4

40 Kata Motivasi untuk Kamu yang Lelah Bekerja | Yuk, Semangat!

Merasa lelah bekerja? Kamu perlu motivasi untuk tingkatkan semangat kembali

Mencari uang demi membayar kebutuhan hidup memang bukan hal yang mudah. Konsistensi dan semangat juang yang tinggi harus dimiliki agar tujuan bisa tercapai dengan lancar. 

Wajar banget kalau kamu merasa lelah bekerja. Istirahat dulu, tenangkan badan dan pikiran biar energi terisi lagi. Pikir-pikir kembali kalau kamu ingin menyerah.

Tetaplah semangat, coba baca beberapa kata motivasi berikut ini agar semangat kamu bangkit lagi!

7 Cara Mengatasi Lelah Bekerja Agar Semangat Bangkit Lagi

source: pexels.com

Banyak banget rintangan yang menghadang orang yang sedang bekerja keras. Rasa capek, baik badan dan pikiran membuat kamu sering ingin menyerah saja. Hal ini sebenarnya wajar, kok. 

Lelah bekerja itu normal dialami oleh semua orang. Nah, biar semangat yang hilang kembali hadir lagi, coba ikuti tujuh tips berikut ini biar kamu kembali on fire!

1. Jauhkan dari berpikir negatif

mengatasi lelah bekerja
source: pexels.com

Ternyata, pikiran negatif itu bisa mempengaruhi keadaan fisik juga, kok. Kalau kamu sering mendengar hal-hal negatif, lambat laun fisik kamu pun ikutan lelah juga. 

Perasaan dendam dan iri pada rekan kantor sebaiknya harus dibasmi mulai dari sekarang. Kalau pikiran kamu sehat, raga pun jadi kuat. 

2. Perbanyak olahraga

olahraga
source: pexels.com

Olahraga sangat mempengaruhi stamina untuk bekerja. Kalau kamu mudah lelah saat bekerja padahal baru beberapa jam mengerjakan job, bisa jadi energi tubuhmu sedikit. 

Terlalu lama duduk menghadap komputer justru bikin kamu cepat lelah. Beranjak sebentar dari kursi kantor, berkelilinglah ke meja teman yang lain. 

Sisihkan waktu 30 hingga 1 jam saja sehari agar kamu punya waktu buat berolahraga. Nggak usah yang berat-berat, jogging mengitari taman pun juga oke, kok. 

3. Tambah lagi jam tidur kamu yang kurang

jam tidur
source: pexels.com

Jam tidur minimal untuk orang dewasa adalah 6 hingga 8 jam sehari. Kalau kamu kurang tidur, energi yang dipunyai pun hanya sedikit. 

Ini ibarat baterai yang terisi, tetapi dicabut sebelum waktunya. Tentu saja, masa nyala ponsel dengan baterai yang sedikit ini nggak akan maksimal. 

4. Healing dulu ke tempat wisata

liburan ke tempat wisata
source: pexels.com

Tenangkan diri, coba healing ke tempat wisata sebentar. Datangi lokasi wisata yang dingin seperti puncak atau danau. 

Berwisata bisa mengembalikan kembali energi yang hilang, agar kamu kembali bersemangat. Ada banyak pilihan tempat wisata yang murah, cocok untuk melepas penat, kok. 

5. Meditasi sebentar di tempat tenang

meditasi - mengatasi lelah bekerja
source: pexels.com

Kalau kamu merasa lelah bekerja, cobalah meditasi sebentar agar pikiranmu tenang. Ingat, sumber lelah nggak cuma berasal dari aktivitas fisik aja, kok. 

Pikiran yang kacau seringkali bikin badan terasa lelah. So, kamu perlu suasana yang tenang biar pikiran fresh kembali. 

6. Lakukan hobi yang menyenangkan

source: pexels.com

Kerja melulu memang bikin penat. Melakukan suatu hal dalam waktu yang berulang-ulang membuat kamu merasa lelah. 

Jalan terbaik untuk mengusir rasa lelah ini adalah dengan melakukan hobi yang menyenangkan. Luangkan waktu 1 hingga 2 jam dalam sehari buat melakukan hobi yang kamu suka. 

7. Ingat lagi motivasi yang pernah kamu miliki 

source: pexels.com

Agar semangat kembali pulih, ingat lagi alasan kenapa kamu bekerja. Motivasi awal kamu datang ke kota perantauan untuk mencari nafkah harus kamu ingat lagi, demi membangkitkan semangat yang sempat hilang. 

BACA JUGA: 50 Kata-kata Motivasi Hidup untuk Penyemangat Diri

40 Kata Motivasi Bagi Kamu yang Lelah Bekerja

kata motivasi lelah bekerja
source: pexels.com

Jangan salah, perkataan baik yang dibaca berulangkali bisa mensugesti otak dan perilaku kita. Begitu pula dengan kata motivasi yang bisa membangkitkan semangat dalam kehidupan. 

40 kata motivasi berikut ini pun bisa bantu kamu semakin semangat, mengurangi rasa lelah bekerja. Baca dan resapi maknanya, ya. 

1. “Kuat dan buat semangat baru, libatkan Tuhan dalam setiap langkah, semoga kamu selalu diberi petunjuk dalam melakukan kebenaran. Semoga cita-cita kamu dimudahkan oleh Tuhan”

2. “Istirahatlah sebentar, pemenang adalah orang yang tahu kapan harus memulai dan kapan harus berhenti”

3. “Hari berlalu dengan melelahkan. Lihat? Kamu lelah tetapi masih mau lanjut? Itu tandanya kamu bersemangat menjalani hari. 

4. “Siapa yang di waktu sore merasa lelah karena mencari nafkah, maka disaat itu diampuni dosanya”

5. “Habiskan kegagalanmu sebanyak-banyaknya di saat muda agar kamu berhasil di masa tua”

6. “Allah SWT menyayangi hambanya yang bekerja. Siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka ia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah”

7. “Tangis kamu hari ini adalah tawa kamu esok hari. Sabar, bahagiamu sedang dibentuk”

8. “Hidup adalah perjuangan. Berjuang hingga titik darah penghabisan, kesuksesan menanti kamu di depan”

9. “Kurangi memikirkan orang lain, fokuslah bekerja dan kerjakan apa yang seharusnya dikerjakan, hiraukan apa yang seharusnya dihiraukan. 

10. “Setidaknya, kamu adalah bagian masyarakat bumi yang masih mencoba. Kamu adalah orang terpilih yang punya kesempatan besar untuk maju”

11. “Ketika kamu merasa lelah bekerja, ingatlah bagaimana saudara beda negara yang tidak punya kesempatan untuk melakukannya. Mereka bertaruh hidup dan mati setiap hari, melawan ketidakadilan di Palestina”

12. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”

13. “Kalau hidup sekedar hidup, kera juga bisa hidup. Kalau kerja sekedar kerja, pemulung pun juga bisa kerja. Jalani pekerjaan dengan sepenuh hati”

14. “Bila kamu tidak suka dengan pekerjaannya, cintailah bos atau rekan kerja kamu. Carilah satu saja alasan kenapa kamu harus bertahan

15. “Hidup itu seimbang. Kebahagiaan dan kesedihan selalu datang berdampingan. Bersabarlah sebelum mencapai tujuan”

16. “Kamu pasti kuat dengan semua cobaan. Lihat, kamu sudah bertahan sejauh ini, kan?”

17. “Kamu hebat banget, sudah mampu bertahan hingga sejauh ini”

18. “Hidup bagaikan roda berputar. Kadang kamu bisa di bawah, kadang kamu pun akan di atas”

19. “Kalau tiba masanya kamu sukses nanti, ingatlah semua hal yang pernah kamu lalui saat ini”

20. “Dunia adalah gabungan cerita sedih dan bahagia. Kamu pasti bisa melalui semuanya dengan baik”

21. “Coba lihat cermin! Siapa sosok yang sangat kuat dan hebat di cermin itu? Iya, kamu!”

22. “Kamu berharga, lebih dari siapapun. Mimpi yang kamu miliki pun sangat bernilai besar”

23. “Semangat berjuang, berhentilah sebentar kalau lelah”

24. “Hidup adalah kumpulan puzzle berisi kebahagiaan, sedih dan perjuangan”

25. “Bersyukurlah karena nggak semua orang punya kesempatan buat bekerja keras”

26. “Mencari kebahagiaan atau membuat kebahagiaan? Bekerja untuk hidup atau hidup untuk bekerja? Pilih yang kamu inginkan”

27. “Merasa capek kerja dan ingin nikah aja? Ingat saldo tabungan kamu yang nggak seberapa itu”

28. “Harga skincare mahal, kok kamu udah nyerah gitu aja, sih?”

29. “Dari seluruh saudara kamu, semoga kamu lah yang ditakdirkan buat mengubah nasib keluarga”

30. “Cintai pekerjaanmu. Cobalah bergairah dalam mengerjakannya”

31. “2 dari 3 lulusan sarjana berpotensi menganggur. Kamu yang lagi kerja, perbanyak bersyukur”

32. “Nggak peduli apa yang kamu lakukan, yang penting itu kontribusi kamu di masyarakat”

33. “Rezeki yang halal dan perut yang kenyang adalah hal yang harus disyukuri. Jangan sia-siakan kesempatan ini”

34. “Ada Bapak dan Ibu yang menunggu kamu tersenyum saat pulang. Bersemangatlah”

35. “Bekerja adalah ibadah untuk menghapus dosa”

36. “Hidup itu 50% perjuangan, 50% doa”

37. “Tunda keinginan menyerah, kesuksesan tinggal beberapa langkah”

38. “Ingat kembali motivasi untuk bekerja. jangan tinggalkan motivasimu”

39. “Kerja, kerja, kerja!”

40. “Merangkaklah kalau nggak mampu berlari. Tetapi, jangan berhenti”


Lelah bekerja itu sebenarnya hal yang wajar. Pastikan kamu nggak mengambil keputusan singkat dengan menyerah pada kehidupan, ya. Selalu semangat, kamu pasti bisa, kok! Jangan lupa buat istirahat, hindari memforsir diri yang malah bikin badan nggak fit. 

Bagaimana dengan kamu? Punya kata motivasi lain yang bikin semangat bekerja datang kembali? Kasih tahu di kolom komentar, ya.

Lagi mencari kost idaman dengan fasilitas yang lengkap dan strategis dekat dengan perkantoran? Sekarang nggak usah khawatir, temukan hunian impianmu dengan mudah hanya di Rukita yang sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Mau tanya-tanya tentang kost Rukita? Bisa hubungi langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477 atau kunjungi www.rukita.co.

Agar mencari kost jauh lebih mudah, unduh aplikasi Rukita di Google Play Store atau App Store serta cek info promo menarik lainnya dengan cara follow akun Instagram Rukita di @rukita_indo dan Twitter @rukita_id

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply