Furnitur multifungsi ini bisa jadi inspirasi kamu untuk melengkapi dekorasi rumah.

Permasalahan utama kalau punya rumah mungil adalah ruangan yang sangat terbatas. Mau membeli furnitur pasti mikir, "Duh, ini muat di ruangan nggak ya?"

Walaupun ruangan nggak terlalu lapang, kamu tetap bisa punya koleksi furnitur idaman, lho. Salah satu caranya adalah dengan memilih furnitur yang multifungsi.

Furnitur multifungsi bisa diubah menjadi furnitur dengan fungsi berbeda. Misal, nih, ada kursi yang bisa diubah menjadi tangga. Dengan memilih furnitur multifungsi, kamu bisa menghemat space sekaligus biaya.

Inspirasi Furnitur Multifungsi yang Cocok untuk Ruangan Mungil

Furnitur multifungsi apa saja, sih, yang kira-kira cocok digunakan sebagai pelengkap dekorasi rumah? Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi furnitur multifungsi, yuk, simak artikel di bawah!

1. Sofa sekaligus kasur

futnitur multifungsi sofa
source: gethousedecor.com

Furnitur multifungsi satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya ruangan berukuran terbatas. Dalam keadaaan 'normal' furnitur ini terlihat seperti sofa di ruang keluarga.

Begitu malam hari, nih, kamu bisa mengubah sofa menjadi tempat tidur. Nggak tanggung-tanggung langsung jadi tempat tidur tingkat! Jadi, nggak akan kebingungan kalau tiba-tiba ada teman atau kerabat yang datang menginap, kan.

2. Laci dan meja tersembunyi

futnitur multifungsi laci dan meja
source: dustbowl.wordpress.com

Butuh meja tapi nggak punya lahan? Masalah ini bisa terselesaikan bila memiliki laci yang bisa berubah menjadi meja. Kamu hanya perlu menarik meja yang tersembunyi di dalam laci penyimpanannya.

Selain untuk menyimpan barang-barang, laci berdesain minimalis ini juga bisa jadi meja kopi. Praktis banget!

3. Sofa atau meja makan? Dua-duanya saja!

futnitur multifungsi sofa dan meja
source: pinterest.com

Furnitur multifungsi satu ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin punya meja makan tapi lahannya terbatas. Selain digunakan sebagai meja makan, furnitur ini juga bisa disulap menjadi sofa untuk duduk santai.

4. Bangku serbaguna

futnitur multifungsi bangku dan tangga
source: experthometips.com

Kursi cokelat yang satu ini bukan kursi biasa. Selain digunakan sebagai tempat duduk, kursi serbaguna ini juga bisa diubah menjadi tangga dan tempat meletakkan pajangan. Multiguna banget, kan?

5. Kaca sekaligus tempat penyimpanan rahasia

futnitur multifungsi cermin
source: experthometips.com

Siapa yang nggak punya cermin di rumah? Pasti punya, dong. Bagaimana kalau kamu meng-upgrade cermin di rumah dengan cermin multifungsi seperti di atas?

Selain berfungsi sebagai cermin, furnitur satu ini juga bisa diubah sebagai tempat penyimpanan. Kamu bisa meletakkan koleksi aksesori di dalam storage penyimpanan. Praktis!

6. Meja dan rak

futnitur multifungsi meja
source: dotandbo.hardpin.com

Untuk rumah berukuran sempit, bisa memilih furnitur multifungsi seperti meja di atas. Meja serbaguna ini bisa diubah menjadi tangga kecil dan juga tempat penyimpanan. Meja multifungsi hadir dengan kerangka kaki yang kuat sehingga nggak perlu khawatir akan jatuh saat memanjatnya.

BACA JUGA: 7 Desain Lemari Hemat Tempat untuk Kamar yang Sempit

7. Meja dengan banyak laci

furnitur multifungsi meja laci banyak
source: Punch Tab

Punya banyak barang, tapi nggak punya tempat penyimpanan? Kamu bisa memilih meja dengan banyak laci seperti gambar di atas. Laci yang banyak bikin kamu bisa menyimpan berbagai peralatan.

Permukaan meja yang luas pun bisa kamu gunakan sebagai meja kerja atau meja belajar. Nggak usah bingung lagi, deh, menyimpan barang di mana.

8. Meja makan tersembuyi

Lemari dengan desain rustic ini nggak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan makan, tapi juga punya meja makan tersembunyi. Keren banget, kan?

Kamu hanya perlu menurunkan bagian meja yang terlipat dan voila meja makan pun langsung tersedia.

9. Sofa sekaligus twin bed

Furnitur multifungsi ini membuat kamu memiliki double bed atau twin bed hanya dalam waktu 3 menit. Sofa dengan dudukan empuk ini bisa diubah menjadi tempat tidur yang supernyaman.

Desain minimalisnya tepat untuk kamu yang memiliki ruangan sempit. Kalau kasur sedang nggak digunakan, tinggal ditumpuk, deh.

10. Meja ruang tamu dengan laci rahasia

furnitur multifungsi
source: Weld

Pasti kamu ingin, kan, punya furnitur yang multifungsi? Meja di ruang tamu ini bisa menjadi pilih kamu yang sedang mencari furnitur serbaguna.

Nggak hanya digunakan sebagai meja biasa, meja kayu dengan kombinasi kaca ini juga berfungsi sebagai storage penyimpanan.

Kamu butuh meja kerja yang ergonomis? Tinggal angkat salah satu sisi meja, dan meja laptop tersedia untuk kamu hanya dalam hitungan detik.

BACA JUGA: 7 Furnitur yang Bisa Membuat Kamar Terlihat Lebih Luas

11. Tempat tidur sekaligus meja kerja

furnitur multifungsi tempat tidur
source: hipwee.com

Nah, furnitur multifungsi yang satu ini bisa jadi solusi kamar sempit! Tempat tidur tingkat ini bukan tempat tidur biasa.

Bagian atas digunakan untuk tidur sedangkan bagian bawah kasur berfungsi sebagai tempat belajar atau bekerja. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan koleksi buku di rak yang telah disediakan.

Enaknya lagi meja belajar dibuat rendah sehingga kamu tingga duduk lesehan. Belajar jadi lebih santai, deh.

12. Laci meja berpadu dengan meja kerja

furnitur multifungsi
source: feelitcool.com

Laci berwarna putih di atas nggak cuma berfungsi untuk menyimpan barang saja, lho. Kelihatannya memang sederhana, tapi kamu bisa mengubahnya menjadi meja kerja yang fancy. Cara mengubahnya juga nggak ribet, kok. Kamu punya 2 in 1 furnitur yang estetik, deh.

13. Meja makan dan meja billiard

furnitur multifungsi meja makan dan meja billiard
source: belifurniture.com

Kamu hobi main billiard, tapi nggak punya ruangan yang cukup besar? Kenapa nggak menggabungkan meja makan dengan meja billiard?

Selain digunakan sebagai meja makan, furnitur multifungsi seperti gambar di atas juga bisa diubah menjadi meja billiard. Keren, kan? Setelah selesain makan, bisa langung lanjut main billiard, kan.


Nah, itu dia beberapa inspirasi furnitur multifungsi yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap dekorasi rumah. Nggak hanya berdesain estetik, tapi juga bisa diubah menjadi fungsi yang lain. Hemat!

Kamu bisa menemukan furnitur multifungsi ini di toko furnitur terdekat maupun toko online. Bahkan, kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho.

Kira-kira furnitur multifungsi mana, nih, yang kamu incar?

BACA JUGA: 11 Online Store Terbaik dan Termurah untuk Beli Furniture Minimalis | Cocok untuk Dekorasi ala Pinterest dan Tumblr