juga kertas pink untuk tutup botol. Pastikan bahwa lubang celengan berada di ‘punggung’ babi. Pasang kuping dan juga hidung pink, lalu pasang mata di antara tutup botol dan telinga.
  4. Balik botol dan pasang 4 manik-manik seperti kakinya. Potong kawat beludru pendek dan pelintir sampai terlihat seperti buntut.

Kini kamu bisa menabung di celengan babi plastikmu!

BACA JUGA: 10 Inspirasi Lampu Gantung Buatan Sendiri dari Barang Bekas

4. Keranjang dari Kantong Plastik

Disadur dari: 1 Million Women

Bahan yang kamu perlukan hanya kantong plastik besar, jarum, dan benang. Lebih baik lagi, sih, kamu menggunakan benang dari bahan poliester agar lebih kuat.

Sebenarnya cara membuatnya mudah. Kamu hanya perlu menggunting plastik selebar 4 cm, lalu mengepangnya dan membentuknya jadi lingkaran. Bagian bawah nanti harus kamu jahit agar rata.

Agar lebih mudah bagi kamu saat membuat kerajinan ini, coba sambil menonton video di atas, ya.

5. Lampion Mozaik dari Botol Plastik

Disadur dari: Mum in the Mad House

lampion mozaik dari botol plastik
Source: Muminthemadhouse.com

Jika ingin membuat lampu mozaik seperti di Maroko, tentunya dengan versi lebih murah, kamu bisa membuatnya menggunakan botol plastik. Hanya saja lampu ini tidak tahan air jadi hanya bisa diletakkan di dalam rumah, ya.

Gunakan lampu yang bisa dinyalakan dengan baterai saja. Lebih gampangnya, sih, pakai lilin palsu yang bertenaga baterai saja.

Bahan:

  • Botol plastik dan tutupnya
  • Spidol permanen
  • Cutter
  • Gunting
  • Kawat
  • Manik-manik kayu
  • Lampu bertenaga baterai
  • Obeng runcing

Cara membuat:

  1. Warnai badan botol dengan berbagai warna dari spidol permanen. Kamu boleh menggambar pola juga, tuh.
  2. Beri garis-garis pada tengah botol sekitar 5 x 1 cm atau 10 x 1 cm, kemudian sayat garis-garis itu lalu lanjutkan memotongnya menggunakan gunting.
  3. Buat lekukan dari sayatan yang sudah dipotong tadi. Tekan bagian atas dan bawah botol sampai ada lekukan yang muncul di bagian sayatan tadi. Tekuk bagian tengah masing-masing lekukan agar lekukannya permanen.
  4. Gunakan obeng runcing atau bor untuk membuat lubang di tutup botol. Pasang kawat yang dilengkungkan sebagai gantungannya.
  5. Kamu bisa menambahkan juntaian manik-manik kayu pada kawat sebagai hiasan.
  6. Masukkan lampu yang berbaterai tadi ke dalam botol, lalu nyalakan. Cahaya warna-warni akan ‘ke luar’ dari lentera botol ini.

Terlihat seperti lampu ala Marocco, kan?


Kini kamu bisa membuat barang-barang yang cantik dari sampah plastik bekasmu. Yap, tumpukan plastik bekas ini bisa diubah menjadi sesuatu yang berguna.

Selalu ingat untuk recycle, reuse dan reduce penggunaan plastikmu, ya!

BACA JUGA: 7 Ide DIY Pot Tanaman Gantung Mudah dari Barang-barang Bekas!

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply