Manfaatkan dinding rumah sebagai galeri foto pribadi.

Banyak orang zaman sekarang memiliki ketertarikan di bidang fotografi. Seandainya tidak suka fotografi, kamu pasti punya beberapa foto kenangan yang penting, kan? Daripada disimpan di album foto, kenapa tidak dipajang saja?

Biasanya, nih, orang hanya memaku pigura foto satu per satu pada dinding. Cara ini sudah kuno karena pajangan foto di dindingmu kelihatan monoton, berantakan, dan tidak menarik.

Tahu nggak, sih, ada banyak trik menyusun kolase foto di dinding agar terlihat artistik. Yuk, cari tahu!

Ide Seru Merangkai Foto di Dinding ala Galeri

Tidak sulit, kok, kamu hanya perlu menentukan jenis tampilan foto yang mau dipajang, tema (kalau ada), dan aksesorinya.

1. Buat kolom dan baris yang sejajar

atur pigura dinding sejajar
Source: pinterest.co.au

Jika kamu penggemar kerapian dan cenderung perfeksionis, silakan menata kolase foto dengan baris dan kolom yang sejajar.

Pilih satu tampilan foto saja, misalnya portrait, landscape, atau kotak. Cetak dengan ukuran yang sama. Untuk pigura pilih yang berukuran sama persis, lalu pasang sejajar di dinding.

Kamu bisa memajang foto berwarna, namun foto hitam-putih justru membuat tampilan galeri fotomu terlihat lebih rapi.

2. Manfaatkan bingkai jendela atau pintu bekas

bingkai jendela atau pintu untuk frame foto
Source: artsononetwo.com

Ingin sesuatu yang terlihat antik dan rustik? Kamu bisa membuat kolase foto menggunakan bingkai jendela atau pintu bekas.

Pilih bingkai jendela dan pintu yang bagian tengahnya berisi kaca (bukan panel kayu penuh). Cara membuatnya mudah banget, kok. Tinggal potong seukuran yang kamu perlukan, atau jika kolomnya terlalu banyak kamu bisa membaginya menjadi beberapa bagian.

Warnai bingkai jendela atau pintu dengan warna favoritmu, lalu pasang foto keluargamu di bagian kacanya. Lebih baik cetak foto berbentuk sama agar terlihat rapi. Selanutnya kamu paku bingkai itu ke tembok, deh.

3. Bangun galeri Instagram atau Polaroid

kolase foto seperti galeri Instagram atau Polaroid
Source: fengshuidana.com

Punya banyak foto di Instagram yang kamu sukai? Saatnya membangun galeri foto Instagram di kamar, tuh!

Pilih foto-foto favoritmu dari Instagram kemudian cetak dalam bentuk kotak (bukan landscape atau portrait!) Kemudian jajarkan foto-foto itu berdampingan pada tembok kamarmu.

Kamu bisa juga, kok, memakai foto-foto Polaroid ataupun instax untuk menciptakan galeri foto pribadi.

4. Bikin bentuk hati

bentuk hati untuk kolase foto di dinding
Source: traceytilley.com

Ini, nih, yang paling sering dicoba oleh orang-orang karena mudah, tetapi terlihat artistik dan Instagramable.

Kamu bisa membuatnya menggunakan berbagai bentuk tampilan dan ukuran foto, bahkan bisa mengombinasikannya seperti contoh di atas.

Susun seluruh foto kenangan kamu yang terdiri atas orang-orang atau tempat favorit menjadi bentuk hati.

Selain itu, kamu juga bisa merangkai kolase ini di sudut ruangan sehingga belahan hati kiri dan kanan terpisahkan oleh sudut tembok. Yap, masing-masing hati berada di tembok yang berbeda.

5. Kombinasi berbagai tampilan dan ukuran

kumpulan aneka frame di dinding
Source: pinterest.com

Dengan mengombinasikan berbagai ukuran dan bentuk foto, lalu menatanya rapi di dinding kamu sudah mendapatkan 'galeri seni'.

Kamu memiliki kebebasan untuk memilih foto dan mencetaknya dalam berbagai ukuran, tampilan, dan warna. Pigura sesuai dengan ukuran masing-masing, lalu pasang selang-seling agar tidak monoton.

Kamu bisa pasang kolase ini di dinding ruang keluarga, ruang makan, sepanjang lorong (agar seperti galeri lukisan), ataupun di atas tangga. Keren banget!

6. Campur dengan hiasan dan cermin

foto sebagai hiasan dinding
Source: pinterest.com

Hiasan akan membuat galeri kolase fotomu jauh dari monoton. Pasang foto-foto favoritmu dengan berbagai bentuk dan warna pada dinding yang sama.

Nilai plusnya adalah kamu bisa menggunakan pigura apa saja untuk dipajang. Namun, usahakan warna piguranya senada.

Kemudian pasang berbagai hiasan gantung yang kamu suka. Mulai dari papan tulisan, art print, jam, tanaman gantung, hingga cermin. Pilih yang warnanya senada atau setidaknya menyatu satu sama lain. Jadi, deh, galeri foto artistikmu?

7. Gantung dengan tali pola geometris

Source: pinterest.com

Sebenarnya ada beberapa ide kolase foto di dinding yang bisa digantungkan begitu saja. Namun, ide tali geometris ini yang sedang tren dan sangat unik.

Kamu bisa googling dan cari pola-pola geometris yang memiliki sisi dalam berbentuk sudut. Kamu pun bebas merancang pola geometris sesuai keinginan. Pasang paku di sudut-sudut semua sisi. Ikatkan tali tanpa putus dan lilitkan ke semua paku yang kamu pasang. Jadi, deh!

Langkah selanjutnya adalah menggantungkan foto-foto yang ingin kamu pajang menggunakan pin atau klip di tali-tali tersebut. Bikin yang agak besar, deh, agar menjadi pusat perhatian dari dinding itu sendiri.


Banyak sekali ide kreatif dan fun untuk menciptakan kolase foto di tembok. Mulai dari yang tertata sangat rapi hingga memberikanmu kebebasan untuk berkreasi. Dinding di ruangan pun berubah menjadi galeri foto.

Cara mana yang ingin kamu coba?

BACA JUGA: Sulap Kamar Tidur Lebih Estetik dengan 10 Tips Dekorasi Kamar ala Korea | Supergampang!