7

7 Makanan Olahan Susu yang Praktis untuk Anak Kost | Asyik untuk Camilan Manis!

resep olahan susu

Yakin nggak suka susu? Coba dulu resep olahan susu ini!

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu merupakan sumber vitamin, mineral, dan kalsium yang tinggi. Nggak heran kalau susu menjadi salah satu syarat kesempurnaan makanan bergizi.

Nggak hanya diminum, ya, susu juga bisa kita olah menjadi berbagai sajian lezat. Untuk kamu yang nggak suka susu, pasti resep olahan susu ini akan membuatmu berubah pikiran!

Resep Berbahan Dasar Susu ala Anak Kost

Nah, bagi kamu yang  suka ngemil makanan manis, Rukita punya 7 resep olahan susu yang praktis dan lezat, nih.

Cocok banget, deh, untuk anak kost karena resep dan cara membuatnya antiribet. Yuk, intip dan meluncur ke dapur!

1. Susu goreng

resep susu goreng
Source: cookpad.com

Saat pertama kali mendengar namanya pasti yang ada di pikiranmu “Lho, memangnya susu bisa digoreng?”. Bisa, dong! Bahkan camilan satu ini sempat booming beberapa waktu lalu.

Cara membuatnya pun mudah dan hanya butuh 4 bahan. Yuk, coba!

Bahan

  • 1 butir telur
  • 250 ml susu putih cair
  • 3 sdm gula pasir
  • 50 g tepung maizena

Cara membuat:

  1. Kocok telur, susu cair, maizena, dan gula sampai tercampur rata.
  2. Masukkan adonan ke dalam panci dengan nyala api kompor sedang, lalu aduk hingga kental.
  3. Setelah adonan kental, matikan api kompor.
  4. Sisihkan adonan dalam wadah dan diamkan hingga mengeras.
  5. Potong adonan yang sudah mengeras jadi kotak-kotak kecil.
  6. Gulingkan potongan adonan dalam tepung tapioka.
  7. Goreng di dalam minyak panas.
  8. Angkat, tiriskan, dan sajikan susu goreng.

2. Mac ‘n cheese

resep mac n cheese
Source: inspiredtaste.net

Bagi pencinta keju, nih, kamu wajib coba resep olahan susu yang satu ini! Cara membuat hidangan ala barat ini ternyata simple banget, lho. Dijamin bakal ketagihan bikin terus, deh, di kost!

Bahan

  • 1 kotak susu putih cair 250 ml
  • 1 bungkus macaroni elbow 150 gram
  • Mentega secukupnya
  • Keju cheddar secukupnya (diparut)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • Garam sesuai selera
  • Merica sesuai selaera
  • Tepung terigu (bisa ditambah jika kurang kental)

Cara membuat:

  1. Rebus macaroni, tambahkan minyak goreng dan sejumput garam, tunggu 10 menit.
  2. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan macaroni.
  3. Tumis bawang putih menggunakan mentega hingga harum.
  4. Masukkan susu putih dan aduk rata.
  5. Masukkan parutan keju sesuai selera, lalu aduk hingga mendidih dan mengental.
  6. Bisa tambahkan sedikit tepung terigu jika kurang kental.
  7. Masukkan macaroni ke dalam saus keju susu, lalu aduk kembali.
  8. Tambahkan garam dan lada sesuai selera.
  9. Mac ‘n cheese siap disajikan.

3. Mi instan carbonara

resep mi instan carbonara
Source: cookpad.com

Nah, kalau resep olahan susu yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi. Daripada bosan makan mi instan yang begitu-begitu saja, kamu boleh mengkreasikan menjadi mi instan carbonara. Caranya supergampang!

Bahan

  • 100 ml susu UHT full cream
  • 1 bungkus mi instan
  • 2 siung bawang merah (cincang)
  • 2 siung bawang putih (cincang)
  • Sawi sesuai selera
  • Keju sesuai selera (parut)
  • Bakso atau sosis sesuai selera
  • Marica dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak mi instan setengah matang lalu tiriskan.
  2. Campurkan susu, parutan keju, irisan bawang, parutan keju, bumbu mi, dan minyak mi, lalu masak dengan api kecil sambil diaduk rata.
  3. Masukkan mi, bakso atau sosis, dan sawi, lalu masak hingga mengental.
  4. Taburkan merica dan garam sesuai selera.
  5. Mi carbonara siap disajikan.

BACA JUGA: 10 Kreasi Resep Olahan Buah yang Praktis | Cocok untuk Camilan Sehat!

4. Dorayaki

resep makanan dari susu - dorayaki
Source: hungryface.net

Camilan favorit Doraemon ini ternyata bisa kita buat dengan praktis, lho! Bahan-bahannya pun mudah dicari. Cocok banget, nih, untuk jadi camilan sore di kost.

Bahan

  • 20 g susu bubuk
  • 50 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 30 g gula
  • 110 g tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt madu

Cara membuatnya:

  1. Campurkan telur, gula, dan madu, lalu aduk merata.
  2. Masukkan tepung, baking powder, susu bubuk, dan susu cair, lalu aduk merata.
  3. Tunggu adonan selama 15 menit.
  4. Siapkan wajan antilengket hingga cukup panas (boleh oleskan mentega agar tidak lengket).
  5. Tuangkan adonan menggunakan sendok bulat di wajan antilengket.
  6. Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung di permukaannya, lalu balik adonan dorayaki dan masak hingga kecokelatan.
  7. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Tambahkan topping sesuai selera, dorayaki siap dihidangkan.

5. Bola-bola susu

resep makanan dari susu - bola-bola susu
Source: womantalk.com

Dari tampilannya saja sudah tampak menarik, ya? Kamu juga bisa, lho, membuat makanan olahan susu ini dengan bahan seadanya di dapur kost. Sstt.. bikin yang banyak biar nggak nyesel!

Bahan

  • 50 g susu bubuk
  • 3 sachet kental manis
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 150 g tepung sagu
  • 3 sdm air panas
  • Gula halus sesuai selera
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:

  1. Sangrai tepung sagu dan vanili dengan api kecil, lalu sisihkan.
  2. Campurkan tepung sagu yang sudah disangrai dan susu bubuk dalam wadah.
  3. Masukkan kental manis dan air panas, lalu aduk merata hingga kalis.
  4. Bagi adonan menjadi tiga dan beri warna sesuai selera.
  5. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil.
  6. Gulingkan di atas gula halus atau tambahkan topping lain sesuai selera.
  7. Bola-bola susu siap disajikan.

6. Pancake

resep makanan olahan susu - pancake
Source: myrecipes.com

Pancake merupakan salah satu makanan olahan susu yang paling populer, nih. Nggak hanya untuk sarapan, kamu bisa membuat pancake untuk camilan atau menjamu teman-teman. Ditambah topping semakin mantap, deh!

Bahan

  • 350 ml susu cair
  • 3 sdm margarin
  • 300 g tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 150 g gula
  • 1 sdt soda kue
  • Keju parut sesuai selera

Cara membuat:

  1. Campurkan telur, susu, gula, dan tepung terigu, lalu aduk sampai rata.
  2. Lelehkan margarin, lalu campurkan pada adonan.
  3. Masukkan soda kue dan aduk hingga rata.
  4. Oleskan margarin di wajan antilengket, lalu tuang adonan secukupnya berbentuk lingkaran.
  5. Masak dengan api kecil dan tutup.
  6. Tunggu hingga adonan tampak berlubang-lubang dan matang.
  7. Taburkan keju atau topping lainnya sesuai selera.

7. Roti tawar setup

resep setup roti susu
Source: cookpad.com

Suka makan dessert? Resep olahan susu ini harus kamu coba! Roti tawar setup akan jadi hidangan penutup yang menggiurkan, apalagi kalau disajikan dalam kondisi dingin.

Sstt.. kalau kamu tertarik, makanan olahan susu ini bisa jadi ide jualan, lho! Bahannya sederhana dan resep yang mudah dijamin cukup menguntungkan, deh.

Bahan

  • 5-6 lembar roti tawar
  • 200 ml air
  • 500 ml susu
  • 1 sachet kental manis
  • 65 ml santan
  • 4 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2,5 sdm maizena (dilarutkan)
  • Keju sesuai selera

Cara membuat:

  1. Potong-potong roti tawar jadi dua bagian.
  2. Campurkan semua bahan dengar rata, lalu masak hingga mendidih dan mengental.
  3. Siapkan wadah, masukkan roti tawar sebagai dasar lalu lapisi dengan adonan dan tutup kembali dengan roti lainnya. Lakukan seterusnya hingga roti dan adonan habis.
  4. Taburkan parutan keju sesuai selera.
  5. Dinginkan di dalam kulkas dan setup siap dinikmati.

Tujuh resep olahan susu di atas menarik banget, kan, untuk dicoba? Nggak hanya untuk dinikmati sendiri, siapa tahu kamu bisa berjualan kecil-kecilan dari resep ini, lho!

Kalau kamu ingin mencoba berkreasi dengan resep-resep diatas, kamu bisa banget tinggal di Rukita, lho. Soalnya, semua unit Rukita dilengkapi dengan dapur yang bakalan mendukung kreativitas kamu di dapur.

Penasaran dengan lokasi Rukita? Cek aja di bawah ini, ya.

Atau ketik ini di browser: bit.ly/rukita-olahansusu

Jangan lupa kunjungi www.Rukita.co atau langsung hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477. Follow juga akun Instagram Rukita di @Rukita_Indo dan Twitter di @Rukita_Id untuk berbagai info serta promo menarik!

Resep mana, nih, yang ingin kamu coba duluan?

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply