M

Makan Durian Lebih Asyik dengan 8 Resep Olahan Durian Ini!

Pencinta durian wajib coba resep olahan durian ini!

Durian merupakan salah satu buah unik yang memiliki aroma khas. Aromanya yang menyengat pun memberi kesan berbeda pada setiap orang, ada yang suka, beberapa tidak.

Namun, soal rasa, durian memang juara! Buah tropis dari Asia Tenggara ini memiliki daging yang lembut, manis, dan bikin nagih.

resep olahan durian
Source: unsplash.com

Tak hanya itu, lho, durian juga memiliki segudang manfaat! Di antaranya untuk mengurangi anemia, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan tulang, hingga meringankan depresi.

Buah dengan kulit keras yang menyerupai duri ini membuatnya tampak eksotik dan unik. Nggak heran kalau durian juga populer dengan julukan “King of fruit” alias “Raja dari segala buah”.

Aneka Resep Olahan Durian yang Mudah Dibuat

resep olahan durian
Source; pergikuliner.com

Nggak hanya dimakan biasa, ya, daging durian pun bisa diolah menjadi makanan bahkan minuman yang lezat. Saat musim durian kamu pasti bisa bikin sendiri, lho, di rumah!

1. Pancake durian

resep olahan durian - pancake durian
Source: medium.com

Kalau ke Medan, sih, salah satu kudapan khas yang nggak boleh ketinggalan adalah pancake durian. Teksturnya yang lembut, legit, serta tampilannya yang berwarna-warni membuat hidangan ini sangat istimewa.

Apalagi kalau disantap dalam keadaan dingin, enak banget! Nah, kita juga bisa, lho, membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak resepnya di sini.

Bahan kulit pancake

  • 100 g tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 120 ml susu air
  • 1 sdm margarin (dicairkan)
  • 1 sdm gula halus
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • Vanila extract (optional)

Bahan isian pancake

  • Daging buah durian
  • Whipped cream
  • 1-2 sdm kental manis

Cara membuat pancake durian:

  1. Campur semua bahan untuk kulit pancake, aduk hingga merata dan tak ada gumpalan.
  2. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuang di atas wajan antlengket atau Teflon.
  3. Ulangi hingga adonan habis.
  4. Untuk isiannya, campurkan durian dan kental manis.
  5. Isi kulit pancake dengan isian durian dan whipped cream.
  6. Lipat kulit pancake, dinginkan di kulkas.
  7. Pancake durian siap disajikan.

2. Es krim durian

resep olahan durian - es krim durian
Source: duniamasak.com

Cuaca panas butuh yang segar-segar? Makan durian dingin bisa jadi pilihan. Tapi, es krim durian rasanya bakal lebih mantap! Sstt.. Dimakan roti tawar semakin nikmat, lho!

Bahan

  • 1 liter santan kelapa
  • 1 buah durian ukuran sedang
  • 50 g gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan 5 sdm air)
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat es krim durian:

  1. Campur santan dengan gula pasir dan garam lalu masak.
  2. Aduk terus selama dimasak agar santan tak pecah.
  3. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga rata.
  4. Masukkan daging buah durian, aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Angkat, dinginkan adonan di freezer 1-1,5 jam.
  6. Keluarkan adonan es krim dari freezer lalu aduk menggunakan mixer dan masukkan kembali ke freezer.
  7. Ulangi proses hingga 3 kali.
  8. Jika suda diulangi, bekukan adonan di freezer semalaman.
  9. Es krim durian yang lembut siap disajikan.

3. Sop durian

resep olahan durian - sop durian
Source: openprice.com

Eits, jangan kira ini adalah sup biasa yang gurih dan hangat, lho! Sup durian merupakan dessert atau kudapan yang disajikan dingin.

Rasanya yang manis dan segar pas banget untuk disantap saat cuaca panas. Simak resep praktisnya di bawah ini, yuk!

Bahan

  • Daging buah durian
  • Air es dan es batu secukupnya
  • 2 sdm kental manis
  • Permen cokelat dan keju untuk topping
  • Bisa pakai potongan roti atau lainnya untuk topping

Cara membuat sop durian:

  1. Campurkan kental manis dengan air dingin secukupnya di mangkuk, aduk merata.
  2. Masukkan durian dan es batu.
  3. Tambahkan topping keju parut dan permen cokelat.
  4. Tuang kental manis di atasnya.
  5. Sop durian siap disajikan.

4. Ketan durian

resep olahan durian - ketan durian
Source: youtube.com

Sekilas hidangan ini tampak sederhana. Soal rasanya jangan ditanya, deh, pencinta durian bakal doyan banget. Tekstur ketan yang legit dan lembut serta kuah durian yang manis merupakan kombinasi sempurna. Yuk, bikin di rumah!

Bahan

  • 100 g daging buah druian
  • 100 ml susu cail vanila
  • 150 ml santan air
  • 50 g gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam

Cara membuat ketan durian:

  1. Siapkan ketan dan kukus hingga tanak
  2. Blender daging durian dengan santan
  3. Rebus durian yang sudah diblender dengan api kecil bersama susu cair dan garam
  4. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air
  5. Rebus hingga meletup-letup
  6. Sajikan fla durian di atas ketan

5. Risol durian

risol durian
Source: makanapahariini.com

Siapa bilang risol hanya berisi sayuran? Risol berisi durian rasanya juga nggak kalah mantap! Kombinasi kulit risol yang renyah dan durian yang meleleh di dalam benar-benar bikin nagih. Nggak percaya? Yuk, bikin!

Bahan kulit risol:

  • 150 g tepung terigu
  • 250 g tepung roti
  • 250 ml air
  • 1 sdm susu bubuk vanila
  • 2 butir telur (dikocok)
  • 1 sdm margarin

Bahan isian durian

  • 100 g daging buah durian
  • 100 susu cair
  • 150 ml santan cair
  • 50 g gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam

Cara membuat risol durian:

  1. Campurkan semua bahan untuk kulit risol.
  2. Aduk hingga rata dan tidak menggumpal.
  3. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuang di wajan antilengket atau Teflon untuk membuat kulit risol.
  4. Ulangi hingga adonan habis.
  5. Untuk vla isian durian, blender daging durian bersama santan.
  6. Campur dengan susu cair dan garam secukupnya.
  7. Rebus dengan api kecil lalu masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan.
  8. Rebus hingga meletup-letup dan mengental.
  9. Ambil vla durian dengan sendok dan taruh di atas kulit risol.
  10. Lipat kulit risol lalu lapisi dengan telur kocok.
  11. Balur kulit risol dengan tepung roti secara merata.
  12. Goreng risol hingga keemasan.
  13. Risol durian siap disajikan.

6. Pie susu durian

Source: Bli Arya

Akhir-akhir ini resep pie susu Teflon sedang viral di media sosial. Nah, bagaimana kalau kita ganti vlanya dengan durian? Pasti rasanya lebih sensasional, deh!

Bahan

  • 250 g tepung terigu
  • 100 g daging buah durian
  • 200 g mentega
  • 50 g susu bubuk
  • 250 g keju (sesuai selera)
  • 5 butir telur
  • 1/2 kaleng kental manis
  • Garam, gula, air secukupnya

Cara membuat pie durian:

  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, 3 butir telur, dan mentega.
  2. Tambahkan gula, garam, dan air secukupnya.
  3. Uleni adonan hingga kalis.
  4. Untuk isi pie susu, campurkan 2 butir kuning telur, durian, kental manis, dan keju parut.
  5. Siapkan cetakan, olesi dengan margarin.
  6. Cetak adonan di cetakan dan tuang isiannya.
  7. Panggang di oven yang sudah panas kurang lebih 15 menit.
  8. Jika tidak ada oven, bisa juga menggunakan teknik Teflon seperti resep pie susu di sini.
  9. Pie durian siap disajikan.

7. Pukis durian

resep olahan durian - pukis durian
Source: idntimes.com

Siapa yang tak kenal pukis? Kudapan asal Banyumas, Jawa Tengah ini mudah ditemukan di manapun. Biasanya pukis memiliki aneka rasa seperti keju dan cokelat.

Nah, kita juga bisa, nih, mengolah durian menjadi sajian pukis yang tak kalah lezat. Resepnya antiribet, deh!

Bahan

  • 500 g tepung terigu
  • 300 g gula
  • 5 sdm daging durian
  • 5 butir telur
  • 2 sdm kental manis
  • 150 ml mentega
  • 650 ml santan
  • 1 sdt ragi instan

Cara membuat pukis durian:

  1. Campurkan semua bahan, aduk merata hingga mengembang.
  2. Olesi cetakan dengan sedikit mentega.
  3. Tuang adonan di cetakan.
  4. Masak dengan api kecil.
  5. Olesi kembali dengan sedikit mentega.
  6. Angkat pukis, beri taburan meses atau topping sesuka hati.
  7. Pukis durian siap dihidangkan.

8. Smoothies durian

resep smoothies durian
Source: pinterest.com

Tak hanya mangga, ya, resep olahan durian kekinian ini juga banyak dicari. Daripada beli mahal-mahal, mending buat smoothies durian sendiri di rumah, yuk! Bisa tambah topping sesuka hati, lho.

Bahan

  • 300 g durian
  • Es batu secukupnya
  • 2 sdm kental manis
  • 2 sdm gula

Cara membuat smoothies durian:

  1. Potong-potong daging durian lalu bekukan di freezer.
  2. Blender durian beku, kental manis, gula, es batu, dan air hingga lembut.
  3. Boleh tambah topping sesuka hati.
  4. Smoothies durian siap disajikan.

8 resep olahan durian di atas tampak menggiurkan bukan? Tunggu apa lagi, mumpung lagi musim durian, yuk, langsung coba di rumah!

Kamu tertarik membuat apa? Punya resep olahan durian lainnya? Yuk, bagikan di kolom komentar!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply