7

7 Kuliner di Matraman yang Legendaris dan Bikin Nagih!

kuliner di matraman

Siap berwisata kuliner di Matraman?

Pusat kuliner di Jakarta, tuh, memang tersebar dari Utara hingga Selatan. Nah, salah satu tempat kuliner yang punya banyak restoran dengan makanan enak ada di Matraman, Jakarta Timur. Ada banyak pilihan tempat makan yang bisa kamu datangi, mulai dari makan di restoran legendaris hingga nongkrong di kafe bersejarah.

Selain banyaknya ragam kuliner yang disajikan, harga makanan di kawasan Jakarta Timur juga masih terjangkau. Pokoknya, nggak membuat kantong jebol, deh!

Kuliner di Matraman yang Wajib Kamu Coba, Ini Daftarnya!

Sebelum main-main ke daerah Matraman, jangan lupa simak rekomendasi kuliner yang bisa kamu datangi. Mau angkringan, bakmi, atau kedai kopi tersedia di sini. Simak daftar rekomendasi yang sudah Rukita siapkan untuk kamu, ya!

1. Angkringan Organik

Angkringan
Source: Qraved

Kangen makan lesehan di angkringan? Warung makan khas Yogyakarta pinggir jalan ini juga bisa kamu temukan di kota-kota lain. Nah, Angkringan Organik Matraman punya konsep yang sedikit berbeda, nih.

Berada di sebuah rumah yang luas, membuat warung nasi kucing ini lebih mirip kafe. Selain itu, makannya pun nggak lesehan, melainkan di meja atau gazebo. Pokoknya, benar-benar nyaman, deh.

kuliner matraman - angkringan organik
Source: Instagram.com/@bonifacirenanda

Sesuai namanya, nih, nasi yang digunakan di angkringan ini menggunakan nasi organik, tentu rasanya lebih sehat dan enak. Beragam pilihan lauk khas angkringan pun bisa kamu pilih di sini. Mulai dari sate ayam, sate usus, tempe bacem, sate telur, dan lain-lain. Uniknya lagi, ya, semua menu di Angkringan Organik dimasak tanpa MSG, lho!

Biar makin afdal, jangan lupa pesan minuman khas angkringan, ya. Wedang jahe atau wedang uwuh bisa jadi pilihan tepat, tuh. Buat kamu yang sedang rindu Jogja, dijamin terobati kalau makan di sini!

Harga: Rp30.000-50.000 per orang

Alamat: Angkringan Organik Jln. Utan Kayu Raya, Matraman, Jakarta Timur

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 10.00 – 20.00 WIB

2. Bakmi BBT (Bakmi Babah Toh)

kuliner matraman - bakmi babah tong
Source: Instagram/@anak.kuliner

Siapa di sini yang suka mencicipi mi ayam atau bakmi? Kalau kamu salah satunya, Bakmi BBT ini wajib banget kamu datangi. Bakmi lengendaris yang telah buka sejak 1970-an ini memang dikenal sebagai warung makan di Matraman spesialis mi ayam. Eits, selain mi ayam, es duren di sini juga wajib banget kamu cicipi. Dijamin nggak akan menyesal, deh.

Mungkin dari luar warung Bakmi BBT terlihat seperti tempat makan biasa saja, alias sederhana dan tidak terlalu luas. Namun, jangan takut kegerahan karena warung Bakmi BBT sudah terpasang AC, kok.

kuliner matraman - bakmi bbt
Source: Instagram.com/@vv_luv_eatntravel

Menu andalan yang bisa kamu pesan di sini antara lain mi ayam, pangsit goreng, mi goreng, dan nasi goreng. Tentunya nggak akan lengkap kalau tanpa minuman segar, dong. Kamu bisa pilih es jelly atau es duren.

Harga makanan di sini memang nggak semurah bakmi gerobak di pinggir jalan. Perlu mengeluarkan uang Rp35 ribu untuk mendapatkan seporsi mi bakso pangsit yang enak dan mengenyangkan. Terlalu mahal? Coba dulu rasanya. Nah, siap berburu bakmi lezat?

Harga: Rp30.000-50.000 per orang

Alamat: Bakmi Ayam BBT Jln. Matraman Raya No.131, Matraman, Jakarta Timur

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 06.30 – 18.00 WIB

3. Warung Sate Kambing Pak Bustaman Suyatno

kuliner matraman - Warung Sate Kambing Pak Bustaman Suyatno
Source: Instagram.com/@dhusca287

Satu lagi tempat makan legendaris di kawasan Matraman, Jakarta Timur. Warung Sate Kambing Pak Bustaman Suyatno telah berdiri sejak tahun 1992. Soal cita rasa, sih, nggak perlu diragukan lagi. Kalau nggak enak, tentu saja tidak akan punya banyak pelanggan tetap yang setia makan di sini.

Warung makan yang awalnya berada di bawah rel kereta antara Stasiun Manggarai dan Cikini ini, punya banyak menu andalan yang selalu saja terjual habis dalam sekejap. Sop sumsum kambing, sate kambing muda, dan sop tengkleng kambing bisa menjadi pilihan yang tepat jika ini adalah kali pertama kamu makan di Warung Sate Kambing Pak Bustaman Suyatno.

Warung Sate Kambing Pak Bustaman Suyatno
Source: myeatandtravelstory.wordpress.com

Kuah kaldu sop sumsum kambing yang gurih, terasa sangat lezat disantap selagi hangat. Daging kambing yang digunakan pun tidak bau dan tidak alot. Kamu bisa meracik bumbu sate dan soto sesuai selera kamu, lho. Hanya perlu sedikit racikan sambal, acar, merica bubuk, garam, dan kecap! Lebih suka rasa yang original? Nggak masalah, kok. Sate tanpa tambahan bumbu pun sudah enak!

Warung Sate Kambing Pak Bustaman Suyatno
Source: Travelingyuk.com

Kalau kamu berencana makan di tempat ini, lebih baik datang sebelum jam makan siang. Jika lewat jam makan siang, siap-siap kehabisan banyak menu, ya.

Harga: Rp30.000-50.000 per orang

Alamat: Warung Sate Kambing & Sop Sum Sum Pak Bustaman Jln. Slamet Riyadi, Matraman, Jakarta Timur

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 09.00-17.00 WIB

BACA JUGA: 10 Sate Khas Indonesia yang Superenak | Penggemar Kuliner Wajib Coba

4. Ajag Ijig Resto

Ajag Ijig
Source: Instagram.com/@ajagijig_resto

Rekomendasi kuliner di Matraman selanjutnya adalah Restoran Ajag Ijig. Tempat makan yang khusus menjual menu khas Betawi ini punya dua cabang. Nah, salah satunya bertempat di Matraman, Jakarta Timur. Ajag Ijig ini merupakan restoran milik aktris Carrisa Putri, lho!

Restoran dengan konsep industrial ini punya banyak spot Instagramable, nih. Penggunaan lantai yang bervariasi semakin menambah sisi keunikan dan kecantikan restoran. Ruangan yang luas dan adanya penyejuk ruangan, menambah kenyamanan saat makan siang atau sekadar ngobrol sambil makan camilan, tuh.

Menu yang ditawarkan juga khas Betawi banget. Mulai dari ketoprak, gado-gado, soto betawi, sampai laksa betawi. Nggak ingin makan yang terlalu mengenyangkan? Pilih saja roti maryam, risol, sambosa, kue talam, atau kue rangi. Biar makin lengkap, nih, jangan lupa pesan es cendol atau es timun cincau, ya!

Makan di tempat ini paling pas bareng teman-teman. Makin banyak, tentunya makin seru! Wajib dimasukkan ke dalam list kuliner saat weekend, ya!

Harga: Rp190.000 untuk 2 orang

Alamat: Ajag Ijig Jln. Matraman Raya No. 49, Matraman, Matraman, Jakarta Timur dan Jln. Ir. H. Juanda No. 14, Gambir, Jakarta Pusat

Jam operasional: Minggu-Jumat pukul 10.00-22.00 WIB, Sabtu pukul 10.00-23.00 WIB

5. Bakso Daging Sapi Bang Eric

Bakso bang eric
Source: Instagram.com/@abangcupi

Kalau cuaca lagi dingin gini, memang paling pas makan yang hangat-hangat. Nah, salah satu makanan favorit saat cuaca dingin adalah bakso. Di daerah Matraman ada bakso yang sangat terkenal enaknya. Bakso Daging Sapi Bang Eric jadi pilihan tepat buat kamu yang sedang ngidam makan bakso!

Terdapat beberapa jenis bakso yang bisa kamu pilih, seperti bakso urat, bakso telur, dan bakso halus. Hal yang membuat Bakso Bang Eric berbeda yaitu pada proses penyaringan bakso. Lemak yang biasanya menempel di daging akan dihilangkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi bakso. Jadi, kamu nggak akan lagi merasakan lemak yang tersisa di langit-langit mulut.

Es podeng dan bakso Bang Eric
Source: Instagram.com/@kristinatjong

Selain itu, penggunaan kuah bening semakin membuat bakso terasa segar, lezat, dan gurih. Kalau kamu suka dengan tetelan sapi pun, Bakso Bang Eric punya menunya, lho.

Biar makin nikmat, nih, jangan lupa juga untuk memesan es podeng yang manis dan segar, ya, Siap ngebakso di Matraman?

Harga: Rp60.000 untuk 2 orang

Alamat: Bakso Daging Sapi Bang Eric Jln. Kebon Manggis II, Matraman, Jakarta Timur

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB

BACA JUGA: 7 Kuliner Dekat Stasiun Bandung yang Wajib Kamu Coba

6. Kedai Tempo

kuliner matraman - Kedai tempo
Source: Instagram.com/@kedaitempo

Kedai Tempo bukanlah tempat nongkrong biasa seperti kafe pada umumnya. Selain kafe, tempat ini juga dijadikan galeri seni, lho. Jadi, nggak perlu heran kalau kamu akan menemukan banyak lukisan dan karya seni yang dipajang di tempat ini. Bahkan, di tempat ini sering diadakan acara-acara seru seperti bedah buku, diskusi, dan pertunjukan seni.

Kedai Tempo yang berada di Utan Kayu ini diketahui sebagai tempat bersejarah, lho. Dulunya, tempat ini dijadikan tempat berkumpul Komunitas Utan Kayu yang didirikan oleh pemimpin redaksi Tempo kala itu, Goenawan Mohamad. Tempat ini dijadikan ruangan untuk berkumpul dan bebas berekspresi setelah Majalah Tempo dilarang terbit pada tahun 1994 oleh Soeharto.

Kedai tempo
Source: Instagram.com/@kedaitempo/

Selain memiliki sejarah yang sangat unik, makanan di Kedai Tempo juga patut dicoba. Menu rekomendasi yang bisa kamu pesan antara lain ikan dori sambal matah, karedok, atau sirloin steak. Nggak hanya kenyang, tapi juga punya tambahan ilmu pengetahuan, deh!

Harga: Rp150.000 untuk 2 orang

Alamat: Kedai Tempo, Jln. Utan Kayu Raya No.68H, Matraman, Jakarta Timur

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB

7. Teman Kita Cafe & Resto

kuliner matraman - teman kita cafe
Source: Instagram.com/@temankita_caferesto

Butuh tempat nongkrong yang cozy dan punya banyak makanan enak? Salah satu rekomendasinya adalah Teman Kita Cafe & Resto. Kedai makanan yang berada di Matraman, Jakarta Timur ini menyajikan makanan main course, dessert, camilan, hingga kopi. Soal rasa, sih, bisa diadu dengan tempat yang lain.

Kafe berdesain minimalis dan youthful ini memiliki banyak meja dan kursi serta ruangan yang luas. Jadi, nggak perlu khawatir, tuh, kehabisan tempat untuk nongkrong bersama teman.

Teman kita cafe & resto
Source: Instagram.com/@temankita_caferesto

Teman Kita Cafe & Resto juga bisa djadikan tempat untuk bekerja dan menyelesaikan tugas kuliah, lho. Urusan WiFi dan soket listrik, sih, nggak perlu dikhawatirkan di sini. Banyak tersedia untuk kamu gunakan.

teman kita cafe & resto
Source: Instagram.com/@temankita_caferesto

Kalau lapar, kamu tinggal pesan nasi goreng, nasi ayam rica-rica, atau sapi lada hitam. Hanya ingin makan camilan saja? Tenang, di sini ada roti panggang es krim cokelat atau onion rings yang bisa kamu pesan. Jangan lupa coba aneka kopinya, ya!

Harga: Rp150.000 untuk 2 orang

Alamat: Teman Kita Cafe & Resto Jln. Kramat Asem No.06, Matraman, Jakarta Timur

Jam operasional: Senin-Kamis pukul 09.00-22.30 WIB, Jumat pukul 13.00-23.00, Sabtu-Minggu pukul 09.30-23.30


Nah, itulah dia beberapa jajanan kuliner di Matraman yang harus kamu cobain. Selain enak, harganya juga masih sangat terjangkau. Mau makan siang di tempat legendaris atau ke kafe yang cantik pun bisa. Ragam kuliner di Jakarta memang nggak ada habisnya, deh!

Kira-kira kamu mau coba yang mana dulu, nih? Kafe favorit kamu belum ada di daftar ini? Langsung tulis komentar kamu di bawah ya!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply