Butuh piknik weekend ini? Banyak pilihan destinasi yang gak jauh dari Jakarta, lho!

Menjelang akhir tahun 2019 ini, rasanya kita sudah lama nggak merasakan libur panjang.

Tentunya karena terus-terusan bekerja, kamu mulai merasakan bosan dan butuh piknik buat menyegarkan pikiran. Kenapa nggak piknik aja?

Tempat Piknik di Jakarta dan Sekitarnya

Nah, kamu mau kasih 10 destinasi piknik terdekat di Jakarta sebagai tempat short getaway saat weekend nanti!

Bukan Puncak atau Bandung yang selalu macet saat weekend, beberapa tempat ini bahkan masih jarang diketahui.

Gimana, penasaran kan? Yuk simak!

1. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Hutan Mangrove Buat Piknik
Jejakpiknik.com

Meski didominasi oleh hutan beton, Jakarta sebenarnya masih punya hutan hijau juga, lebih tepatnya hutan mangrove.  

Lokasinya ada di Penjaringan, Jakarta Utara. Hutan mangrove tempat konservasi dan wisata alam ini merupakan salah satu kebanggaan ibukota.

Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk ini menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk pengunjungnya seperti pondok kemah, tempat pengamatan burung, wisata air dan masih banyak lagi.

Meski berada di pinggir kota, namun suasana sejuk disini pastinya bikin kamu lupa dengan kepenatan dan bikin fresh lagi.

2. Kepulauan Seribu

Pulau macan buat liburan
Paradiso Travelling

Ingin merasakan piknik dan liburan di pulau-pulau tropis? Nggak perlu ke bali, Jakarta masih punya jajaran kepulauan seribu yang nggak kalah eksotis.

Kalau menurut kamu Pulau Tidung sudah biasa, cobain deh pulau lainnya yang lebih eksklusif, seperti Pulau Perak, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi

Beberapa pulau tersebut menjadi eksklusif karena memakan jarak tempuh perjalanan yang lebih lama dan biaya yang lebih tinggi,

Tapi, untuk kepuasan yang dapat di sana, biaya segitu rasanya nggak seberapa, kok!

3. Wisata Gunung Luhur

wisata gunung luhur
Kompas.com

Siapa yang nyangka, ternyata nggak jauh dari Jakarta ada negeri di atas awan mirip Wae Rebo yang ada di Flores.

Di Banten, tepatnya di di Desa Citorek Kidul, Banten ada destinasi wisata Gunung Luhur yang bisa dibilang sebagai negeri di atas awan.

Aksesnya juga gampang, tinggal naik KRL dari Tanah Abang ke Rangkasbitung, Banten.

Berada di ketinggian 1.037 meter di atas permukaan laut, puncak gunung ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil.

4. Baywalk Pluit

baywalk pluit
travelingyuk.com

Kembali ke wisata pinggir pantai tepatnya di Penjaringan, Jakarta Utara. Ada Baywalk Mall Pluit yang punya taman yang sejuk disekitarnya.

Buat refreshing sih tempat ini cocok banget, kamu bisa jalan di pinggir laut di sore hari ditemani angin laut yang sejuk dan pohon-pohon yang rindang.

Buat shortgetaway sekaligus menjernihkan pikiran tanpa harus repot keluar kota, tempat ini tepat.

Sebagai gantinya makan-makan saat piknik, usai jalan-jalan di sini kamu bisa nikmati berbagai kuliner yang ada di Baywalk Mall.

5. Taman Spathodea Pasar Minggu

Taman Spathodea
Backpacker Jakarta

Kalau ingin sekedar santai, jauh dari hiruk pikuk pusat kota dan menenangkan pikiran, nggak perlu keluar Jakarta juga bisa lho! Caranya, gampang kok!

Tinggal main ke taman kota aja, sekarang kamu bisa dapetin tempat piknik yang sejuk duntuk  menenangkan pikiran.

Salah satunya yang bisa dikunjungi adalah Taman Spathodea di pasar minggu. Taman ini memang tidak begitu luas, namun taman nyaman buat dijadikan tempat piknik.

Tidak berada di daerah padat dan ditanami dengan bunga spathodea jadi alasan kamu harus main ke sini.

6. Curug Bidadari Sentul

Native Indonesia

Berada di daerah Sentul, Bogor. Curug bidadari ini jadi salah satu lokasi piknik alami yang nggak jauh dari Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 – 75 meter dengan lebar 7 meter, airnya bersumber dari kumpulan mata air alami hutan lindung.

Jadi nggak heran  kalau suasananya pas banget buat dijadikan tempat piknik.

Selain air terjun, banyak objek lainnya di sini yang bisa kamu nikmati seperti taman air, berbagai spot foto, dan masih banyak lagi.

7. Telaga Biru Cisoka

telaga biru cisoka
mas biker

Selama ini masyarakat Jakarta pada umumnya hanya terpikirkan daerah Bogor dengan puncak sebagai destinasi piknik terdekatnya.

Padahal, kamu bisa coba mulai pilih alternatif destinasi short getaway kamu ke Tangerang yang juga nggak jauh dari Jakarta.

Ada Telaga Biru Cisoka yang mirip dengan Kawah Putih di Bandung dengan tebing-tebing dan airnya yang Biru disana.

Awalnya sih, lokasi ini memang bekas tambang yang tergenang oleh air hujan, namun karena faktor alam juga air di sini jadi berwarna biru dan indah!

8. Tebing Koja (Kandang Godzilla)

tebing koja
medium

Masih di Tangerang nih, ada Tebing Koja alias Kandang Godzilla yang punya suasana seperti di daerah pegunungan tebing di Tiongkok.

Tenang, meski namanya kandang godzilla, tapi di sini kamu nggak bakal ketemu sama mahkluk yang cuma ada di film-film Hollywood itu.

Justru kamu bisa lihat pemandangan desa dengan hamparan sawah dan bukitnya di pagi atau sore hari buat dapetin pencahayaan dan momen paling pas buat foto-foto.

Jangan lupa bawa bekal juga kalau ke sini kalau mau sekalian piknik!

9. Setu Babakan

setu babakan
Tempat wisata

Danau yang punya luas sekitar 30 hektare dan punya kualitas air  yang bersih serta rimbun dengan pepohonan ini ada di daerah Srengseng sawah, Jagakarsa.

Setu Babakan yang kini jadi Perkampungan wisata budaya Betawi tradisional yang bisa dijadikan destinasi piknik sekaligus budaya asli Jakarta.

Di sini kamu dapat menikmati berbagai kegiatan menyenangkan, mulai dari permainan air, bersantai, sampai wisata kebudayaan. Pokoknya lengkap deh!

10. Skatepark Dukuh Atas

skatepark dukuh atas
twitter

Kalau kamu sering lewat daerah dukuh atas sehari-harinya saat bekerja, mungkin sudah nggak asing lagi dengan taman yang lebih tepatnya adalah skatepark ini.

Berada tepat di bawah di jembatan penyeberangan orang (JPO) di Dukuh Atas, taman ini setiap harinya selalu ramai dengan orang-orang yang bermain skateboard.

Nah, nggak ada salahnya buat kamu datang ke taman ini khususnya di sore hari saat weekend buat piknik sambil melihat aksi skateboarder di sana.

Taman ini sangat rindang meski berada di pusat kota, selain itu berbagai spot disini juga instagrammable banget. Siapa tau kan bisa belajar skateboard sekalian piknik?


Nah, itulah beberapa destinasi piknik di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu coba buat short getaway selain harus ke Puncak atau bahkan ke Bandung.

Beberapa tempat tadi bahkan masih jarang ada yang tau sehingga biaya masuknya murah. Yuk Coba!

Baca Juga: 8 Cafe Dessert di Jakarta Selatan Bagi Para Pecinta Manis| Ada Es Krim Terbaik di Jakarta Lho!