K

Kuis: Jenis Pekerjaan Apa yang Sesuai dengan Kepribadian Kamu? Temukan Jawabannya di Sini!

Jenis pekerjaan sesuai kepribadian

Apakah kamu sedang merasa bimbang soal memilih pekerjaan? Merasa selama ini salah memilih bidang pekerjaan?

Tenang, ya, kamu nggak sendirian. Dalam hidup itu memang ada masa-masanya bimbang. Bahkan ada istilah trial and error. Mencoba berbagai jenis pekerjaan itu hal yang sah-sah saja, kok.

Jenis pekerjaan
Source: Glints

Ternyata, nih, jenis pekerjaan erat kaitannya dengan kepribadian seseorang. Berdasarkan teori John Holland, seperti yang dikutip dari situs Career Key, umumnya manusia dibedakan menjadi 6 tipe kepribadian yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Enterprising, dan Conventional.

Kira-kira kamu merasa jenis pekerjaan saat ini sudah sesuai dengan kepribadian belum? Temukan jawabannya dari kuis di bawah ini, yuk!

Kamu lebih memilih pekerjaan yang berkaitan dengan apa?

Jenis pekerjaan yang sesuai kepribadian
Source: Danial RiCaRoS on Unsplash

a. Sesuatu yang jelas dan konkret
b. Pekerjaan penuh dengan misteri membuatku tertantang
c. Segala yang bebas dan nggak monoton
d. Apa pun yang penting punya dampak sosial bagus
e. Tentunya pekerjaan yang bertemu dengan orang banyak, dong!
f. Angka-angka adalah kesukaanku

Jika berada dalam sebuah struktur kepanitian acara di kampus, kamu memilih posisi apa?

Jenis pekerjaan yang sesuai kepribadian
Source: HNK

a. Divisi logistik
b. Jadi konsultan saja, deh
c. Bagian kreatif, dong!
d. Aku ingin di bagian humas saja
e. Sudah pasti jadi ketua panitia
f. Sekretaris saja, deh

Kamu lebih cocok bekerja dengan apa/siapa?

jenis pekerjaan sesuai kepribadian
Source: The Argus

a. Saya lebih cocok bekerja dengan mesin atau hewan
b. Diri sendiri saja
c. Dengan diri sendiri dan orang yang kreatif
d. Membantu orang banyak membuat saya bahagia
e. Tentunya dengan orang banyak yang bisa saya ajak kerja sama
f. Angka dan data adalah dua hal favoritku!

Bagaimana kamu menggambarkan diri sendiri?

Jenis pekerjaan yang sesuai kepribadian
Source: Jef Menguin

a. Saya seorang pemberani dan punya jiwa petualang
b. Saya sering penasaran terhadap suatu hal yang masih jadi misteri
c. Saya bisa membedakan tingkatan warna
d. Saya jago public speaking
e. Saya selalu berhasil meyakinkan orang untuk melakukan sesuatu
f. Saya orang yang teliti dan disiplin

Manakah di bawah ini yang “kamu banget”?

Jenis pekerjaan yang sesuai kepribadian
Source: PIXIMUS

a. Saya bisa bekerja secara detail
b. Saya sering berkeinginan memecahkan suatu masalah
c. Saya suka kesenian
d. Saya bisa jadi pendengar yang baik
e. Saya penuh dengan semangat
f. Saya akan mengerjakan sesuatu jika instruksinya jelas.

Minuman apa yang kamu pilih untuk memulai hari?

Kopi
Source: Medical News Today

a. Americano dengan ekstra shot
b. Apa saja yang penting praktis
c. Latte dengan art di atasnya
d. Teh hangat
e. Jus buah yang segar
f. Cukup air putih

Kalau weekend, kamu lebih suka ngapain?

pergi ke art gallery
Source: The Bubble

a. Hiking ke gunung terdekat!
b. Nonton film misteri atau thriller saja
c. Tentu saja mampir ke art gallery
d. Ngobrol-ngobrol dengan teman
e. Bikin video kolaborasi dengan teman lain
f. Pergi ke mana saja yang penting tujuannya jelas

Nah, kalau sudah selesai menjawab kuis, coba hitung jawaban kamu dan cek hasilnya di bawah ini.

Kalau kamu banyak menjawab A, maka kamu ada Tipe Realistik

Tipe realistik biasanya adalah seorang yang memiliki keahlian bekerja dengan mesin, alat, atau binatang. Orang dengan tipe ini biasanya menghindari aktivitas sosial seperti mengajar atau penyuluh.

Biasanya, nih, kamu yang masuk dalam tipe realistik melihat diri sendiri sebagai sosok yang praktis, mekanis, dan realistis. Selain itu kamu juga lebih menyukai hal yang bersifat konkret daripada abstrak. Contoh pekerjaan untuk tipe realistik adalah engineer, ahli mesin, pilot, petugas polisi, dan pekerjaan sejenis lainnya.

Kalau kamu banyak menjawab B, maka kamu ada Tipe Investigatif

Dokter
Source: Healthline

Tipe investigatif digambarkan sebagai orang yang gemar mencari fakta dan pandai memecahkan masalah. Selain itu, kamu juga menyukai pekerjaan yang berkaitan dengan gagasan daripada fisik. Kamu yang termasuk dalam tipe ini biasanya menghindari pekerjaan bersifat memimpin, menjual, atau membujuk orang lain.

Tipe ini biasanya adalah seseorang yang presisi, scientific, dan intelektual. Contoh pekerjaan yang cocok untuk tipe investigasi antara lain ahli kimia, ahli biologi, peneliti, dokter, dosen ilmu alam, dll.

Kalau kamu banyak menjawab C, maka kamu ada Tipe Artistik

Penari
Source: English National Ballet

Sesuai dengan namnaya, tipe artistik suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, dan menulis. Biasanya, tipe ini menghindari aktivitas rutin, berulang, serta pekerjaan yang sifatnya sangat sesuai aturan.

Umumnya, sih, orang dengan tipe artistik adalah seseorang yang ekspresif, kritis, dan mandiri. Tipe pekerjaan yang sesuai antara lain desainer, penari, komposer, editor buku, graphic designer, ahli bahasa, dan pekerjaan sejenis lainnya.

Kalau kamu banyak menjawab D, maka kamu ada Tipe Sosial

Perawat
Source: Nurse.com

Tipe sosial diketahui suka menolong orang lain serta senang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dan pengembangan diri. Kamu lebih menyukai berkomunikasi dengan orang lain daripada bekerja dengan mesin atau data. Biasanya, nih, orang dengan tipe ini senang mengajak, memberi nasihat, membantu, atau melayani orang lain.

Jenis pekerjaan yang cocok bagi tipe sosial adalah guru, konselor, perawat, pekerja sosial, dan pekerjaan sejenis lainnya.

Kalau kamu banyak menjawab E, maka kamu ada Tipe Enterprising

pengacara
Source: Tribun Medan – Tribunnews.com

Tipe enterprising memiliki kepribadian yang suka memimpin, memengaruhi orang lain, serta membuat keputusan. Kamu berani mengambil risiko demi keuntungan. Biasanya, tipe ini akan menghindari pekerjaan yang membutuhkan observasi dan pemikiran analitis.

Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang energik, ambisius, dan bisa bersosialisasi. Contoh jenis pekerjaan sesuai dengan kepribadian ini antara lain sales, agen real estate, pengacara, hakim, atau manajer pemasaran.

Kalau kamu banyak menjawab F, maka kamu ada Tipe Konvensional

Teller bank
Source: Bloomberg

Tipe konventional biasanya suka bekerja dengan angka-angka, berkas-berkas, dan sesuatu yang serbateratur. Kamu yang termasuk dalam tipe ini biasanya menghindari aktivitas yang tidak terstruktur.

Biasanya tipe ini melihat dirinya sendiri sebagai pribadi yang teratur, teliti, dan taat peraturan. Contoh jenis pekerjaan yang sesuai dengan tipe konventional adalah sekretaris, tata usaha, juru tulis, akuntan, dan teller bank.


Itulah dia jenis pekerjaan yang sesuai kepribadian kamu. Benar nggak, tuh? Mau benar atau tidak, diambil sisi positifnya saja, ya. Mungkin hal di atas bisa jadi rujukanmu untuk mencari pekerjaan.

Kamu merasa jawaban kuis di atas tidak menggambarkan kepribadianmu? Jenis pekerjaan yang kamu banget, tuh, seperti apa? Tulis di kolom komentar di bawah ya!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply