8

8 Buku yang Paling Ditunggu Kehadirannya di Awal Tahun 2020 | Mulai dari Nonfiksi hingga Fiksi, Semua Ada!

Rekomendasi buku rilis tahun 2020

Siapa yang punya resolusi Tahun Baru mau membaca buku lebih banyak dari tahun 2019? Tentu kamu butuh rekomendasi buku menarik yang akan terbit awal tahun 2020 ini.

Jikalau kamu penyuka fiksi, maka akan ada banyak sekali buku seru untuk mengisi waktu sepanjang tahun.

Ada pula buku yang berhubungan dengan sejarah, pengetahuan baru, dan pengalaman untuk menambah wawasan. Cek saja, yuk, beberapa buku di bawah ini.

Beberapa Rekomendasi Buku yang Terbit Januari – Maret 2020

Kini ada banyak sekali buku nonfiksi berkualitas yang membuatmu selalu belajar hal baru.

1. Long Bright River – Liz Moore (Januari 2020)

Rekomendasi buku 2020 - Long Bright RIver
Source: goodreads.com

Rekomendasi buku bergenre misteri ini kita diajak mengenal 2 saudara yang memiliki kehidupan bertolak belakang. Kacey merupakan pecandu opium, sedangkan Mickey seorang polwan. Meski tinggal di perumahan yang sama namun mereka tidak pernah berbicara satu sama lain.

Suatu hari Kacey menghilang dan muncullah rangkaian pembunuhan di lingkungan mereka. Mickey pun mencari saudarinya dan berusaha memecahkan kasus pembunuhan tersebut.

Buku yang rilis pada bulan Januari 2020 ini akan menceritakan kisah menyentuh hati tentang kedua bersaudara ini dan dahsyatnya pengaruh candu narkoba. Apakah Kacey bisa ditemukan? Misteri akan terpecahkan kalau kamu membacanya sendiri.

2. Hitting a Straight Lick with a Crooked Stick: Stories from the Harlem Renaissance – Zora Neale Hurston (Januari 2020)

Rekomendasi buku 2020 - Hitting a Straight Lick with a Crooked Stick
Source: harpercolins.com

Buku ini merupakan kumpulan cerita dari Zora Neale Hurston, seorang penulis kulit hitam Amerika di tahun 1925-an. Beliau merupakan salah satu penulis yang berpengaruh besar bagi perkembangan literatur kulit hitam.

Pada saat dia berjuang menjadi satu-satunya mahasiswa kulit hitam di Barnard, Zora menulis berbagai karya pendek yang menceritakan kehidupan warga Afrika-Amerika. Tulisan-tulisan ini terkumpul menjadi karya yang dinamai Harlem Renaissance.

Zora pun bercerita soal kisah cinta, migrasi, gender, kelas sosial, rasisme, dan seksisme dalam rakyat Afrika-Amerika melalui buku ini. Ada yang ditulis dengan penuh humor maupun secara serius. Kamu akan mempelajari apa sebenarnya struggle dari kaum minoritas di buku ini.

3. Uncanny Valley – Anna Wiener (Januari 2020)

Rekomendasi buku 2020 - Uncanny Valley
Source: goodreads.com

Rekomendasi buku non-fiksi pertama ini menceritakan perjalanan Anna di Sillicon Valley. Anna memasuki budaya kerja baru di perusahaan start-up dan menanti tawaran masa depan yang indah di industri ini. Biografi ini menunjukkan dunia start-up  yang berani, ceroboh, dan ambisius dari sudut pandang pelakunya sendiri.

Cerita berlatar belakang mengenai industri pengolahan data dalam melakukan pengawasan data yang tidak teregulasi dan memiliki kekuatan politis. Anna pun memetakan bagaimana industri teknologi yang awalnya merupakan penyelamat kemudian berubah jadi membahayakan demokrasi negara.

Buku ini memberi peringatan tentang konsekuensi industri baru yang kekuatannya baru disadari oleh pendirinya. Apa yang akan terjadi pada dunia kita dalam era big data dan Sillicon Valley? Jawabannya ada di buku ini, deh.

4. The Splendid and the Vile: A Saga of Churchill, Family, and Defiance During the Blitz – Erik Larson (Februari 2020)

Rekomendasi buku 2020 - The Splendid and the Vile
Source: amazon.com

Buku nonfiksi karya penulis New York Times ini mengisahkan tentang usaha Winston Churchill saat baru menjabat sebagai Perdana Menteri untuk menyelamatkan negaranya dari invasi Hitler.

Kita akan keluar dari zona politik modern memuakkan untuk melihat pemimpin yang menyatukan sebuah negara dan keluarganya di dalam krisis. Churchill juga mengajarkan keberanian dalam bertindak. Buku ini pasti menantang sekali bagi pecninta sejarah Perang Dunia II.

Kita pun diajak mengenal latar belakang kehidupan Churchill dengan segala drama di rumahnya. Hari-hari tersulit yang dialami Churchill dan keluarganya terkumpul melalui buku harian, dokumen, dan laporan mata-mata. Menarik!

5. The Girl with the Louding Voice – Abi Dare (Februari 2020)

Rekomendasi buku 2020 - the girl with the louding voice
Source: amazon.com

Novel debut karya Abi Dare ini menceritakan tentang jeritan perjuangan dari kaum tertindas untuk meraih masa depan. Adunni adalah seorang remaja Nigeria berusia 14 tahun yang hanya ingin sekolah. Namun ayahnya malah menjualnya untuk dinikahkan sebagai istri ketiga seorang lelaki.

Adunni pun kabur ke kota dan menjadi pelayan orang kaya. Dalam situasi tertindas, dia masih berusaha melawan dan mencoba bersuara. Dia tidak hanya berjuang untuk dirinya sendiri, tetapi untuk semua perempuan yang bernasib sama.

Dalam buku ini kamu akan belajar tentang tatanan sosial Nigeria, seksisme, ketidaksetaraan gender, dan pernikahan di sana. Saking larut dalam kisah Adunni, nih, kamu bakal tertawa serta menangis saat membacanya. Apakah dia akan bersekolah nantinya? Silakan baca hingga tuntas!

6. My Dark Vanessa – Kate Elizabeth Russell (Maret 2020)

Rekomendasi buku 2020 - My Dark Vanessa
Source: amazon.com

Novel fiksi ini menceritakan sebuah dinamika psikologis antara hubungan seorang gadis remaja dengan gurunya yang karismatik namun manipulatif. Pada tahun 2000 Vanessa yang baru berusia 15 tahun dan cerdas berhubungan dengan Jacob, guru Bahasa Inggris yang berusia 42 tahun.

Pada tahun 2017 kemudian Jacob dituduh melakukan pelecehan seksual oleh mantan siswinya. Perempuan itu pun meminta tolong kepada Vanessa. Namun, Vanessa bimbang apakah akan diam saja atau tidak. Pasalnya dia merasa hubungannya dengan Jacob konsensual.

Apakah Jacob sebenarnya tidak seperti yang dia kenal? Dalam flashback Vanessa jadi lebih memahami kondisi yang dialaminya dulu bagaimana dia merasa dipuja oleh Jacob. Dia juga merasa tubuhnya memiliki kekuatan lain untuk pertama kalinya. Bikin penasaran, kan?

7. The Herd – Andrea Bartz (Maret 2020)

Rekomendasi buku 2020 - The Herd
Source: penguinrandomhouse.com

Novel ini berkisah tentang co-working space khusus wanita yang diberi nama The Herd di New York. Banyak warga New York mendaftar keanggotaan di sini, salah satunya Katie yang bisa masuk karena bantuan kakaknya, Hana.

Hana merupakan sahabat dari Eleanor, pendiri The Heard. Eleanor merupakan sosok yang karismatik. Eleanor dan Katie sedang merencanakan perubahan bisnis The Herd. Tiba-tiba pada malam konferensi pers Eleanor menghilang tanpa jejak.

Hana berusaha mencari tahu apa yang disembunyikan sahabatnya, sementara Katie berusaha mencari rahasia Eleanor untuk dijadikan buku. Keduanya menemukan rahasia yang bisa merusak hubungan, karier, dan hidup mereka. Apa, sih, yang Eleanor sembunyikan?

8. You Are Not Alone – Greer Hendricks dan Sarah Pekkanen (Maret 2020)

Rekomendasi buku 2020 - You are not alone
Source: goodreads.com

Kisahnya berpusat pada Shay, seorang wanita pengangguran dan tunawisma, yang melihat seorang perempuan bunuh diri di lintasan kereta. Dia pun tersadarkan karena tidak meninggal bunuh diri gara-gara putus asa.

Shay lalu bertemu dengan dua bersaudara yaitu Cassandra dan Jane yang glamor, sukses, dan memiliki banyak sahabat dekat. Kedua wanita ini membantu Shay untuk kembali menata hidupnya lagi.

Ketika hubungan mereka makin dekat, Shay menyadari kalau kedua saudara itu menariknya dalam sebuah rahasia besar yang bisa berakibat fatal bagi hidupnya. Apa yang kedua saudara itu pernah lakukan?

Harap bersabar, ya, karena buku ini baru terbit bulan Maret 2020 mendatang.


Waduh, banyak banget buku seru yang nggak sabar untuk dibeli! Kamu tinggal sesuaikan pilihan genre dengan minatmu saja, tuh.

Buku mana yang ingin segera kamu baca?

BACA JUGA: 10 Film Paling Ditunggu di Bulan Desember 2019 | Ada 2 Film Legendaris yang Akan Berakhir!

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply