1

11 Inspirasi Desain Kamar dengan Pola Garis-garis | Nggak Cuma Horizontal dan Vertikal, Lho!

kamar garis

Kamar garis-garis memberikan sentuhan magic!

Garis-garis merupakan pola yang cukup ajaib, ya. Pola ini sederhana, namun memikat dan tidak berlebihan seperti halnya beberapa pola lain. Sangat tepat terutama untuk digunakan di kamar tidur.

Kita mungkin selalu mau kamar terlihat seimbang melalui sesuatu yang menarik, tapi nggak berlebihan. Ada warna kontras dan di sisi lain kalem. Pola garis-garis punya semua ‘karakter’ yang kamu inginkan. Kamar dengan pola garis-garis nan elegan biasanya, sih, tidak pernah salah.

Cara aplikasinya juga tidak sulit, kok, bisa mengecat sendiri temboknya atau dengan memasang wallpaper. Biasanya banyak perabotan dan dekorasi yang tidak bertabrakan juga dengan motif ini. Yuk, Rukita bantu mencarikan inspirasi dengan pola garis-garis di dinding kamar!

Beberapa Ide Menyulap Dinding Kamar dengan Pola Garis-garis

Jika memilih motif yang tepat dan sinkron dengan perabotan kamar, tuh, dijamin kamarmu akan terlihat menarik dan tidak norak. Berikut inspirasi kamar garis-garis untukmu!

1. Kombinasi garis-garis yang mencolok

Source: cafeblog.hu

Garis-garis hitam putih merupakan salah satu kombinasi warna dan garis-garis paling klasik. Simpel, elegan, dan tak lekang oleh waktu adalah deskripsi yang tepat dari motif ini.

Kamu nggak akan pernah salah dengan kombinasi BW! Apa pun model dari perabotanmu, baik klasik maupun modern, semuanya tetap terlihat cocok dengan motif ini.

Lihat saja gambar di atas: kursinya modern dipadukan tempat tidur yang klasik tetap cocok, bukan?

2. Terinspirasi dari… Kapten Amerika?

Kombinasi merah, biru, dan putih akan memberikan semangat bagi siapa saja yang masuk dan tinggal di ruangan ini. Terutama bagi anak laki-laki yang suka superhero agar terasa kamarnya seperti kamar Kapten Amerika.

Agar tidak mengganggu tidur karena kombinasi warnanya sangat mencolok, kamu bisa gunakan motif ini sebagai penyeimbang saja.

Cat seluruh sisi dinding lain dengan warna putih atau krem. Biarkan warna biru, putih, dan merah ini hanya pada satu sisi tembok yang menempel ke kasur saja.

3. Pelengkap pola

Kalau kamu orang yang menyukai pola maka bisa mengombinasikan beberapa pola sekaligus di dalam ruangan. Berhubung kamar sudah sangat berwarna dan penuh dengan motif, sebaiknya jangan memenuhi satu dinding kamar dengan pola!

Kalau terlalu ramai, nih, kamar akan terlihat kacau dan sesak. Jadi, lebih baik cat tembok menggunakan warna putih, lalu pilih satu warna dari perabotan, tapi tidak dominan (seperti kuning pada gambar di atas).

Lalu buat garis-garis diagonal warna kuning di pojok atas. Garis-garis diagonal ini akan menunjukkan sentuhan yang menarik dan cantik pada kamar, tanpa berupaya keras.

4. Garis-garis lembut

Kamar dengan garis horizontal akan memberikan efek ruangan terlihat lebih luas. Jadi, kalau memiliki kamar sempit seperti di atas, lebih baik garis-garis yang kamu pakai berbentuk horizontal.

Pastikan bahwa ketebalan garismu sekitar 10-20 cm. Hal ini akan memberikan efek visual yang teraplikasi dengan maksimal.

Disarankan untuk memilih warna lembut agar energi atau mood di kamar bisa terus membuatmu merasa tenang. Tapi kalau kamu menyukai warna yang bold dan tidak terganggu, ya, silakan saja!

5. Garis vertikal

Berlawanan dari garis horizontal, ya, garis vertikal membuat langit-langit ruangan terlihat lebih tinggi. Jadi, kalau kamarmu rendah, buatlah pola garis vertikal.

Garis vertikal paling maksimal kalau garisnya tipis-tipis. Dengan garis tipis, maka nuansa kamarmu akan terlihat lebih ramping dan tinggi.

Kenapa tidak memakai warna-warna yang menarik saat memberi pola garis vertikal? Warna nuansa 90an seperti contoh di atas akan membuat kamarmu terlihat seru dan menarik. Walau ‘berani’ tetapi tidak membuatmu merasa tegang karena warnanya masih calming.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Ruangan All-White Terlihat Lebih Seksi | Selamat Tinggal Ruangan Putih Membosankan!

6. Bikin garis-garis keemasan yang glamor

Ingin kamarmu terlihat lebih glamor? Nggak usah menambah chandelier atau membeli hiasan mahal yang blink-blink. Bubuhkan saja pola berbentuk garis-garis dengan warna emas atau perak metalik.

Efek kilau ini akan membuat kamarmu terlihat lebih menarik secara instan. Biar nggak norak, jangan cat seluruh sisi kamar dengan warna ini. Beri sentuhan glamor hanya di belakang headboard saja yang merupakan pusat dari kamar.

7. Warna tone-on-tone

Source: pinterest.com

Tahu arti dari tone-on-tone? Kata-kata ini berarti beberapa warna yang masih senad, dan disandingkan atau dipasangkan satu sama lain. Warnanya bisa bergradasi maupun tidak.

Banyak pola garis-garis yang seringnya memakai warna kontras agar terlihat jelas. Padahal kamu bisa juga, kok, memakai warna yang bergradasi atau tone-on-tone dengan seluruh bagian kamarmu.

Garis-garis yang tone-on-tone ini akan memberikan sentuhan yang lembut dan menenangkan bagi kamar modern serbapink ini.

8. Spice up kamar yang membosankan

Source: pinterest.com

Coba perhatikan, deh, tanpa garis-garis kamar ini akan terlihat membosankan bukan? Tembok dan seluruh bagian di kamar ini terasa monoton dalam nuansa kecokelatan.

Dekorasinya juga terlihat seperti kamar hotel. Namun, uniknya walk-in closet di pojok ruangan ditutupi oleh wallpaper garis-garis tone-on-tone cokelat. Walau masih senada cokelat semua, ya, setidaknya ada sesuatu yang berbeda.

Kini kamu tahu, kan, kalau kamarmu terlalu monoton dan polos tinggal pasang wallpaper garis-garis di satu titik saja. Walaupun spot itu kecil, nih, efeknya bisa membuat ruangan yang membosankan jadi lebih menarik!

9. Kamar nautikal yang berbeda

Source: pinterest.com

Garis-garis adalah salah satu ciri dari gaya dekorasi nautikal. Kenapa tidak membuat tembok dengan akses garis-garis biru navy ala nautikal saja?

Namun, tembok berwarna navy dan putih terasa agak membosankan. Berhubung salah satu unsur dari desain nautikal adalah kayu, mari buat salah satu garisnya dari kayu saja.

Cat tembok di bagian headboard dengan warna biru navy. Lalu, pasang papan kayu secara horizontal seperti garis warna lain di dinding. Kini kamu mengusung tema nautikal dengan cara yang lebih menarik!

10. Bikin kamar seperti kabin

Source: pinterest.com

Mana, nih, garis-garisnya? Coba amati dengan teliti, deh, susunan panel kayu di belakang headboard terlihat seperti garis-garis, bukan?

Selain mengecat sendiri atau menggunakan wallpaper garis-garis, kamu bisa memasang panel-panel kayu berbentuk persegi panjang untuk mendapatkan kamar garis-garis ini. Warna dan tekstur dari kayu nggak mungkin benar-benar persis, jadi pasti akan kelihatan garis-garisnya.

Padukan garis-garis dari panel kayu ini dengan dekorasi yang berkesan alami seperti kayu, batu, dan tanaman. Dengan begini maka kamarmu akan terlihat seperti sebuah ruangan di kabin!

11. Jadi frame

Source: mdimuz.com

Coba buat sesuatu yang tidak terprediksi lagi! Kamu bisa membuat pola garis-garis horizontal di kanan dan kiri sisi tempat tidur. Namun batasi, jangan sampai ada garis-garis yang masuk ke area headboard.

Untuk area di atas headboard, nih, pilih cat satu warna dari pola garis-garis tadi. Kalau di contoh, sih, biru navy. Sekarang kamu bisa melihat, kan, garis-garisnya menjadi frame untuk pola kotak di tengah dinding?

Nah, kamu bisa meletakkan karya seni di tengah-tengah ‘bingkai’ tersebut, seperti lukisan dan poster. Atau menggantung karya seni lain yang berharga.


Memanfaatkan berbagai ide desain garis-garis di dinding tidaklah monoton itu-itu saja. Ternyata ada banyak ragam yang menarik dan berfungsi optimal. Coba ubah dinding polos kita jadi bergaris, yuk!

Kamu ingin desain garis-garis seperti apa sekarang? Yuk, tinggalkan komentar di kolom di bawah ini.

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply