Cintai dirimu dulu, walaupun juga cinta kantor!

Terkadang kita harus lembur di kantor akibat tugas yang menumpuk. Rasanya capek banget kalau harus kerja lebih dari 8 jam sementara fokus juga sudah menurun. Gimana, ya, caranya biar produktivitas meningkat saat lembur?

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tetap produktif saat lembur di kantor. Perhatikan dan praktikkan, yuk!

Berbagai Cara Agar Tetap Bugar Saat Lembur

Mulailah dari apa yang kamu biasa lakukan pada waktu lembur maupun di hari lain. Seperti 7 cara berikut ini...

1. Jangan skip makan

tetap makan teratur saat lembur
Source: care2.com

Makanan yang sehat dan bernutrisi akan memberi energi ke tubuh dan otak. Saat kerja lembur dan mikir selama ber jam-jam, kamu harus mengonsumsi makanan bernutrisi. Jangan pernah skip jam makan, ya.

Namun, terkadang terlalu sibuk membuat kamu memilih junk food yang cepat dan enak. Padahal, nih, nutrisi dalam junk food nggak ada!

Lebih baik pesan salad yang simpel saja dengan tuna, ayam, dan telur. Kamu bahkan bisa menyiapkannya sendiri di rumah untuk bekal. Jadi, nggak ada alasan lagi nggak sempat makan, deh.

2. Luangkan waktu istirahat

istirahat sejenak saat lembur
Source: experiencelife.com

Sesudah bekerja selama 1 - 1,5 jam, selalu istirahat mata dan pikiran selama beberapa menit. Nonton dulu video di YouTube selama 5-10 menit, menelepon, mendengarkan lagu, atau jalan-jalan sejenak sambil makan snack.

Dengan disconecting sebentar dari pekerjaan yang sudah dikerjakan selama berjam-jam, kamu justru meningkatkan kreativitas dan fokus.

Kalau dipaksakan bekerja terus-menerus tanpa istirahat, kamu malah burned out dan tidak produktif lagi. Terlalu capek, sih!

3. Jaga pola tidur

pola tidur memengaruhi kondisi tubuh saat lembur
Source: telegraph.co.uk

Untuk bisa fokus bekerja dalam waktu yang lama tentunya kamu membutuhkan energi. Maka, penting sekali bagi kamu untuk tidur teratur di malam hari. Usahakan tidur minimal 7 jam sehari walaupun harus lembur.

Kalau kamu kesulitan tidur, coba cermati lagi konsumsi kopimu. Bisa jadi, nih, kamu minum kopi terlalu malam. Lebih baik kurangi minum kopi sesudah jam 3 atau 4 sore agar kamu bisa tidur dengan baik di malam hari.

Kalau kamu merasa becapek banget saat kerja di kantor, coba lakukan power nap alias tidur sebentar namun jangan lebih dari 20 menit. Tidur ini dapat meningkatkan produktivitasmu, tetapi di sisi lain bisa mengganggu pola tidurmu.

4. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

hangout dengan rekan kerja saat lembur
Source: relocatemagazine.com

Di sela-sela waktu beristirahat, lakukan aktivitas yang membuatmu merasa senang. Rasa senang ini akan meningkatkan produktivitas sebelum lanjut lembur lagi.

Jangan hanya menjalani rutinitas seperti kerja, ngeteh, kerja, dan ngeteh. Coba selingi dengan hiburan lain yang bikin pikiran dan perasaanmu lebih 'fresh'.

Kalau kamu nggak pernah melakukan hal yang menyenangkan, lama-kelamaan produktivitasmu akan menurun. Bukan tidak mungkin nantinya kamu malah benci kepada pekerjaanmu!

5. Jangan keseringan

lembur jangan tiap hari
Source: tuc.com

Datang pagi dan pulang malam memang akan membuat kamu kelihatan sangat berdedikasi terhadap pekerjaan. Namun, sebenarnya lembur membawa lebih banyak kerugian karena kamu seperti tidak bisa membuat prioritas sehingga pekerjaanmu menumpuk!

Di sisi lain, bos akan expect kamu untuk terus lembur menyelesaikan pekerjaan bahkan menyepelekanmu kalau keseringan lembur! Hal ini justru membuat kinerjamu makin jelek, deh.

Usahakan mengatur waktu sebaik mungkin dan kerjakan pekerjaan tepat waktu. Lemburlah kalau sedang mengerjakan sesuatu yang urgent, selebihnya bekerja di jam normal.

6. Beritahu atasan kalau kamu lembur

Source: careeraddict.com

Selalu ada kemungkinan bagi kamu untuk lembur. Namun, kerja lembur tanpa dihargai bakal membuatmu lama-lama malas terhadap kondisi ini. Orang harus dihargai jika mengalokasikan waktunya lebih banyak untuk pekerjaan, kan?

Ingin mendapatkan penghargaan atas pekerjaan lemburmu? Coba beri tahu atasanmu ketika lembur apalagi kalau kamu sudah lembur selama beberapa hari karena tambahan pekerjaan. Yap, bukan karena kesalahanmu dalam mengatur waktu.

Kamu pantas dihargai, kok! Pasalnya penghargaan dari atasan dan perusahaan dapat memotivasi karyawan sehingga dapat bekerja semakin produktif.

7. Minum air yang banyak

jangan lupa minum air saat lembur
Source: mnn.com

Penting banget buat kamu untuk terhidrasi dengan baik saat bekerja. Nggak cuma tubuhmu yang perlu air, otakmu juga. Saat kekurangan air maka otak tidak akan mampu bekerja optimal.

Kalau kamu kelelahan dan sulit berkonsentrasi saat lembur, mungkin itu karena kamu butuh minum air dulu. Air akan meningkatkan fungsi dari otak, termasuk konsentrasi.

Jangan malas minum atau mengambil air dari dispenser yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan lembur.


Lembur memang tidak baik dan akan mengganggu kinerjamu jika dilakukan dalam jangka panjang. Namun, hal ini kadang tidak bisa dihindari.

Agar tetap produktif saat lembur kamu pun harus menjaga kondisi fisik serta otak. Jangan lupa minum air dan makan makanan bernutrisi, ya!

Mau menerapkan yang mana, nih, buat lembur malam ini?

BACA JUGA: 9 Cara Agar Badan Tetap Bugar dan Sehat Meski Duduk Terus Seharian | Pekerja Kantoran Wajib Tahu