Pencinta 'aci-acian' harus coba!

Jika sebelumnya dunia kuliner diramaikan dengan seblak, kali ini giliran bakso aci beraksi! Kuliner asal Garut ini memang lagi nge-hits banget, apalagi disantap di musim hujan gini makin mantap, deh.

Kalau baru pertama kali dengar, nih, mungkin kamu mengira bakso aci sama seperti cilok (aci dicolok). Bentuknya serupa, tapi, bakso aci memiliki unsur-unsur lain yang membuatnya spesial dan sensasional!

Ada Apa, Sih, di Dalam Semangkuk Bakso Aci?

rekomendasi baso aci di jakarta
Source: instagram.com/basoacijuara_official

Berbeda dari bakso daging biasa, bakso aci terbuat dari tepung tapioka alias tepung aci. Penyajiannya pun mirip bakso biasa, namun dengan topping dan racikan unik.

Biasanya, nih, dalam satu porsi terdiri atas sejumlah baso aci, cuanki, dan sukro cikur. Semuanya disajikan bersama kuah kaldu nikmat ditambah perasan jeruk nipis dan cabe bubuk pedas yang khas.

Nah, kini sudah banyak inovasi dalam racikan bakso aci. Ada yang ditambahkan ceker, daging tetelan sapi, cuanki tahu, hingga tulang rangu. Duh, bayanginnya aja bikin ngiler, deh!

Rekomendasi Restoran Bakso Aci di Jakarta

rekomendasi baso aci di jakarta
Source: nibble.id

Kuliner bakso aci awalnya booming sejak ada kedai Baso Aci Ganteng di Bandung pada 2016 lalu. Sejak itu kedai bakso aci kian menjamur di banyak kota, salah satunya Jakarta.

Nah, untuk para pencinta bakso aci (atau mungkin baru mau nyobain?), Rukita punya rekomendasi 7 kedai bakso aci terenak di Jakarta, nih. Sstt.. hati-hati ketagihan, lho!

1. Baso Aci Ganteng

kedai baso aci di jakarta - baso aci ganteng
Source: .instagram.com/basoaciganteng

Seperti yang disebut sebelumnya, Baso Aci Ganteng bisa dibilang kedai pertama yang membuat bakso aci booming. Jadi, soal rasa sudah pasti nggak diragukan, deh!

Dalam porsi komplet, kamu akan disuguh bakso aci dengan sukro cikur, cuanki tahu, cuanki kering, ceker ayam, dan tetelan sapi. Rasa gurih dari kuah beningnya pun semakin segar dengan perasan jeruk nipis.

Bagi pencinta pedas, jangan lupa tambah kenikmatannya dengan beberapa sendok sambal. Duh, diet-dietan langsung gagal, deh, kalau ke sini!

Harga: Rp18.000-Rp23.000/porsi

Alamat: Baso Aci Ganteng Jln. Tebet Barat Dalam II, Tebet, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 12.00 - 22.00

2. Baso Aci Akang

kedai baso aci di jakarta - baso aci akang
Source: Instagram.com/basoaciakang

Kedai bakso aci yang satu ini juga nggak kalah populer, nih! Cabang Baso Aci Akang sudah tersebar di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Banten, Depok, hingga Surabaya.

Cukup dengan Rp23.000, tuh, kamu bisa menikmati seporsi komplet bakso aci dengan cuanki tahu, cuanki ayam, ceker, tetelan sapi, batagor mini, cuanki kembung, dan sukro cikur.

kedai baso aci di jakarta - baso aci akang
Source: Instagram.com/basoaciakang

Nah, yang bikin Baso Aci Akang spesial yakni penyajiannya tanpa MSG atau penyedap rasa. Meski begitu rasa kuah kaldunya tetap nikmat dan nendang banget di lidah.

Perpaduan gurih, asam jeruk nipis, dan pedasnya sambal benar-benar bikin nagih. Nggak heran kalau kedai Baso Aci Akang selalu ramai di mana-mana!

Harga: Rp17.000-Rp23.000/porsi

Alamat:

  • Jln. Kota Bambu Raya No. 40B, Slipi, Jakarta Barat
  • Jln. Kelapa Kopyor Raya, Blok Q1 No. 6, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 11.00-22.00

3. Baso Aci Juara

kedai baso aci di jakarta - baso aci juara
Source: instagram.com/basoacijuara_official

Sesuai namanya, nih, kedai bakso aci di Jakarta yang satu ini memang juaranya soal olahan aci! Kedai Baso Aci Juara juga sudah menjamur ke berbagai pelosok kota, seperti Kelapa Gading, Pluit, Bendungan Hilir, BSD, dan Depok.

Dengan harga terjangkau, tuh, kamu sudah bisa menyantap semangkuk bakso aci dengan topping-topping menggiurkan. Seporsinya pun disajikan benar-benar semangkuk penuh, puas banget!

kedai baso aci di jakarta - baso aci juara
Source: instagram.com/basoacijuara_official

Menariknya, ya, kedai bakso aci di Jakarta ini juga menyediakan berbagai jajanan SD, seperti telur gulung, sostel (sosis telur), dsb. Ada juga pilihan menu lain, yaitu Indomie Series, Paket Baso Cuanki, serta Paket Seblak.

Baso Aci Juara juga sering dikunjungi oleh para food blogger ternama, lho! Kurang meyakinkan apa lagi, nih, kenikmatan rasanya?

Harga: Rp.15.000-Rp22.000/porsi

Alamat: Baso Aci Juara Mall of Indonesia, Pasar MOI, Lantai Lower Ground, Jln. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 10.00-22.00

4. Baso Aci Cuanki Kang Hanafi

kedai baso aci di jakarta - baso aci cuanki kang hanafi
Source: instagram.com/basoaci_kanghanaf

Dilihat dari fotonya saja, tuh, bakso aci di Jakarta satu ini bikin mendadak lapar. Mau makan berkali-kali pun nggak perlu takut bokek karena harganya murah meriah!

Untuk paket komplet, kamu bisa mencicipi bakso aci dengan cuanki lidah, cuanki tahu, ceker, tulang, dan sukro cikur. Bisa pakai mie juga, lho, kalau mau lebih kenyang!

Kuahnya yang segar semakin sempurna dengan kucuran air jeruk nipis dan potongan daun bawang. Jangan lupa pakai cabai bubuk biar makin nagih!

Harga: Rp12.000-Rp18.000/porsi

Alamat: Baso Aci Cuanki Kang Hanafi Jln. Tebet Utara 1 No.51C, Tebet, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 11.00-23.00

5. Baso Aci Mas Jay

kedai baso aci di jakarta - baso aci mas jay
Source: instagram.com/masjay_id

Nah, kedai bakso aci di Jakarta yang satu ini juga nggak kalah lezat dari si 'akang-akang' sebelumnya. Baso Aci Mas Jay ini punya racikan spesial di sajian bakso acinya!

Baso Aci Mas Jay menggunakan kuah penuh rempah dan kaya bumbu yang rasanya menggoyang lidah. Kebayang, kan, sedapnya kayak apa?

kedai baso aci di jakarta - baso aci mas jay
Source: instagram.com/masjay_id

Menunya juga beragam banget! Dari kuahnya saja ada 4 pilihan, yakni Kuah Nusantara, Kuah Merapi, Kuah Membara, dan Kuah Sambalnya Beda Cu.

Kamu juga bisa pilih tingkat kepedasannya mulai dari level 1- level 5. Asyiknya lagi, nih, bakso aci di Jakarta ini juga mneyediakan berbagai menu gorengan. Mantap!

Harga: Rp18.000-Rp25.000/porsi

Alamat: Baso Aci Mas Jay Jln. Benda No.46 D, Pasar Minggu, Kemang, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 11.00-21.00


Duh, lihat foto-fotonya saja bikin perut keroncongan, ya? Asyiknya lagi, nih, rata-rata kedai bakso aci di Jakarta ini juga menjual versi keringnya sehingga bisa kamu seduh sendiri di rumah.

Siap memanjakan lidahmu?

BACA JUGA: Musim Hujan Ingin Makan yang Hangat? Langsung Saja ke 8 Mi Ayam Terbaik di Depok Ini!